HotCopas.net

Gak nyangka! Beginilah perlakuan Negara Turki terhadap hewan liarnya


Siapa sih yang bisa tahan ngeliat tingkah laku anjing & kucing yang lucu-lucu dan suka ngasih ekspresi yang ngegemesin? Wajar aja kalo kita suka favoritin suatu jenis anjing atau kucing tertentu karena sifat & kebiasaan mereka. Tapi kalo buat ane sih semua kucing & anjing, ras atau bukan, sama aja, gan! Mereka sama-sama lucu, pinter, gemesin, dan kesamaan yang paling penting…. Mereka sama-sama punya hak untuk hidup.

Tapiii… dengan banyaknya kasus yang terjadi di negeri ini mengenai penyiksaan anjing & kucing lalu ditelantarin sama pemiliknya, dibuang ke pasar, diperjualbelikan oleh breeder ilegal - tanpa syarat tertentu, atau eliminasi besar-besaran yang dilakukan oleh salah satu pemerintah daerah di Indonesia, jujur aja itu semua bikin hati ane sedih gan… Apalagi kalo udah ngeliat berita internasional soal perayaan yang mereka sebut “festival” dengan cara menangkap & menghabiskan nyawa anjing & kucing liar untuk dikonsumsi… baca beritanya aja bisa sambil mewek ane gan!  


Estimasi populasi hewan domestik seperti anjing & kucing liar emang gak bisa diprediksi di sebuah negara. Bisa dilakuin penghitungannya sih, tapi pasti angkanya banyak banget karena anjing & kucing liar bisa jadi beranak kapan aja. Kata “liar” di sini gak berarti buas, liar cuma karena hidupnya di luar rumah dan gak tau siapa pemiliknya. Karena gak berpemilik, kesehatan hewan liar ini juga suka memprihatinkan. Masalah beranak-pinaknya? Seharusnya angka itu bisa dikontrol dengan cara sterilisasi massal yang bisa diadain oleh pemerintah, atau swadaya. Jangan bilang sterilisasi itu “jahat”, karena banyak manfaat dari segi kesehatan untuk sterilisasi, salah satunya mencegah infeksi rahim & kanker payudara untuk yang betina, anjing & kucing jantan juga gak akan “nandain” wilayah lagi kalo udah disteril. Yang paling penting sih dengan disteril, populasi anjing & kucing liar dapat dikontrol, jadi euthanasia (suntik mati – pencabutan hak hidup) pada anjing & kucing terlantar dalam upaya mengontrol populasi dengan cara eliminasi massal di sebuah negara tidak diperlukan lagi, dan emang gak dibenarkan juga.

 Nah, yang negatifnya kan udah banyak banget keliatan nih gan, sekarang ane mau bahas yang positif aja gan siapa tau agan juga terinspirasi untuk ngelakuin apa yang Negara Turki lakuin, sebagai aktivis pecinta hewan, organisasi, pemerintah, ataupun manusia biasa yang ingin menciptakan hubungan dinamis dengan makhluk hidup sekitarnya. Cekidot gan!


1. BASKOM KUCING

Masyarakat Turki nyediain tempat tidur dari 2 baskom yang ditumpuk terus dibolongin, tujuannya biar pas musim dingin, kucing-kucing liar bisa ngangetin tubuh di dalem situ.Bisa dicontoh nih gan kalo ada baskom gak kepake di rumah buat kucing di sekitar agan..



2. TAMAN DUDEN, TAMAN KUCING

Pemerintah Turki membangun sarana khusus kucing di berbagai kota untuk menampung kucing-kucing liar di Turki, salah satunya di Taman Duden, Kota Antalya, Turki. Taman tersebut dijadikan sarana edukasi buat anak-anak atau orang yang ingin melepas stress dapat bermain dengan kucing-kucing di sana yang pastinya bersih karena kucing dimandikan setiap minggu dan vaksin diberikan secara teratur. Keren banget kan gan!

Bahkan, karena kucing itu identik dengan binatangan kesayangan Nabi Muhammad SAW (dalam kepercayaan Islam di Turki), hukuman yang berlaku ketika kita membunuh kucing di Turki adalah kita harus membangun sebuah masjid jika ingin dimaafkan oleh Tuhan.



3. VAKSIN & STERILISASI ANJING


Gak cuma kucingnya, gan! Anjing-anjing liar di Turki juga diperhatikan oleh pemerintah sana. Kalau ada anjing liar di jalan, mereka akan langsung bawa ke penampungan lokal (animal shelter) untuk disterilisasi dan di vaksin. Jadi, walaupun berkeliaran, anjing-anjing tersebut dalam keadaan sudah di vaksin & sterilisasi. 

4. DOG FOOD VENDING MACHINE

Selain itu, disediakan vending machine yang dapat mengeluarkan dog food untuk anjing-anjing liar. Cara kerjanya adalah kita masukan dulu botol kosong, lalu akan keluar dog food di bagian bawah, dan jika ada anjing liar yang lapar, mereka bisa langsung makan di vending machine itu. Jadi secara gak langsung, orang-orang Turki menukarkan sampahnya untuk memberi makan anjing-anjing liar di Turki 



Seandainya pemerintah Indonesia juga turut mendukung aktivis penyelamat & pecinta hewan di Indonesia, pasti hewan-hewan liar di Indonesia akan terawat ya gan… Ane cuma bisa berharap yang terbaik sambil melakukan sesuatu yang terbaik..

Kalo ada agan-agan yang bisa mulai membagi kasih sayang sama hewan liar yang membutuhkan di sekitar agan, mereka pasti akan berterima kasih banget, percaya atau nggak, mereka bisa mencintai & setia sama agan!

…tapi kalo udah gak ada lagi hewan yang membutuhkan di sekitar agan, banyak loh penampungan hewan yang membuka kegiatan volunteering di Jakarta dan sekitarnya, itung-itung sambil mengisi akhir pekan dengan kegiatan yang bisa mengurangi stress, agan bisa langsung dateng ke tempat penampungan hewan untuk ikut mandiin, ngajak jalan-jalan, kasih treat ke anjing & kucing di shelter, bantu donasi, atau bahkan bantu untuk adopsi salah satu dari anjing & kucing di sana, gan! Dijamin seru pokoknya dah gaan! Ane bisa lupa waktu kalo main-main ke sana hehehe 



Sekian dari ane, makasih buat agan & aganwati yang udah mampir, semoga dengan membaca trit ane, mata hati agan terbuka untuk saling peduli ke sesama makhluk Tuhan yang lebih lemah, yang gak bisa bicara ketika sakit, yang gak bisa bilang ketika lapar. Kalo kata Doni Herdaru – Founder Animal Defenders Indonesia
“Kalo gak suka, gak usah nyakitin..”


"The greatness of a nation can be judged by the way its animals are treated." - Mahatma Gandhi


Sumber : Kaskus / riescatccch


0 Response to "Gak nyangka! Beginilah perlakuan Negara Turki terhadap hewan liarnya"