HotCopas.net

Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY


"The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way its animal are treated." - Mahatma Gandhi
 

 
Well, setelah sekian banyaknya request dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang breeder, maka sebuah tulisan ini saya buat dengan harapan bisa bermanfaat untuk mengedukasi tanpa berusaha berpihak kepada siapapun. sumber dari tulisan ini adalah pengalaman saya di bidang animal rescue di lapangan, beberapa referensi artikel dan dokumentari yang saya baca dan saya tonton, serta sharing saya dengan beberapa teman yang sangat ahli dibidangnya.  Apakah ini sebuah tulisan persuasif? well short of. This is an information that i hope can persuade you to think differently. :)

Enjoy!
Damayanti Dhini.


Breeder. Siapa sih breeder ini? mengapa mereka disebut sebagai salah satu pihak yg melakukan penyiksaan satwa? Basicly, breeder atau dalam bahasa di sebut pembiak /peternak adalah orang yang dengan sengaja membiakan hewan peliharaanya untuk selanjutnya di jual sebagai komoditas yang bernilai sejumlah uang. Dan yang akan saya bahas lebih dalam kali ini adalah pembiak anjing dan kucing. Satwa sahabat manusia.

Puppy. siapa sih yang ga suka sama puppy lucu yang sering kita lihat di petshop? Ntah apa yang ada dibenak orang yang menganggap mereka tidaklah lucu. tapi pernahkah terfikir darimana mereka asalnya? "dari indukan anjing yang bahagia tentunya. mangkanya anaknya lucu" well in this case, yuk intip beberapa foto yang saya abadikan saat berkunjung ke "suplier puppy di petshop"

for pabrik anjing



                                                
































 beberapa foto ini adalah sebagian kecil foto yang bisa saya abadikan sendiri menggunakan kamera ponsel saya ketika berada di sebuah "pabrik" puppy.

Para indukan ini adalah anjing anjing pure breed yang seumur hidupnya didedikasikan untuk menghasilkan anak-anak anjing lucu yang di etalase etalase petshop. jangankan merasakan kasih sayang atau sekedar tidur di pangkuan majikan. Merasakan makanan yg sesuai dengan kebutuhan gizi mereka pun tidak. sampai akhir hayatnya, mereka hanya bisa melihat pagar besi yang membatasi mereka untuk bergerak kesana kemari.

Banyak pertanyaan yang saya dapat ketika saya bercerita kisah ini pada orang lain.

1. ini serius? kirain cuma ada di luar negri aja.
Ia serius. saya sendiri sudah kluar masuk beberapa "pabrikan" buat ambil sebagian nyariin rumah yang layak.

2. tapi kan yang di petshop itu lucu" masa indukannya begini bentuknya?
Lucu karena mereka masih sangat kecil. ada di usia yang memang menarik mata dan hati orang yang melihatnya. coba tanya paling usianya kisaran 2-3 bulan. kebayang ga kalo usia baru masuk 8 minggu udh berhari- hari atau berminggu minggu di etalase usia berapa dipisah dari induknya? bisa" 6 minggu. belum vaksin dan masih menyusu pada induknya. atau bahkan sebagian belum vaksin. secara umur vaksinasi ada di 8 minggu.

3. kwalitas mereka gimana kalo indukanya begini?
secara fisik, semua anjing di petshop pastinya anjing sempurna tanpa cacat. ga mungkin di jual yg buta, atau cacat fisik. Tapi coba perhatikan. feces anjing di petshop cenderung cair bukan dalam bentuk solid. hati" ini harus diwaspadai.
mereka lahir dari induk yang tidak sehat secara lahir batin so banyak kasus baru bawa pulang anjing dari petshop jadi keluarin uang jauh lebih banyak untuk biaya dokter, biaya opname, atau biaya rumah vet lainnya karena banyaknya penyakit bawaan pada si puppy lucu. so lucu darimananya ya kalo cuma ngabis"in uang di vet atau ngebatin karena ga tega si anjing terkulai lemas? (pengalaman pribadi). secara fisik pertumbuhan mereka tidak bisa maksimal (mostly untuk anjing besar) saya pernah bandingin husky saya saat usia mereka 8 minggu. berat husky saya paling kecil 8kg sisanya 8,5 atau sampai 9 kg. sementara di petshop husky 8 minggu cuma punya berat 4 kg untuk si jantan. (setengahnya bentley dong!)

