HotCopas.net

Harta atau ilmu, Semua Tergantung Diri Sendiri



Di thread ini ane mau membahas mengenai harta dan ilmu. Manakah yang lebih baik? Ane akan membahasnya dengan landasan fungsi kognitif Jungian. Gampangnya, fungsi kognitif adalah cara seseorang berpikir. Lho, apa hubungannya cara berpikir dengan ilmu? Lho ya jelas ada dong. Oh iya ding.. tapi bagaimana dengan harta? Ini dia. Di thread ini ane mau memberikan pandangan mengenai apa sesungguhnya harta itu.

Singkatnya, ada 4 macam fungsi kognitif yang setiap orang pasti pernah dan akan menggunakannya dalam hidupnya, yaitu 2 fungsi judging dan 2 fungsi perceiving. Kemudian, masing-masing dibagi lagi menjadi ekstrover dan introver. Ane yakin agan2 di sini udah gak asing lagi mendengar kata xxxtrover ini karena sudah banyak hot thread kaskus yang membahas masalah ini. Tapi ane yakin nggak ada yang membahas mengapa seseorang dikatakan ekstrover atau introver. Jawabannya adalah fungsi kognitif apa yang paling sering digunakannya. Berikut inilah fungsi kognitif atau cara2 yang dilakukan seseorang untuk berpikir (jangan takut baca gan, ane buat pake bahasa yang super simpel kok penjelasannya biar orang yang gaoewewel sekalipun bisa mengerti ).

Quote:Fungsi Ekstrover

Fungsi ekstrover adalah proses di dalam otak kita yang berjalan pada saat kita sedang berurusan dengan hal-hal yang kita liat dan rasakan dengan panca indera. Agan dapat menyapu halaman rumah karena agan menggunakan fungsi ekstrover. Agan dapat melihat helikopter dan mendengar suaranya karena agan menggunakan fungsi ekstrover. Agan sedang membaca tulisan ini pun karena agan saat ini juga sedang menggunakan fungsi ekstrover. Kapanpun dan di manapun agan melakukan suatu hal terhadap sesuatu yang dirasakan dengan panca indera, pada saat itu juga agan sedang menggunakan fungsi ekstrover. Sori gan, ane nggak bisa cari kalimat yang lebih simpel dari ini


Quote:Fungsi Introver

Kalau fungsi ekstrover berurusan dengan dunia yang dirasakan dengan panca indera, fungsi introver kebalikannya aja. Jadi, fungsi introver adalah proses di dalam otak kita yang berjalan pada saat kita tidak sedang berurusan dengan hal-hal yang tidak kita rasakan dengan panca indera. Apakah hal-hal yang tidak bisa dirasakan panca indera itu? Dia adalah ingatan dan imajinasi. Agan mengingat-ingat di mana agan meletakkan dompet agan sekitar 3 jam yang lalu itu adalah sebuah proses. Dan agan bisa melakukan hal ini pada saat agan merem atau menutup telinga sekalipun. Justru biasanya agan akan lebih mudah mengingat-ingat pada saat agan menutup mata. Itulah saat2 fungsi introver bekerja.


Quote:Fungsi Judging

Fungsi judging adalah proses di dalam otak kita yang berjalan untuk mengubah suatu hal. Mau benda-benda di luar yang berubah atau ingatan agan yang berubah, itu adalah kerja dari fungsi judging. Menyapu adalah fungsi judging, karena agan mengubah letak sampah dan sapu pada saat agan menyapu. Menghafal rumus matematika adalah fungsi judging, karena sebenarnya pada saat menghafal kita mengubah bentuk ingatan di otak. Perbedaan antara menyapu dan menghafal adalah menyapu mengubah dunia ekstrover (dunia yang dipersepsikan dengan panca indera), sedangkan menghafal mengubah dunia introver (ingatan dan mental).


