HotCopas.net

Prinsip Hidup Agan Yang Mana ?

INTRO

Secara garis besar, ada tujuh hal yang melandasi prinsip dan cara pandang manusia, yaitu Optimis, Pesimis, Dinamis, Statis, Kritis, Realistis dan Idealis, dan semuanya punya arti yang berbeda pula. Tuhan menciptakan setiap orang dengan sifat dan kepribadian yang berbeda-beda. Namun cara pandang tersebut dapat berubah sedikit demi sedikit tergantung kemampuan dari seseorang yang ingin merubah prinsip hidupnya. Disini TS akan menjelaskan tentang pandangan-pandangan tersebut, tetapi TS akan lebih menitik beratkan pada sikap Optimis dan Pesimis, karena dua prinsip hidup tersebut merupakan dasar dari prinsip hidup manusia. Untuk lebih jelasnya mari simak gan




Pengertian
  Optimis adalah suatu sikap yang selalu berpandangan dan berpengharapan baik terhadap sesuatu hal serta selalu berpikir positif untuk kedepannya.
Contoh :
Seorang pelamar melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dan gagal karna posisi yang dilamar sudah terisi dan beberapa bulan kemudian, dia mencoba melamar lagi karna ada lowongan lagi diperusahaan yang sama.

Pesimis adalah suatu sikap mengedepankan keragu-raguan dan kebimbangan dalam mencapai sesuatu.
Contoh :
Seorang cowok lagi ngegebet seorang cewek cantik, akan tetapi dia mengurungkan niatnya untuk mendapatkan si cewek, karena sewaktu papasan dengan si cowok, si cewek tidak mau melihat wajahnya a.k.a cuek


  Dinamis suatu sikap yang pantang menyerah dan selalu tumbuh ke arah positif serta selalu ingin menuju ke arah yang lebih baik.
Contoh :
Seorang petani yang memperbesar area sawahnya agar hasil panennya lebih banyak dan meningkat.
  
Kritis suatu sikap yang menunjukkan ketelitian dan tidak gampang percaya dengan sesuatu, selalu menganalisa terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu, dan biasanya suka mencari sisi lemah terhadap sesuatu.
Contoh :
Pengamat politik dan Komentator sepakbola


  Statis suatu sikap yang jalan ditempat, dan tidak mau menerima semua masukan dari luar sehingga tidak ada perkembangan dan kemajuan yang berarti dalam hidupnya.
Contoh :
Kayaknya disekeliling kita banyak gan


  Realistis adalah cara berpikir yang penuh perhitungan dan sesuai dengan kemampuan, sehingga gagasan yang akan diajukan bukan hanya angan-angan atau mimpi belaka tetapi adalah sebuah kenyataan. Seorang yang berwirausaha harus mempunyai cara berpikir yang realistis jangan hanya sebuah angan-angan tetapi tidak dilaksanakan.


  Idealis adalah suatu sikap dimana kita percaya pada tujuan apa yang paling sesuai dengan karakter kita tanpa mendengarkan masukan dari pihak luar (orang lain). Penganut prinsip ini terkesan kaku dan monoton.

 




Apa penyebab dan bagaimana seseorang dapat merubah prinsip dan cara pandangnya ?
Faktor keluarga, tempat bermain, tempat kerja dan teman bergaul adalah faktor yang paling besar andilnya dalam membentuk sikap-sikap tersebut. Oleh karenanya jangan sampai salah langkah dalam memilih teman sepergaulan, disini TS tidak menganjurkan GanSis untuk memilih-milih teman, akan tetapi alangkah baiknya jika kita bergaul dengan orang-orang yang sekiranya dapat memberikan hal-hal positif bagi kita dalam menjalankan kehidupan. Memang butuh waktu untuk merubah diri ke arah yang lebih baik, semuanya dimulai dari diri kita sendiri dan tentunya peran lingkungan yang positif juga sangat diperlukan dalam tahap perbaikan diri. Biasakan diri kita untuk mengatakan "I Can Do It" pada diri kita, untuk menuju hal-hal yang sekiranya masih dalam batasan kemampuan kita sebagai manusia dan hal ini sangat bermanfaat buat kita sebagai pemacu semangat hidup kita dalam menjalani setiap lika-liku dan tantangan di kehidupan kita.



