HotCopas.net

Kereta Gantung dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia

Kereta gantung
memberikan sensasi ekstrim tersendiri dan menampilkan panorama cantik dari atas ketinggian. Bagi Agan agan yang suka naik kereta gantung, naikin nih kereta gantung dengan pemandangan paling keren di dunia!

Mulai dari Slyline Queenstown di Selandia Baru, hingga Ba Na Hills Cable Car di Vietnam, masing-masing punya ketinggian berbeda dan pemandangan yang khas. Seperti yang dikutip versesofuniverse.blogspot.com, dari CNN, berikut inilah kereta gantung dengan pemandangan indah in the world !


1. Skyline Queenstown, Selandia Baru










Kereta gantung dengan pemandangan keren pertama ada di Selandia Baru, yaitu Skyline Queenstown. Kereta gantung tertinggi di Queenstown tersebut akan membawa pengunjung ke puncak gunung Bob’s Peak di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Pembangunan kereta gantungnya dimulai sejak tahun 1966 dan dan dibuka pada tahun 1967. Kemudian pada tahun 1987, kereta gantungnya sempat mengalami modifikasi. Tidak sedikit pesepeda gunung yang memakai kereta gantung untuk naik ke puncak Bob’s Peak.

Jika naik Skyline Queenstown pada malam hari, pengunjung juga dapat melihat keindahan kota Queenstown yang terang menyala. Sungguh indah!

2. Mi Teleferico, Bolivia










Pada awalnya, kereta gantung Mi Teleferico dibuat sebagai salah satu moda transportasi alternatif bagi pekerja di La Paz, Bolivia. Untuk alasan efiseinsi, maka dibuatlah Mi Teleferico di atas kota, dengan rute dari La Paz ke distrik El Alto.

Kereta gantung Mi Teleferico yang dibuka pada tahun 2014 lalu ini, punya jarak sepanjang 11 kilometer. Dengan biaya pembangunan sebesar USD 234 juta atau hampir tiga triliun rupiah, Mi teleferico dapat mengangkut hingga 18.000 pengunjung per jamnya.

Walaupun diperuntukkan untuk para pekerja, namun Mi Teleferico juga digandrungi para turis yang juga mau mencoba naik. Dari atas Mi Teleferico terlihat jelas Kota La Paz dan Pegunungan Andes yang ditutupi salju.


 3. Peak2peak Gondola, Kanada









Sesuai namanya, Peak2peak Gondola merupakan satu-satunya kereta gantung yang menghubungkan dua puncak gunung di Whistler, Kanada. Hebatnya lagi Peak2peak Gondola juga telah meraih dua rekor dunia.

Rekor pertama, Peak2peak Gondola memiliki jarak tali terpanjang yang membentang di antara kedua menara penghubung, yaitu sepanjang 3,03 kilometer. Dengan ketinggian 436 mdpl, Peak2peak Gondola juga disebut sebagai kereta gantung dengan titik tertinggi di atas tanah.

Kerennya, di tengah gondola terdapat kaca transparan yang memungkinkan pengunjungnya untuk melihat pemandangan di bawah kereta gantung. Tapi tidak perlu takut, terdapat pagar pembatas di antara pengunjung dan kaca.


 4. Titlis Rotair, Swiss








Kalau traveling ke Swiss, cobalah untuk naik kereta gantung Titlis Rotair yang merupakan kereta gantung putar pertama di dunia. Kurang dari lima menit, pengunjung akan diajak untuk naik ke Puncak Gunung Titlis di ketinggian 3.020 meter di atas permukaan laut.

Bagian terbaik dari menaiki kereta gantung Titlis Rotair adalah, pengunjung dapat melihat gunung gletser es terbesar Eropa dalam perjalanan menuju puncaknya. Sesampainya di puncak, pengunjung juga dapat mencoba masuk ke gua es yang ada.

Tidak hanya itu, Mount Titlis juga punya jembatan gantung tertinggi di Eropa. Bayangkan saja bagaimana keseruan melihat alam Swiss dari atas ketinggian puncak gunung es abadi.

 5. Palm Springs Aerial Tramway, Amerika









Kereta Gantung Palm Springs Aerial Tramway merupakan kereta gantung berputar terbesar di dunia yang dibuka pada tahun 1963. Kereta gantung tersebut menghubungkan Coachella Valley dengan Puncak Gunung San Jacinto.

Pengunjung dapat melihat keindahan lembah dan gurun ala Amerika yang liar dan keras dari atas kereta gantungnya. Untuk pembangunannya, helikopter juga diperbantukan untuk mengangkut sejumlah material ke beberapa titik menaranya.


 6. Ba Na Hills Cable Car, Vietnam









Tidak hanya negara barat dan maju saja yang punya kereta gantung. Vietnam juga punya Ba Na Hills Cable Car di kota Da Nang. Kereta gantung yang dibuka pada tahun 2013 tersebut merupakan kereta gantung terpanjang d dunia, dengan jarak lebih dari lima kilometer.

Ba Na Hills Cable Car menghubungkan kaki Gunung Ba Na ke Puncak Vong Nguyet yang terletak di sebelahnya. Tidak hanya panjang, stasiun kereta gantung di kaki Gunung Ba Na juga disebut sebagai stasiun kereta gantung terbesar di dunia loh.



 7. Vanoise Express, Prancis











Kereta gantung berikutnya adalah Vanoise Express yang terletak di Les Arcs, Prancis. Vanoise Express menghubungkan French Ski Resorts Les Arcs dengan La Plagne. Kereta gantung ini menyajikan pemandangan gunung es yang menawan.

Uniknya, kereta gantung Vanoise Express terdiri dari dua lantai, layaknya bus double decker di London. Setiap keretanya dapat menampung hingga 220 penumpang. Lama perjalanan adalah empat menit, dengan jarak 1,824 meter.

Pada tahun 2013 lalu, Vanoise Express merayakan ulamg tahunnya yang ke-10. Untuk merayakannya, dua orang ahli akrobat diutus untuk berjalan di atas tali yang menghubungkan kedua kereta gantung di udara. Ngeri!


8. Sugarloaf Mountain Gondola, Brasil
Spoiler for :







Kereta gantung keren terakhir adalah Sugarloaf Mountain Gondola di Rio de Janeiro, Brasil. Setidaknya 37 juta turis telah menaiki kereta gantung tersebut sejak dibuka pada tahun 1912. Sugarloaf Mountain Gondola juga sering masuk layar lebar.

Pada film ‘James Bond’ tahun 1979 misalnya, sang jagoan James Bond bertarung dengan musuhnya di salah satu atap kereta gantungnya. Tidak hanya itu, Sugarloaf Mountain Gendela juga jadi setting dari film ‘The Simpson’ hingga game ‘Call of Duty: Modern Warfare 2.’

Perjalanan menuju puncak Gunung Sugarloaf dengan kereta gantung, akan terbagi menjadi dua bagian. Setiap bagiannya memerlukan waktu tempuh sekitar tiga menit. Setiap keretanya mampu menampung penumpang hingga 65 orang.





Sumber : kaskus / wahyudit

0 Response to "Kereta Gantung dengan Pemandangan Paling Indah di Dunia "