HotCopas.net

Mengenal Domain Internet dan Ektensinya

INTRO

Halo gan, ane mau berbagi, ga bermaksud mendahului para master w3 disini. Hanya mau share apa yang ane dapet dari para master, Kali ini ane mau bahas tentang Domain Internet (Ekstensinya : Top Level Domain)

Oke gausah banyak basa basi, langsung saja. Semua orang yang baca tulisan ini ane yakin 100% sudah biasa mengunjungi yang namanya website, kalian juga sudah paham dengan istilah LINK atau URL .

"A: Sis forum komunitas Indonesia terkeren dan bagus apa ya?"
"B: Oh akses aja situs kaskus , urlnya www.kaskus.co.id"
...
...
...
[Kemudian] "A: Linknya kok gabisa dibuka ya?"
"B: Oh lagi maintenis itu situsnya bro"
"A: Hah?"
"B: Hoh"

Nah begitulah percakapan antah berantah tentang website yang kadang sering kita dengar, tapi tahukah anda bahwa si A dan B sebenernya asal nyebut "URL & LINK" tanpa mengetahui apa pengertian dan makna sebenarnya dari link, bahkan si B aja gatau singkatan URL itu apa.
                                                                   
                                                                   Link dan URL

                                                        Uniform Resource Locator
Menurut Wikipedia
Link (atau di sebut juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertex) ke dokumen yang lain atau sumber lain. seperti hal nya suatu kutipan di dalam literatur. dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. Pengertian Link atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tautan adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan menuju halaman tertentu sesuai dengan yang di tentukan oleh pembuat link, sedangkan URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator , adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Intinya dari ane
Link = adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan menuju halaman tertentu
URL = Rangkaian karakter yang digunakan untuk menunjukan alamat konten di internet, singkatan Uniform Resource Locator


                                                       Nama Domain (www domain com)

Sebelum kita lanjut ke Ekstensi Domain , kenalan dulu bray sama domain itu sendiri, apa sih domain itu? nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server (DARIPADA AKSES LEWAT IP SERVER).


Dari ane :
Nah kan si paijo mau bikin website blog, dan ternyata webservernya awalnya berbentuk IP 123.45.67.8 , Gimana caranya agar orang mudah akses situs paijo? yadengan menggunakan domain..

si paijo beli domain misal blog-id.com , terus di parkir ke 123.45.67.8 . Alhasil 123.45.67.8 bisa diakses dengan blog-id.com

PROS situs menggunakan domain

  • Diakses dilain waktunya cepet karna mudah di inget
  • Situsnya akan mudah dikenal (Brand Friendly)
  • Unik (kemungkinan untuk sama dengan situs lain kecil, banyak ip yang mirip loh)
  • Dan Lain lain
     


Kebayang kan gimana susahnya kalau nama domain itu gak ada?


"Andrew "Kaskus" Darwis : Woy akses situs ane 103.6.117.2"
"Fahrizal: Haaaa?"
A : "Hooooo"
*masalah selesai

 for challenge:
Kalau berani, ane kasih challenge ke ente 30 hari akses kaskus pake 103.6.117.2 jangan kaskus.co.id


FIX - ane dan ente semua gabakalan kenal kaskus bray~ wong lupa sama ip kaskus, jangankan ip orang lain.. IP gampang 127.0.0.1 atau IP PC sendiri aja banyak yang ga apal   

Nah begitulah penjelasan singkat tentang domain, lanjut ke sesi inti Mengenal Ekstensi Domain Internet (Top Level Domain: .com , .net , .org dan lain2)

                                                              Ekstensi Pada Domain

Didalam domain ada namanya domain-extension , dari www domain com yang disebut ekstensi itu si dot COMnya . Berikut fakta yang ane rangkum tentang ekstensi menurut pengalaman ane:

  • Ekstensi Terpopuler Adalah .COM
  • ^ Kalau Ente Punya Website DOMAIN.NET, siap siap orang pada ngaksesnya ke DOMAIN.COM, pada salah ketik
  • Banyak situs salah menggunakan ekstensi (situr networking .net menggunakan ekstensi .com komersil, situs download pake ekstensi .info , situs komunitas indonesia pake ekstensi .us (United state) / .in (india) dll)
  • ^Orang luar negeri suka aneh sama webmaster indonesia karena ekstensi yang dipakai kadang ganyambung sama webnya
  • ^Karena alasan .com lebih mudah diingat dan bersahabat makanya pada pake.com
  • ^Saya termasuk salah satu dari mereka semua, salah ekstensi. Bodo amat yang penting visitor ga kabur
TERBAGI DALAM 3 JENIS


  • Country code top-level domains (ccTLD)

Dipergunakan untuk kode negara atau wilayah dependensi. Terdiri dari 2 huruf, misalnya .id untuk Indonesia, .us (United states) .tk Tokelau (gratisan) dan yang paling akrab para penyuka video asia adalah .jp untuk japan dll.

  • Global Top-Level Domains (gTLD)

Dipergunakan oleh macam-macam organisasi (sebagai contoh, .com untuk organisasi komersial). Domain ini terdiri dari 3 huruf atau lebih. Sebagian besar gTLD tersedia untuk dapat digunakan secara luas, tetapi untuk alasan historis, .mil (militer Amerika Serikat) dan .gov (Pemerintahan Federal Amerika Serikat) dibatasi dan hanya dapat digunakan oleh kedua otoritas tersebut. Domain-domain dalam gTLD disubklasifikasikan ke dalam ranah yang disponsori (sponsored top-level domains (sTLD)), misalnya .aero, .coop dan .museum, dan ranah yang tidak disponsori (unsponsored top-level domains (uTLD)), misalnya .biz, .info, .name dan .pro. . ane juga gapunya gatau jelas mengenai ini, sekarang juga banyak bertebaran domain baru seperti .club .website .band .ninja .asia dll. Apa ini termasuk atau tidak ane gatau. Bisa komeng dibawah buat nambahin semua

  • Infrastructure top-level domains

Satu-satunya yang diterima adalah .arpa. Sementara domain .root ada tapi tanpa kejelasan mengenai untuk apa keberadaannya.