                        anakan cacat hasil puppy mill. (calon mesin)

4. eh gw sih anjingnya ga beli yang abal" show quality harganya 3x harga petshop
oh.. gtu. saya pernah tuh rescue banyak anjing bekas juara yang nama di suratnya pake embel"  ina.ch yang katanya mahal banget. ada yang bahkan harganya saya browsing di mbah gugel seharga motor Harley Davidson yang ahh.. ganteng sekali itu *ups kluar tema. ketika tua dan tidak berprestasi lagi mereka terlupakan begitu saja. di obral dengan harga murah saking murahnya kami bisa mengambil sebanyak yang kami mau tanpa biaya tebus sepeserpun. "anjing apa ini? katanya bekas juara kok bentuknya begini? apa yang bikin mahal sih?" ini terucap ketika saya diserahkan team sebuah shih-tzhu yang punya harga sebuah motor ganteng itu. kurus, kuku kaya naga, belek mata numpuk, tear stain udah kaya apa. mahal dimananya???
belum dengan kelakuannya yang aneh. insecure luar biasa. di tinggal nangis menjerit. daripada uangnya beli anjing macam gini mending saya beli motor ganteng aja deh. lumayan buat beli telor ke warung depan atau sekedar muterin komplek buat ngeringin rambut. Serius. apa esensinya gelar ina.ch ini kalo hidup si anjing juga bisa dibilang luar binasa dan hanya sekedar dijadikan komoditi penghasil uang semata tanpa berfikir mereka adalah mahluk bernyawa layaknya kita manusia?

5. tapi mereka itu di tattoo loh dan bersurat dari PERKIN.
ya terus? bikin surat di perkin itu piece a cake! suratnya bisa punya siapa aja asal satu breed dan tidak satu silsilah. emang perkin pernah periksa indukan? nga. manipulasi surat di perkin itu luar biasa mudah. asalkan ga sedarah atau satu silsilah bisa (suratnya aja) orang yang diberikan serahkan ke perkin cuma fotokopi surat silsilah indukan dan sebuah form yang diisi oleh pemilik. mostyly para breeder membawa anjingnya ke kantor perkin (hanya anakannya saja ya) untuk di tattoo. dan hanya yang sempurna secara fisik yang dapat tattoo. kalo ada yang cacat ya ga dapet akta lahir. ingat ya. perkin tidak pernah mengecek lingkungan si anjing layak atau tidak ataupun mau sibuk" mengecek keaslian surat si induk. apakah ini bener suratnya induk si puppy atau tidak. lagian surat itu gunanya buat apa sih? yang katanya surat kepemilikan ujung"nya cuma di tumpuk sama majalah bekas.

6. tapi sekarangkan PERKIN nerbitin peraturan baru yang menyulitkan orang menjadi breeder.
ia sih.. yang katanya seminar dan peraturan breeding sebanyak 5x ya (untuk detailnya gugel). ah.. seminar itu berapa bulan sekali ya? kuota seminar juga sedikit banget kok sementara anggota perkin aktif ribuan orang di seluruh indonesia. lagian apakah ada sanksi dari perkin tentang breeding? nga. so efek peraturannya apa?

