HotCopas.net

5 Tipe Exo Planet, Yang Mempunyai Ciri Khas Aneh


INTRO




Pengertian Exo Planet

Exoplanets adalah planet di luar tata surya.Mereka juga disebut sebagai planet ekstrasurya. Dimulai pada tahun 1992 dengan penemuan pertama, para astronom telah menemukan sekitar 837 planet dalam 660 sistem planet di sekitar galaksi Bima Sakti sampai sekarang.Para peneliti percaya bahwa mereka akan menemukan planet lebih banyak di tahun ini dan sebuah studi pada tahun 2012 memperkirakan bahwa setiap bintang dari 100 miliar atau lebih dalam galaksi Bima Sakti rata-rata mempunyai 1-6 planet.



Dahulu, kita hanya bisa membayangkan seperti apa dunia alien yang kerap muncul dalam film science fiction, seperti planet gurun Tatooine dari Star Wars atau planet Pandora yang dipenuhi hutan indah dari film Avatar. Tapi sekarang, planet alien sudah tidak asing lagi bagi kita.

Ketika para ilmuwan menemukan dan mengklasifikasikan planet baru, kita hanya bisa tertegun karena banyak dari planet itu tampil seperti yang ada di film fiksi ilmiah.

Dan berikut beberapa tipe exoplanet exotik yang sudah ditemukan ilmuwan


1. Planet Karbon
Planet karbon tersusun hampir seluruhnya dari senyawa karbon, bukannya planet berbatu yang kaya silikat seperti dalam tata surya kita. Para ilmuwan yakin mereka bisa menciptakan senyawa yang dapat membentuk beberapa fitur permukaan yang sangat aneh, termasuk danau dan lautan tar atau hidrokarbon lainnya (tidak seperti danau hidrokarbon Titan). Beberapa bahkan dapat memiliki kerak grafit yang memiliki ketebalan beberapa kilometer.

Demikian pula, beberapa planet karbon mungkin memiliki mantel atau inti yang terbuat dari berlian solid. Walaupun itu terdengar luar biasa, ingat: berlian sebenarnya hanya senyawa karbon yang terbentuk di bawah panas dan tekanan yang ekstrim (seperti jauh di dalam perut bumi), sehingga benar-benar logis bahwa sebuah planet yang kaya karbon bisa memiliki lapisan berlian yang bersembunyi jauh di bawah permukaannya.


Apakah kita sudah menemukannya?

Ya, mungkin kita menemukannya! Planet 55 Cancri E dan WASP-12b kemungkinan adalah planet karbon.

Bisakah planet seperti ini menopang kehidupan?

Mungkin kehidupan yang tidak seperti kita kenal. Planet karbon mungkin kekurangan air yang penting, membuat kehadiran kehidupan mirip Bumi sangat mustahil. Bisa saja organisme asing berkembang tanpa air sama sekali, tetapi para ilmuwan tidak yakin bagaimana makhluk biologi atau proses metabolisme akan bekerja.

Di planet ini, berlian sangat melimpah, mungkin nilai berlian di planet ini sama seperti harga tumpukan batu di Bumi. Jika alien cukup cerdas entah bagaimana berhasil berevolusi pada planet berlian yang kaya akan karbon ini, mereka berpotensi menggunakan berlian dengan cara yang sama seperti manusia lakukan dengan alat-alat batu. Jika di Bumi ada namanya "Zaman Batu", di planet ini namanya "Zaman Berlian". Bahkan bisa saja merka menggunakan berlian itu membuat pondasi rumah ngoahahahaha 

 2. Planet Dunia Air
Seperti namanya, permukaan planet ini benar-benar tertutup air seperti planet miller di film INTERSTELLAR, beberapa mungkin memiliki kedalaman ratusan atau ribuan mil, dengan air dalam bentuk cair. Jika kondisi itu benar, tekanan yang ekstrim di dekat bagian bawah lautan ini bisa menekan air cair menjadi es bahkan pada suhu di atas titik beku.

