HotCopas.net

6 Hal yang harus di Lakukan Sebelum Memutuskan Sewa Apertemen


Dewasa ini makin banyak masyarakat perkotaan yang memilih apartemen sebagai opsi biar bisa tinggal gak jauh dari kantor. Tinggal di apartemen bagi banyak orang juga terbilang lebih praktis, apalagi sekarang makin banyak apartemen yang all-in-one. Mall, gym, salon, sampai tempat belanja sehari-hari udah tersedia.

Tapiii...jangan liat enaknya aja. Setelah menemukan apartemen yang cocok, jangan langsung main tempatin. Kita kudu teliti, karena meski keliatannya gampang...tinggal pindah aja, tetep bayar apartemen tuh butuh duit! Gak mau dong nyesel di kemudian hari dan ngerasa rugi udah bayar mahal-mahal? Makanya. cek dulu 6 hal vital ini:

 1. Cek Sinyal Hape

 
Apartemen keren-keren kalau ga bisa pakai hape sama aja bohong. Terserah juga sih kalau agan mau melewatkan hal ini. Palingan cewek agan yang bakal bawel kalo whatsapp-an jadi susah.

Jadi pastikan agan cek di tiap sudut ruangan, soal kekuatan sinyal hape. Jangan lupa di toilet juga..karena rutinitas toilet tuh hampa tanpa hape. Apalagi di pagi hari hehehe.. Setuju?

  2. Periksa Tanda-Tanda Tamu Tak Diundang

Periksa semua bagian tersembunyi, terutama di tempat-tempat yg gelap dan lembab. Di sanalah tempat nongkrong paling ngehits di kalangan hama rumahan kayak kecoa dan tikus. Sekedar nyebut contoh, ya kayak di bawah tempat cuci piring dan belakang kloset.

  3. Tes Fungsi Semua Peralatan dan Perlengkapan


Udah bayar sewa pasti mau semua fungsinya sesuai yang dijanjiin dong? Jadi jangan lupa periksa hal-hal  di bawah ini.
  • Stop kontak listrik.Colokin aja barang-barang yang butuh listrik kayak charger HP.
  • Lampu nyala atau gak. Kecuali agan keturunan vampir yang alergi cahaya.
  • Exhaust fan di dapur atau kamar mandi. Penting biar sirkulasi udara lancar. Apartemen keren bau tengik, siapa juga yang mau tinggalin?
  • Keran, shower, pokoknya semua saluran air. Kalo air kenceng bisa diatur. Kalau terlalu pelan? Susah tuh urusannya. Bisa-bisa agan malah jadi ga bisa mandi sebelum ke kantor tiap pagi.

 4. Ajak Ngobrol Tetangga

Simpel. Kasih salam, ajak kenalan, ajak ngobrol, sekalian tanya-tanya soal situasi dan kondisi tinggal di apartemen. Agan jadi bisa tahu hal-hal yang gak akan dibocorin oleh pemilik apartemen atau agen.

Contohnya seperti..penghuni yang rusuh, lampu yang sering mati, kondisi parkir yang gak aman, atau berbagai hal lainnya. Dengan begitu agan bisa selamat dari kerugian membayar sewa apartemen, yang oke di luar, tapi banyak kebusukan terselubungnya


 5. Konfirmasi Semua Kerusakan di Awal


Kalau apartemen sampe banjir kaya begini, siapa yang mau bayar tuh kerusakannya?

Tiap sewa apartemen kan biasanya diminta uang deposit tuh sebagai uang jaminan dari kerusakan properti. Sudah jadi rahasia umum kalau ada saja orang yang berusaha ngerampok dari uang deposit. Makanya, agan jangan lupa catat dengan betul kerusakan yang sudah ada dari awal, biar deposit agan gak lenyap karena kerusakan yang mengada-ada.

Pastikan ada saksi mata dari pihak penyewa pas ngecek, biar gak ada tuduhan kalau agan yang ngerusak.

  6. Baca Kontrak dengan Seksama

                                Baca kontrak ga asyik. Tapi ga seribet ngapalin undang-undang.




Emang ini bukan bagian terasik. Jangan sampai udah terlanjur tanda tangan kontrak dan bayar, tapi di kemudian hari menyesal karena gak sesuai harapan. Alhasil, bad mood sepanjang masa jadi tenant apartemen itu. Dan semua itu gara-gara kemalasan membaca. Tahu sendiri lah...Di tengah kekayaan budaya Indonesia yang membanggakan, ada juga berbagai budaya buruk yang ikut nyempil: budaya malas membaca!

Jadi pastikan agan baca dengan sangaaat amaaat seksama sebelum tanda tangan perjanjian dengan pemilik apartemen.
      Apa aja yang penting dibaca?:
  • Iuran bulanan termasuk apa saja
  • Masa sewa
  • Fasilitas (internet, telpon, dll.)
  • Daftar kerusakan/kondisi unit apartemen saat penandatanganan kontrak
  • Duplikat kunci
  • Biaya maintenance termasuk apa saja
  • kartu akses
  • jatah parkir
  • dan sebagainya.

 Pesan terakhir dari Agus

  • Pastikan agan memperhitungkan dengan baik kemampuan bayar agan untuk jangka panjang. Mau enak dan gaya sih boleh aja. Tapi...tetap bergayalah sesuai isi dompetmu!
  • Pastikan semua bagian dari calon apartemen agan aman dan nyaman untuk ditempatin. Teliti sampai ke bagian-bagian yang gak langsung kelihatan mata – wajib banget!

Sumber : Kaskus / agus.duitpintar duitpintar.com

0 Response to "6 Hal yang harus di Lakukan Sebelum Memutuskan Sewa Apertemen"