7. anjing itu milih pasangannya loh mereka harus mau sama pasangannya baru jadi.
aaah.. teuing ah. gini ya. mereka kawin itu karena unsur insting bukan macam manusia yang milih pasangan, bangun keluarga dan sebagainya. lelah pala aing jelasinnya.. pernah denger pawang? kerjanya mereka apa nyomblangin anjing? menurut ngana? mereka megangin si betina agar tidak bergerak atau melawan dan mengangkat badan si jantan agar penisnya bisa masuk sempurna ke vagina si betina. sekarang bahkan ada yang namanya breeding stand. alat ini di ciptakan mostly untuk breed besar yang berpotensi menyerang balik ntah si jantan atau si pawang karena tidak legowo di kawinkannya. so they rape the dog instead.
 

                                                       breeding stand pada anjing
                                                       breeding stand pada anjing
8. terus ada ga sih breeder yang bener?
ada. dengan prosentase yang begitu kecil. dan percayalah dapetin anak anjing dari mereka ga cuma sekedar transfer duit. mostly mereka bawelnya bukan main karena mau anakan yang mereka hasilkan terjamin hidupnya. milih pembeli (serius!). anakan yang mereka hasilkan pun jumlahnya sangat sangat sedikit. maksimal satu betina 3x di kawinkan dalam hidupnya itupun setahun sekali bukan setiap loop hamil. bahkan ada yang hanya mengawinkan sekali seumur hidupnya. (sound perfect ya) dan inilah kiranya perbincangan saya dengan beberapa org tsb.
m: om, kapan ada anakan lagi?
b: udah ga nganakin lagi. udah 2x lahiran si a. udh 5 tahun juga.
m: oh gtu. prasaan kennel lain ga ada berentinya.
b: itu mah ga bener. nih ya lo pikir deh. emang tiap saat ngelahirin tu anjing ga cape? gizinya juga ga ada. anakan hasilnya jelek buat apa? nyiksa anjing. itu mah yang jadiin anjingnya komoditas doang.
sekarang kan orang banyak beli anjing di taro kandang buat nge breed. hasilnya ga jelas. kalo laku. kalo nga mau kemanain emang ngurus anjing banyak murah? lo punya anjing ga mau kawinin steril aja. lebih sehat kok. tuh anjing gw satu udh steril.

ada lagi seorang kenalan saya yang terkenal sebagai pembiak yang berani mengambil kembali anjingnya ketika tau si anjing dijadikan anjing adu. (heroik. duitnya di kembaliin)

masih banyak lagi walaupun jumlah mereka sangat sangat sedikit. mereka tetap punya hati dan etika sebagai pembiak.
untuk menemukan mereka jangan harap ada di iklan internet atau hasil anakannya ada di petshop. mereka sangat sangat jarang di temui

beberapa film dokumenter tentang breeder di nat geo dan animal planet pernah membahas tentang hal ini. pabrikan anjing atau puppy mill adalah sebuah mimpi buruk bagi satwa yang terperangkap didalamnya. mereka akan terus ada dan tumbuh di sekitar kita selama permintaan terhadap puppy lucu ini masih ada dan semakin membengkak. sebuah ironi bagi kami yang tidak punya hati melihat para "mesin" ini hidup, rusak, dilupakan, dan dibuang. (coba cari di yutub banyak kok.)

saya dan team tidak bisa setiap saat menebus para mesin ini dan menyelamatkan mereka. hal ini pun tidak memberikan solusi kongkrit. ketika para mesin ini kami ambil, kami telah membantu si breeder untuk membereskan hasil kejahatan mereka. mereka juga tidak perlu pusing kemana lagi mereka harus membuang mesin mesin tua tidak berguna ini. (may God forgive your soul cause i'm already cursing it)

"tidak akan ada produksi bila ada permintaan." hukum ekonomi inilah yang bisa menumpah pabrikan anjing atau puppy mill.

sebuah tulisan ini saya dedikasikan kepada kesayangan saya, Ceci. anak red toy poodle yang di buang bersama ibu, om dan beberaoa saudaranya dari pabrikan anjing yang gulung tikar.



 


0 Response to "Kisah Kejam DIbalik Breeder / Peternak Gelap dan PABRIK PUPPY"