HotCopas.net

Golongan Darah Ternyata Tidak Hanya A, B, AB, dan 0

Fakta Tentang Golongan Darah






Tahukah kamu bahwa ternyata golongan darah tidak hanya A, B, AB dan 0. Mungkin kita tidak asing lagi dengan golongan darah A, B, AB, dan 0 ( sebenernya bukan “ O “ huruf alphabet ke 15 tetapi 0 (nol) ).




Golongan darah A memiliki sel darah dengan antigen A.
Golongan darah B memiliki sel darah dengan antigen B.
Golongan darah AB memiliki sel darah dengan antigen A dan antigen B.
Golongan darah 0 memiliki sel darah tanpa antigen

Jadi penyebutnya itu berasal dari antigen yang dimilikinya. Saat ini mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa golongan darah 0 bisa dipakai untuk transfusi ke golongan darah lain ( A, B, dan AB ) karena itulah golongan darah 0 disebut sebagai “Universal Donor”. Tapi sebenarnya hal itu tidak benar, karena pemberian golongan darah 0 kepada golongan darah lain pada kenyataannya bisa memberikan efek samping pada si penerima. Terlebih lagi bila di dalam plasma darah, golongan darah 0 ini terdapat anti A atau anti B yang ber”titer” tinggi ( 1/64 ).

Di Negara – negara lain anggapan golongan darah 0 merupakan “Universal Darah” sudah tidak dianut lagi, kecuali kalau diberikan dalam bentuk Packed Red Cells. G. B. Elliott dalam jurnalnya: “Transiently Dangerous Universal Blood” mengatakan bahwa Universal donor itu berbahaya. Dan sebenarnya pernyataan Dangerous Universal Donor ini sudah diperkenalkan oleh Levine dan Mabee di tahun 1923.

Sering timbul pertanyaan, golongan darah apa sih terbanyak dan terlangka? Di seluruh dunia, rata – rata populasi terbanyak adalah golongan darah 0, disusul A, B lalu AB.

OK.. langsung ke point pentingnya

Sebenarya masih ada 1 golongan darah lain dan ini merupakan golongan darah yang langka, yaitu Bombay Type Blood. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau golongan darah ini ditemukan Bhende di Bombay, India pada tahun 1952. Golongan darah ini sangat langka dengan perbandingan 1 : 250.000. Golongan darah ini tidak memiliki ekspresi antigen sistem AB0 di permukaan sel darahnya. Jika diperiksa dengan sistem biasa maka yang akan muncul adalah golongan darah 0, tetapi pada kenyataannya tidak bisa menerima transfusi darah dari golongan darah 0, karena sebenarnya memang berbeda. Jadi, bila di antara kalian memiliki golongan darah Bombay Type, maka disarankan untuk menabung darah anda sedikit demi sedikit, karena bila sewaktu – waktu anda membutuhkan, anda tidak kebingungan untuk mendapat stoknya.


Tambahan

tambahan buat TS semoga berguna
Golongan darah O bukan tidak punya antigen...dia punya disebut antigen H, yang menjadi bahan dasar dari antigen A dan B... Golongan O biasa punya antigen H,sedangkan golongan O bombay (Oh) tidak punya antigen H sehingga klo butuh donor,O bombay hanya bisa dengan O bombay... dinamain Bombay, karena orang India banyak punya golongan darah ini gara-gara kebiasaan kimpoi sedarah...rasio 1:250000 juga lebih kecil di Bombay sono... Sebenernya golongan darah adalagi Rhesus, sistem MN dan lain-lain, banyak lho... cuma yang penting golongan ABO sama Rhesus dulu... klo Rhesus itu ada Rh+ dan Rh- dan klo di biologi SMA, contoh yang paling gampang adalah kasus erythroblastosis fetalis (penyakit penghancuran sel darah merah, bahasa awamnya bayi kuning bukan sih?)...begini ceritanya... cowo bergolongan AO Rh+ kimpoi dengan cewe bergolongan BO Rh-,jadilah itu anak..
Dari golongan ABO,kemungkinan golongan darah anaknya tuh A,B,AB dan O(nongol semua tuh) sedangkan dari golongan Rhesus, anaknya pasti Rh+...waktu hamil anak pertama Rh+,si cewe belom ada kekebalan terhadap Rh+ jadi anaknya lahir normal...tapi klo dia hamil lagi dan anaknya Rh+ lagi, tubuhnya udah membuat antibodi terhadap Rh+ ini maka nanti darah anaknya diserang dengan antibodi ibu, so anaknya lahir menderita erythroblastosis fetalis... Sori ga bisa ngasih info banyak,belom belajar soal hematologi soalny...klo ada koreksi,saya terima dan golongan darah langka ga cuma O bombay, ada yang namanya Rhnull (ga punya Rh kali ya? dan lain-lain... info lebih lanjut di [url]www.bloodbook.com[/url] sisanya googling aja...


Sumber : kaskus / letnankimi

0 Response to "Golongan Darah Ternyata Tidak Hanya A, B, AB, dan 0 "