Atau sebaliknya, beberapa planet dengan lautan yang luas bisa sepenuhnya membeku, dan menjadi planet "bola salju." Menariknya, para ilmuwan percaya bahwa bumi mungkin telah mengalami sesuatu yang serupa sekitar 700 juta tahun yang lalu. Periode bencana ini disebut “Snowball Earth” -mungkin telah menyebabkan gletser untuk memperluas sampai ke khatulistiwa, benar-benar menutupi permukaan planet kita dengan es.



Apakah kita sudah menemukannya?


NASA telah menemukan beberapa kandidat dunia air, termasuk Kepler-62E dan Kepler-62F. Kedua planet ini berada di zona Goldilocks (daerah di sekitar bintang induknya yang memungkinan air dalam bentuk cair) dan model komputer menunjukkan bahwa kedua planet ini sebagian besar atau seluruhnya tertutup air.

Kepler-62F bisa juga menjadi sebuah planet es jika tidak memiliki atmosfer yang memerangkap panas (seperti efek rumah kaca). Bahkan mungkin menyerupai bulan Jupiter Europa, yang juga tertutup es, tapi kemungkinan menyembunyikan laut luas di bawah permukaannya.

Bisakah Planet Seperti Ini Menopang Kehidupan?

Ya, Mungkin saja ! Para ilmuwan percaya beberapa planet air dapat penuh dengan kehidupan air, mirip dengan jenis kehidupan yang ada di lautan bumi.

Kelayakhunian planet yang tertutup es kurang jelas, tapi NASA begitu yakin bahwa mereka juga bisa, mereka berencana untuk mengirim wahana peneliti ke Europa untuk mencari tanda-tanda kehidupan di bawah lapisan es tebalnya. Merea meyakini bahwa lautan sub-glasial Europa mungkin tetap hangat melalui kegiatan pasang surut atau geologi, membuat ramah terhadap organisme mikroba, bahkan mungkin kehidupan yang kompleks.


 3. Planet Chthonian


4. Planet Eksentrik


5. Planet Pengembara (Roque)

Kenapa planet ini disebut planet pengembara ? apakah karna planet ini bisa jalan jalan, berpindah tempat sesuka hatinya sendiri ? bukan gan pengertian planet pengembara adalah planet tunggal yang mengambang bebas di angkasa, tidak terikat dengan bintang apapun
Meskipun hampir tidak terdeteksi oleh teleskop modern, para ilmuwan percaya bahwa planet pengembara dapat melebihi bintang di Bima Sakti dengan faktor setidaknya 2-1.

Sampai sekarang, para ilmuwan bahkan tidak yakin bagaimana planet nakal membentuk, meskipun ada beberapa yang mungkin dikeluarkan dari sistem bintangnya.


Apakah kita sudah menemukannya?


Ya, kita sudah menemukannya!! PSO J318.5-22, sebuah planet yang memiliki massa sekitar 6 kali lebih masif dari Jupiter, diyakini menjadi planet ini.

Bisakah planet seperti ini menopang kehidupan?


Ini adalah pertanyaan yang sulit. Karena planet ini tidak mengorbit bintang, mereka akan terus-menerus gelap, tanpa sumber panas atau energi dari luar. Setiap panas akan muncul dari planet itu sendiri, baik dari aktivitas geologi, atau melalui gaya pasang surut dari bulan yang dipertahankan.

Tanpa cahaya, biosfer alien tidak bisa mengandalkan fotosintesis. Namun, kehidupan berpotensi memanfaatkan aktivitas geologi untuk energi, seperti organisme yang hidup di sekitar ventilasi hidrotermal di dasar laut. Tapi, tidak ada cara untuk mengetahui hal tersebut sampai kita mempelajari planet pengembara dari dekat (dan itu jelas tidak mungkin).


Sumber : Kaskus / wahyudit

0 Response to "5 Tipe Exo Planet, Yang Mempunyai Ciri Khas Aneh"