Beberapa nama domain lokal

.go.id: untuk organisasi kepemerintahan di Indonesia
.mil.id: penggunaan secara khusus oleh militer Indonesia
.co.id: bagi perusahaan atau lembaga komersial Indonesia
.or.id: untuk organisasi nirlaba Indonesia
.web.id: didesignasi untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
.my.id: untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
.net.id: untuk organisasi / ranah umum untuk situs Internet Indonesia
.war.net.id: diperuntukkan warnet (warung Internet)
.sch.id: ranah khusus untuk lembaga sekolah di Indonesia
.ac.id: diperuntukkan bagi lembaga akademik (universitas, Akademi, Sekolah Tinggi) di Indonesia
desa.id: untuk situs Desa di Indonesia
Ane bahas ekstensi domain terpopuler saat iniDot COM 

com (commercial) dot kokom adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang dipakai sebagai nama domain Internet. .com adalah salah satu dari TLD pertama yang ada di dunia. .com diresmikan tahun 1986 dan menjadi domain terbesar dan domain yang sering dipakai di seantero dunia. Pertama kali diadministrasi oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebelum pada tahun 1993 dialihkan kepada NSF. Pada tahun 1995, NSF dan Network Solution meresmikan tarif untuk domain .com yaitu sebesar 50 dolar per tahun, 35 dolar untuk NSI dan 15 dolar untuk pemerintah. Sekarang domain .com dikelola oleh VeriSign.

Dot NET

Nama domain .net adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang digunakan dalam Sistem Penamaan Domain Internet. Nama .net diambil dari kata network (jaringan) menunjukkan tujuan domain ini adalah untuk organisasi yang bergerak dalam teknologi jaringan, seperti penyelenggara jasa Internet serta perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur lainnya. Namun tidak ada larangan penggunaan domain ini untuk tujuan yang lain. Domain ini masih populer pada operator jaringan, dan sering digunakan sebagai alternatif untuk .com.

Dot ORG

.org adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang digunakan dalam Sistem Penamaan Domain Internet. Nama .org merupakan kependekan dari organisasi. Domain ini di buka pada tahun 1985. Pada awalnya domain ini ditujukan untuk organisasi non profit, namun belakangan ini banyak juga digunakan oleh sekolah, situs personal; projek open-source; kadang untuk perusahaan komersial. Penggunaan domain .org meningkat tajam, pada tahun 1990-an kurang dari satu juta pengguna, sampai bulan Juni 2012 sudah lebih dar sepuluh juta pengguna.

Dot ID

Nah ini tambahan nih, masih bisa dibilang baru, ini bukan termasuk terpopuler, tapi perlu dijelasin, ini punya bangsa sendiri . .id adalah top-level domain kode negara Internet untuk Indonesia. Sejak 1 September 2005, domain .id dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. Sebelumnya domain .id dikelola melalui kerjasama antara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pengelola domain .id (ccTLD-ID). Mulai 1 Mei 2007 pengelolaan domain .id sepenuhnya berada di tangan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk komunitas teknologi informasi di Indonesia

Ya begitulah penjelasan singkat dari ane mengenai ektensi internet, domain, link dan url. mungkin para master W3 mau menambahkan. Ini menurut pengalaman ane, dan referensi di wikipedia.org, gambar dari pixabay FREE FOR COMMERCIAL USE , ini juga belum di share dimanapun, ane cuma share di kaskus dan forum blogger http://www.blog-id.com/discussion/20...dan-ektensinya . Sesekali harus ada yang share beginian di the lounge, jarang-jarang kan, maaf ya kalo ada salah salah kata gan .
Sumber : Kaskus / jasafahrizal

1 Response to " Mengenal Domain Internet dan Ektensinya"

  1. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói


    Những chuyện này nhìn thì đơn giản, nhưng làm thì…Đám người Kỷ Mặc vô cùng rõ, chính mình làm không được!

    “Thứ tư! Thực lực của ta một năm trước chỉ có tam phẩm Võ Đồ. Nhưng hiện tại, các ngươi nhìn xem tu vi của ta là gì?” Sở Dương thở ra tiếng hừ, khẽ vận công. Trên bàn tay của hắn liền xuất hiện một đám sương mờ màu xanh nhạt.

    “Vỏ giả kìa!” Lúc này đã có đến năm người phải kinh hô. Cả Cố Độc Hành của phải mở to mắt lên nhìn.

    “Thật xin lỗi! Là tứ phẩm Võ Giả đỉnh phong!” Sở Dương thu khí, híp mắt cười đáp:

    “Cũng chỉ là một năm qua hai mươi mốt giai thôi! Không có gì đáng khoe khoang cả!”

    Năm người đồng thời lau mồ hôi lạnh.

    Một năm vượt hai mốt gia. Còn không đáng khoe khoang? Nhưng bọn hắn không biết đây cũng chỉ là Sở Dương khiêm tốn mà thôi. Thời gian tăng lên chính thức của hắn cũng chỉ có khoảng nửa năm.

    “Thời gian Cố Độc Hành đi ra ngoài tìm các ngươi là một tháng lẻ sáu ngày. Lúc hắn ra ngoài ta mới chỉ là lục phẩm Vỏ Giả.” Sở Dương cười nhạt nói tiếp:

    ReplyDelete