Quote:Mari kita lihat apa kata mereka gan
  "A pessimist sees the difficulty in every opportunity; an optimist sees the opportunity in every difficulty."
"Seorang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan; seorang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."~ Winston Churchill

"The pessimist complains about the wind; the optimist expects it to change; the realist adjusts the sails."
"Si pesimis mengeluh tentang angin; si optimis berharap itu akan berubah; si realistis menyesuaikan layar."~ William Arthur Ward

"Both optimists and pessimists contribute to our society. The optimist invents the airplane and the pessimist the parachute."
"Orang optimis dan pesimis, keduanya berkontribusi kepada kehidupan kita. Si optimis menemukan pesawat dan si pesimis menemukan parasut."~ Gil Stern

"It doesn’t hurt to be optimistic. You can always cry later."
"Menjadi optimis tidaklah menyakitkan. Kamu selalu bisa menangis kemudian."~ Lucimar Santos de Lima

"A pessimist is one who makes difficulties of his opportunities and an optimist is one who makes opportunities of his difficulties."
"Seorang pesimis adalah dia yang membuat kesulitan dalam kesempatan dan seorang optimis adalah dia yang membuat kesempatan dalam kesulitan."~ Harry Truman



Ini 8 Perbedaan Mendasar Antara Sikap Optimis dan Pesimis
 Pertama
Orang Optimis: kegagalan adalah satu proses pembelajaran akan hasil yang lebih memuaskan.
Orang Pesimis: kegagalan adalah satu bukti kalau itulah identitas dirinya.



Kedua
Orang Optimis: suka keluar dari zona nyaman untuk menghadapi tantangan baru yang akan membuat satu kemajuan dalam dirinya.
Orang Pesimis: zona nyaman sudah cukup. Tantangan hanya untuk orang yang tak berpikir panjang.






Ketiga
Orang Optimis: dapat menginspirasi orang yang berada di sekitarnya.
Orang Pesimis: hanya bisa iri dengan pencapaian orang lain.



Keempat
Orang Optimis: menerima kritik yang dikatakan orang lain.
Orang Pesimis: tidak menerima pandangan orang lain tentang dirinya.


Kelima
Orang Optimis: percaya akan sebuah perubahan.
Orang Pesimis: konstan adalah satu-satunya cara agar dunia tetap bergulir sebagaimana mestinya.




Keenam
Orang Optimis: berani bermimpi dengan perencanaan untuk mewujudkannya.
Orang Pesimis: jangan mimpi, jalani saja realita yang ada hari ini.




Ketujuh
Orang Optimis: masih banyak hal untuk dipelajari.
Orang Pesimis: hanya belajar hal-hal yang mendukung usaha yang konstan.




Kedelapan
Orang Optimis: bisa melihat hal baik dalam kejadian paling buruk sekalipun.
Orang Pesimis: sudahlah, hal buruk ya akan selamanya buruk, tidak ada aspek lain


Demikanlah sedikit penjelasan mengenai prinsip-prinsip serta cara pandang kita sebagai manusia, yang jelas dorongan terbesar dalam perubahan yang paling kuat adalah dari diri dan hati orang yang bersangkutan. Yuk jadi pribadi yang optimis gan, tentunya optimis disini masih dalam batasan kemampuan kita sebagai manusia. Karena ane cuma manusia biasa, lebih dan kurang ane mohon maaf, jika ada yang mau ditambahkan, silakan di komeng gan, terimakasih udah mampir, terimakasih gan

Sumber : Kaskus / .ded.

0 Response to "Prinsip Hidup Agan Yang Mana ?"