Quote:Fungsi Perceiving

Kalau fungsi judging mengubah sesuatu, fungsi perceiving tidak mengubah apapun. Ini adalah fungsi yang berjalan ketika agan menerima informasi. Entah informasi tersebut berasal dari dunia ekstrover maupun dunia introver, informasi tersebut hanya bisa agan dapatkan karena adanya fungsi perceiving. Contoh penggunaan fungsi perceiving adalah membaca dan mengingat-ingat. Perbedaan antara keduanya lagi-lagi adalah dunianya. "Membaca" memroses informasi yang berasal dari dunia ekstrover, sedangkan "mengingat-ingat" memroses informasi yang berasal dari dunia introver.


Kesimpulannya adalah bahwa ada 4 macam fungsi kognitif, yaitu:

1. Judging Ekstrover: Proses untuk mengubah suatu hal di dunia yang dipersepsikan dengan panca indera.
2. Judging Introver: Proses untuk mengubah suatu hal di dalam ingatan dan mental.
3. Perceiving Ekstrover: Proses mengumpulkan informasi dari dunia yang dipersepsikan dengan panca indera.
4. Perceiving Introver: Proses mengumpulkan informasi dari ingatan ataupun imajinasi.

Quote:Nah sekarang, apa perbedaan utama harta dengan ilmu?

Jawabannya adalah hanya pada letaknya. Harta berada di dunia ekstrover, ilmu berada di dunia introver. Di dunia nyata (ekstrover) ada benda-benda yang mungkin belum pernah kita lihat, sama halnya di dunia introver ada hal-hal yang mungkin belum pernah kita bayangkan atau pikirkan. Ada aturan dasar yang bermain di dunia nyata yang disebut hukum alam, sama halnya ada aturan dasar di dunia introver yang disebut passion. Kalau tubuh agan di dunia nyata mati, maka ingatan agan akan ikut menghilang. Sama halnya kalau dunia introver (mental) agan mati, tubuh agan akan ikut menghilang (bunuh diri). Apapun yang ada di dunia nyata memiliki padanan di dunia introver, dan juga sebaliknya. Kalau hal yang dimiliki di dunia nyata disebut harta, hal yang dimiliki di dunia introver disebut ilmu. Kalau ilmu bisa menghasilkan harta, sama halnya dengan harta bisa menghasilkan ilmu. Harta dapat berbentuk rumah, tubuh yang sehat, makanan, dan sebagainya. Sama halnya ilmu yang dapat berupa prinsip, kebijaksanaan, motivasi hidup, dan sebagainya.


Quote:Lebih baik harta atau ilmu?

Dengan diketahui bahwa harta sepadan dengan ilmu, maka tidak ada yang lebih baik di antara orang yang berharta dan orang yang berilmu. Karena keduanya hanya berbeda di tempat mereka diletakkan saja. Ilmu maupun harta sama-sama bisa membuat dunia ekstrover maupun introver menjadi lebih baik ataupun lebih buruk tergantung bagaimana pemanfaatannya.


Quote:Bagaimana hubungannya dengan fungsi kognitif?

Harta didapat dengan berpikir secara logis bagaimana harta yang kita miliki saat ini dapat menjadi dasar harta yang lebih banyak lagi (alias investasi nih gan). Berpikir untuk mengubah dunia nyata adalah proses dari fungsi Judging Ekstrover. Ilmu didapat dengan berpikir secara logis bagaimana ilmu (pengetahuan) yang kita miliki saat ini dapat menjadi dasar akan pengetahuan yang lebih dalam lagi (alias belajar). Berpikir yang menyebabkan perubahan ingatan dan mental adalah proses dari fungsi Judging Introver. Kalau belajar butuh informasi dari dunia nyata (contoh: buku) dengan menggunakan fungsi Perceiving Ekstrover, berarti kalau investasi butuh informasi dari dunia introver dong? Betul gan, investasi butuh informasi yang berasal fungsi Perceiving Introver, yaitu imajinasi atau pengetahuan kita sebelumnya mengenai investasi apa yang ingin kita lakukan.


Pasangan fungsi kognitif apakah yang menonjol di diri agan?

1. Judging Ekstrover - Perceiving Introver = Orientasi Harta
2. Judging Introver - Perceiving Ekstrover = Orientasi Ilmu

Silakan jawab di poll ya!

Sekian thread dari ane. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat

Sumber : Kaskus / reybridge

0 Response to "Harta atau ilmu, Semua Tergantung Diri Sendiri"