HotCopas.net

Lebih teliti dan selektif dalam membeli tabung gas karena bisa berakibat fatal!



Tabung Gas 12 Kg dan 3Kg disaat ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari hari terutama untuk memasak, semenjak program konversi minyak tanah ke gas hampir semua masyarakat menggunakan tabung gas untuk memasak dirumah, di tempat usaha, dikantor, direstoran dan lain lain. Dengan tingginya angka penggunaan ini tentunya permintaan akan tabung gas 12 kg dan tabung gas 3 kg sangat tinggi, tentunya ini akan menjadi prospek bisnis/usaha yang menjanjikan karena tabung gas sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat indonesia. Banyak orang yang terjun ke usaha jual beli tabung gas baik yang berjualan secara jujur maupun OKNUM yang mengutamakan keuntungan diatas segalanya dengan melakukan cara cara pintas yang kurang pantas tanpa pernah memikirkan akibat akibat yang ditimbulkan bagi pengguna tabung gas yaitu konsumen seperti kita

Oke tanpa basa basi mari kita simak salah satu contoh kasus meledaknya tabung gas yang baru baru saja terjadi


Innalillahi, keluarga kami sedang mendapatkan musibah.
Suami saya pagi ini sedang mengganti tabung gas 12kg, awalnya saat di tes ga nyala. Suami mencoba untuk cabut pasang regulator. Saat mencoba menyalakan lagi ternyata langsung meledak.
Plafond dapur hancur, plafond lantai 2 sebagian hancur dan banyak yang retak.
Kondisi suami terlempar dan mengalami luka bakar tangan kaki, leher sampai wajah dan kepala. Sempat pingsan karena shock.
Saya yg sedang didepan TV juga terkena imbasnya, kaki terkena luka bakar.
Tetangga banyak yg datang langsung membawa suami ke RS Mitra. Alhamdulillah penanganan bagus dan cepat, tetapi dirujuk ke RSPP.
Untuk teman2, dengan banyaknya berita gas oplosan untuk lebih hati2. Jika memasang gas tidak seperti biasanya (macet, nyala nya lama, berbau atau malah ga keluar sama sekali) sebaiknya jangan diotak atik. Serahkan ke ahlinya atau lebih baik beli/tukar yang lain.
Terus terang kami sebagai konsumen saat ini merasa tidak aman. Dengan banyaknya berita seperti itu, dan kejadian yang kami alami, membuat kami merasa penanganan kejahatan terhadap tabung gas belum efektif.
Butuh berapa banyak korban lagi agar penjahat2 gas ini diberantas?
Cukup kami korban terakhir, karena saat di RSPP ternyata ada juga korban tabung gas 3kg, dengan luka bakar diwajah mencapai stadium 3.
Terima kasih kami ucapkan untuk teman, saudara dan tetangga yang sudah membantu kami melewati musibah kami, terima kasih untuk teman, saudara dan tetangga yang sudah mendoakan kesembuhan suami saya.
Semoga Allah membalas kebaikan ini dengan kebaikan yang lebih lagi, aamiinnn...


Sebelumnya mari kita doakan kepada korban supaya diberi kesembuhan dan keluarga diberi ketabahan dalam menghadapi musibah nya gan. . Back to the laptop, contoh kasus seperti diatas mungkin kita sudah pernah mendengar beberapa kali tentang meledaknya tabung gas baik ukuran 12 kg/3kg saat sedang digunakan atau ketika hendak dipasang yang tentunya akan berakibat sangat fatal bagi yang menggunakannya. Akibat yang ditimbulkan minimal luka bakar ringan bahkan hingga menyebabkan kematian, bayangkan jika orang orang yang kita cintai ternyata harus terluka akibat menggunakan tabung gas ini, tentunya agan dan aganwati tidak ingin jika orang orang yang kita cintai terluka bukan?

Salah 1 cara agar tetap aman dalam menggunakan tabung gas yaitu menggunakan tabung gas dengan benar dan tentunya tabung gas yang benar benar asli yang belum di utak atik oleh tangan tangan oknum nakal yang tidak bertanggung jawab karena sekarang modus yang dilakukan adalah mengurangi berat isi tabung gas dimana dalam proses mengurangi berat tabung gas ini pastinya ada proses pembukaan tabung oleh oknum oknum ini untuk memindahkan isi tabung gas. Yang ane yakin tentunya proses pembukaan dan pengemasan oleh oknum ini sangat tidak memenuhi SOP seperti di depot pengisian tabung gas resmi yang akan memperbesar kemungkinan faktor tabung gas mengalami kecacatan sehingga menjadi tidak layak jual/tidak layak dipakai konsumen

Untuk menghindari mendapat tabung gas oplosan, Berikut adalah cara caranya gan, check this out :




1. Sebelum membeli periksalah segel penutup gas


Untuk menghindari gas dioplos, Pertamina menerapkan aturan segel ganda pada tabung gas. Segel pertama berbentuk plastik penutup dan segel kedua berupa plastik warp. Pastikan kedua segel masih dalam kondisi baik. Pastikan tulisan yang tercetak disegel jelas dan mudah dibaca.Bila kedua segel tersebut terlihat baik, cobalah copot segel tersebut dengan tangan. Segel yang asli akan kuat merekat pada mulut tabung dan tidak akan mudah dicopot kecuali dengan cara merobek segel. Bila anda menemukan segel yang mudah copot, anda bisa curiga pada isi gas tersebut.



2. Periksa kondisi karet inner seal tabung gas


Saat di isi ulang, semua karet inner seal tabung gas wajib diganti baru. Bila Anda mendapatkan karet dalam kondisi tipis, telah mengeras, ada cacat atau malah tidak ada karet seal-nya sama sekali. Diduga keras gas yang anda beli telah disuntik.



3. Periksa berat tabung gas


Inilah cara paling ampuh, tapi butuh alat timbang untuk mengujinya. Menurut standar, berat total tabung gas 3 kg beserta isi adalah 8 kilogram. Dan berat total tabung gas 12 kg beserta isi adalah 27,2 kg. Bila kurang dari itu, dapat dipastikan gas yang anda beli telah dioplos.Perhatikan tulisan TW di tabung gas yang anda beli (tulisan berbentuk cetak permanen di leher gas. Pada bagian badan tabung biasanya juga tertulis berat kosongnya). TW singkatan dari Tare Weight, yang berarti berat kosong tabung. Jika tertulis TW 5 pada tabung gas 3 kg, maka saat ditimbang harusnya berat totalnya adalah 8 kg.Bila Anda mendapati gas yang telah dioplos, sebaiknya segera laporkan kepada Kepala Lingkungan atau Ketua RT untuk di tindak lanjuti. Kepedulian kita penting karena kejahatan ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Jangan sampai masyarakat menengah ke bawah terus menjadi korban keserakahan oknum tidak bertanggung jawab.



Ini adalah cara penggunaan tabung gas yang benar menurut Pertamina


Sayangi keluarga agan aganwati, lebih teliti dan selektif dalam membeli dan memilih tabung gas yang akan digunakan dirumah sehingga dapat mencegah hal hal yang tidak diinginkan
 

Sumber : kaskus/ smartkiller

0 Response to "Lebih teliti dan selektif dalam membeli tabung gas karena bisa berakibat fatal!"