HotCopas.net

Yang Serupa Tapi Tak Serasa

Serupa Tapi Tak Serasa
Bentuknya sih mirip, kadang rasanya juga gak jauh beda. Tapi namanya beda. Harganya juga jelas beda. Tapi yang jelas, makanan tetaplah makanan.

Walaupun berbeda negara, terkadang makanan Indonesia emang agak mirip-mirip sama makanan di luar negeri sana, entah siapa yang terinspirasi siapa, tapi perbedaan yang sangat tipis kadang lumayan menarik juga buat dibahas. Perbedaannya bisa dari bumbunya yang beda, isinya beda, tambahannya beda, sampe cara masaknya pun berbeda. Kayak makanan-makanan di bawah ini nih.
 

1. Gado-Gado vs Salad
                                                                                  Salad
                                                                           Gado-gado

Sama-sama terdiri dari sayuran segar yang dikasih bumbu tertentu. Ya walaupun sayurannya juga beda sih karena ya tau sendiri sayur-sayur di Indonesia kadang nggak ada di luar negeri dan begitu juga sebaliknya. Bumbu. Versi Indonesianya namanya 'bumbu', versi bulenya namanya 'dressing'. Gado-gado disiram dengan bumbu kacang yang luar biasa enaknya sementara salad diberi dressing saus aneh-aneh seperti Thousand Island atau Caesar's sauce. Oh iya, kalo makan salad kadang ada juga yang ditambah telur atau irisan daging sapi atau ayam, nah sama nih gado-gado juga gitu, tapi pake irisan telor rebus dan tahu goreng. Laper deh jadinya.
2. Sate vs Kebab

                                                                      Shish Kebab
                                                                             Sate

Sate dan Shish Kebab pada intinya sama. Dagingnya sama-sama ditusuk dan dibakar. Cuma, bedanya, kebab pake sayur yang juga ditusuk, sementara sate isi tusukannya full sama daging, baik ayam, kambing, sapi, bahkan kelinci! Oh iya, sate juga pake bumbu kacang plus kecap yang bikin rasanya gurih-gurih manis gimanaa gitu. Andalan banget lah bumbu kacang nih!


3. Tauwa vs Silk Pudding
                                                                      Silk Pudding
                                                                           Tauwa

Dua-duanya punya tekstur yang lembut banget. Yang membedakan dua hal ini adalah cara penyajian dan bahan yang digunakan. Tauwa itu dibuat dari ampas tahu dan disajikan dengan kuah jahe, sedangkan silk pudding itu dari susu. Nah, ati-ati tuh kalau pesan silk pudding, jangan-jangan dituker pake tauwa, kan mirip. Jangan-jangan, tauwa itu silk pudding yang dari ampas tahu? Atau kebalikannya, silk pudding adalah Tauwa dari susu? Ah, yaudahlah, sama-sama enak dimakan ini.

4. Mochi vs Kue Thok

                                                                       Kue Thok
                                                                               Mochi

Cuman beda warna dan isi nih. Kue tok sama mochi dua-dua sama aja kenyal dan manis dan dua-duanya ada isinya. Mochi dan kue thok sama-sama terbuat dari ketan. Mochi terbuat dari beras ketan yang ditumbuk, sementara kue thok dari tepung beras. Isi dari kedua jajanan ini juga beda. Kalau kue thok, isinya kacang ijo sedangkan mochi macam-macam isinya. Eh tapi di Sukabumi juga ada loh kue mochi, biasanya isinya bubuk kacang gitu dan ditaburi sagu supaya ga nempel saat dikemas. Tekstur nya juga ga jauh beda sama mochi Jepang.

5. Sushi vs Lemper

                                                                          Lemper
                                                                              Sushi

Ayo tebak, yang mana sushi, yang mana lemper? Dari gambarnya aja udah nggak ada bedanya tuh. Sebenernya Sushi sama lemper itu sama: Nasi gulung yang isinya macem-macem. Cuma, bedanya lemper dibungkus sama daun pisang dan sushi pakai rumput laut. Mending makan lemper daripada sushi. Kalau mau ganti aja isian lemper sama salmon dan alpukat kan udah sama tuh. Kalau mau makan lemper eksotik ya udah, makan sushi aja. Atau sebaliknya, kalau mau sushi murah ya beli lemper aja dibungkus ama nori.

6. Kue Leker vs Crepes
                                                                           Crepes
                                                                             Kue Leker

Kue leker sama crepes itu sebenernya bedanya apa sih? sama-sama renyah dan sama-sama manis dan gurih. Bedanya cuman yang satu dari Perancis dan namanya lebih fancy. Kalo ketemu orang yang jualan leker suruh aja ganti nama leker mereka jadi crepes, supaya bisa dijual lebih mahal hehe.



Pada akhirnya, makanan itu tetep makanan. Mau nggak mau, emang antar negara bakal ada makanan yang mirip-mirip tapi nggapapa, toh semua sama-sama enak kan?

Sumber : Kaskus / unitedd dan provoke-online.com

0 Response to "Yang Serupa Tapi Tak Serasa"