HotCopas.net

Hentikan Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat

INTRO


Saat ini sulit bagi kita untuk bisa jauh dari komputer. Ketika belajar, mengerjakan tugas sekolah, kuliah, bekerja, bahkan bersantai dan menikmati hiburan pun mengharuskan kita berada di depan PC atau laptop. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan pengguna komputer memiliki akibat yang sangat buruk bagi kesehatan?

Berikut ini adalah 7 kebiasaan buruk pengguna komputer yang berakibat buruk bagi kesehatan dan bagaimana cara mengatasinya. Jika kamu sering melakukannya, saya berharap kamu bisa segera menghentikan kebiasaan buruk itu dan tidak terjebak didalamnya.


 7. Duduk Terlalu Lama



Berapa banyak dari kita yang karena terlalu asyik bekerja, browsing, bercengkerama di sosial media, bahkan bermain game, akhirnya lupa untuk beranjak dari depan komputer kita?

Menurut penelitian, orang yang terlalu lama duduk di depan komputer lebih beresiko terkena serangan jantung, diabetes, kanker usus, melemahnya fungsi otak, nyeri leher, dan nyeri tulang punggung.


Agar terhindar dari resiko tersebut pastikan kamu berdiri, melakukan streching, atau sekedar berjalan setiap 20 menit sekali.

Gunakan software timer semacam Workrave atau Breaker untuk mengingatkan kamu setiap 20 menit sekali.

Di sore hari kamu juga bisa jalan-jalan sore atau bersepeda selama 20 – 30 menit untuk menjaga kebugaran.



6. Lampu Redup
 

Menggunakan lampu yang redup atau bahkan terbiasa berkomputer dalam kondisi ruangan gelap bisa menyebabkan kelelahan mata dan pusing. Jika hal ini diteruskan maka bisa merusak kesehatan mata, bahkan membuat pandangan menjadi kabur.

Untuk itu gunakan lampu yang mampu mengimbangi terangnya layar monitor. Atur tingkat kecerahan lampu yang kamu pilih sehingga mata kamu nyaman saat bekerja di depan monitor PC dan laptop.

Jadi jangan dibiasakan lagi ya berkomputer di dalam gelap atau redup dalam jangka waktu yang lama.









5. Terlalu Dekat dengan Monitor



Entah karena ukuran monitor yang terlalu kecil, atau karena mata kita yang mulai minus, tidak jarang kita melihat monitor dalam jarak yang sangat dekat. Hal ini bahkan sampai menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Melihat monitor dalam jarak terlalu dekat terlebih dalam waktu lama akan menyebabkan otot mata menjadi lelah. Semakin fokus dan dekat kamu melihat monitor, maka akan semakin keras otot mata bekerja. Jika diteruskan maka pandangan bisa menjadi kabur, pusing, bahkan muntah.

Untuk itu mulai sekarang pastikan jarak antara mata dengan monitor tidak kurang dari 70cm.
 



4. Malas Bersih-bersih


Masih ingatkah kapan terakhir kali kamu membersihkan mouse, keyboard, ataupun ruang komputer? Jika jawaban kamu selain “kemarin” atau “tadi pagi”, maka kamu harus lebih rajin melakukan bersih-bersih.

Tangan kita secara natural hangat dan berminyak. Kita memegang makanan, berjabat tangan dengan orang, memegang uang, gagang pintu, handphone, dan sebagainya. Bakteri sangat mudah berpindah dan berkembang dari satu tempat ke tempat lain melalui tangan kita.

Bayangkan seberapa sering kamu memegang mouse, menyentuh keyboard, dan berada di ruangan komputer. Maka bakteri juga banyak berkembang disana.

Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa gadget, termasuk mouse, keyboard, laptop, dan smartphone memiliki bakteri 10x lebih banyak daripada toilet duduk.

Untuk itu pastikan kamu rajin membersihkan keyboard, mouse, PC, dan ruangan komputer demi kesehatan. Bersihkan setiap malam sesudah dipakai, atau setiap pagi ketika akan dipakai.
 



3. Duduk dengan Postur yang Buruk

Idealnya, duduk di depan komputer harus tegak dengan postur yang baik. Kaki menempel di lantai dengan posisi tegak 90 derajad. Monitor tepat berada di depan kita dengan keyboard diletakkan sejajar dengan lengan.

Seperti inilah postur yang baik saat menggunakan komputer.

Sayangnya mayoritas pengguna komputer duduk dengan postur yang buruk. Memang terkesan lebih enak dan santai, tetapi sebenarnya ini tidak baik bagi kesehatan. Salah satu efek paling sering terjadi akibat kebiasaan ini adalah sindrom carpal tunnel yang untuk menyembuhkannya harus dilakukan operasi. 


2. Memangku Laptop


Menggunakan laptop dengan cara dipangku cukup sering dilakukan sebagian orang. Tetapi tahukah kamu bahwa kebiasaan menggunakan laptop dengan cara dipangku bisa menyebabkan kemandulan, arthritis,bahkan juga kanker?

Panas yang dikeluarkan oleh laptop bisa mengurangi jumlah produksi sperma pria, belum lagi dipadukan dengan postur menekuk kaki dan membungkuk, resiko arthritis bakal meningkat.

Untuk itu jikalau tidak sangat terpaksa, hindari menggunakan laptop dengan cara dipangku. Letakkan laptop di meja kerja yang nyaman dan duduklah dengan postur yang baik. Jika kamu ingin lebih bersantai, gunakan meja kecil dan duduk bersimpuh atau dengan meluruskan kaki.
 



1. Begadang


Padahal menurut penelitian, begadang meningkatkan resiko terjadinya diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, melemahnya kekebalan tubuh, sulit konsentrasi, hingga melemahnya fungsi otak.

Pada intinya begadang akan merusak metabolisme tubuh. Untuk itu saya sarankan bagi kamu yang terbiasa begadang, entah itu untuk menyelesaikan pekerjaan, nge-game, atau menghabiskan jatah kuota, mulailah memikirkan dampak kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan tersebut.

Sebisa mungkin hindari begadang apapun alasannya. Kalau memang kuota internet kamu mengharuskan untuk begadang, tinggalkan saja ISP tersebut dan beralih ke ISP lain yang menyediakan akses internet tanpa batasan waktu. Kalaupun tidak bisa, cari cara untuk menyiasatinya. Jika mau, kamu bahkan bisa merelakan kuota bonus tersebut. Sayang sih memang, tetapi kesehatan kita tentunya jauh lebih mahal bukan?
 



 Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan


Sumber : kaskus / wahyuadamhusaen

0 Response to "Hentikan Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat"