HotCopas.net

Mau Tau Seberapa Pentingnya Berorganisasi? Masuk Sini, Gan!

Emangnya ikut organisasi itu penting ya, gan? Penting banget! Lo akan belajar banyak hal yang mungkin gak bisa lo pelajari di tempat lain. Bahkan bisa dibilang manfaat ikut kepanitiaan sangat mahal harganya. Penasaran apa aja? Cekidot!


Nambah Temen


Siapa sih yang gak mau punya banyak temen? Pastinya pada mau dong, ya. Seandainya ikut dalam organisasi, bisa dipastikan lo akan dapet kenalan baru, bisa sejenis maupun lawan jenis. Saat berorganisasi, lo akan berinteraksi dengan orang lain. Setelah itu, lo akan tau sifat dan sikapnya. Andai kata cocok, kalian akan tambah akrab dan bisa jadi kalian menjadi teman baik. Asyik kan? 



Belajar Menerima Pendapat

Ini juga gak kalah pentingnya, gan. Pada saat rapat suatu organisasi, salah satu dari lo pasti akan menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal. Di sini lo akan belajar bagaimana sikap yang benar dalam menanggapi seseorang yang sedang menyampaikan pendapat. Jangan sampai lo langsung protes padahal dia belum sempet menyelesaikan kalimatnya. Kemungkinan terburuknya adalah akan ada debat tak berujung antara lo dan dia. Lebih baik dengarkan dia selesai bicara dahulu, kalau merasa gak setuju, baru deh lo menanggapi pendapatnya. Tentunya dengan cara sopan ya. Tetap hargai pendapatnya walaupun lo gak setuju!




Belajar Membagi Waktu


Gue sering denger banyak yang gak mau ikut suatu organisasi karena gak bisa membagi waktu, entah memang karena sibuk atau males ikut serta. Menurut gue, justru dari situlah lo malah harus berorganisasi. Dengan berorganisasi, mau gak mau lo harus bisa memprioritaskan aktivitas apa yang harus lo dahulukan.

Contoh paling gampang adalah ikut serta dalam panitia acara sekolah. Lo harus bisa membagi waktu kapan mau bekerja dan kapan mau belajar. Tentunya, lo gak bisa bekerja dan belajar di waktu yang sama. Gue sarankan untuk fokus pada satu hal supaya konsentrasi kita gak terbelah. Time management itu penting banget, lho.





Melatih Kecakapan Berbicara


Dalam berorganisasi, gak mungkin lo hanya diam seperti patung. Ada saatnya lo harus berinteraksi satu sama lain. Nah, untuk lo yang pendiam atau malu berbicara di depan umum, gue sarankan untuk ikut serta berorganisasi. Secara gak langsung, kemampuan berbicara lo akan terasah. Semakin sering berbicara di depan umum, pastinya kecakapan berbicara lo akan bertambah. Cobalah keluar dari zona nyaman dengan ikut kepanitiaan



Belajar Bertanggung Jawab

Saat lo menjadi panitia sebuah acara, bisa dikatakan acara tersebut menjadi tanggung jawab semua panitia. Seandainya lo membuat kesalahan, jangan sampai lo malah berbohong karena takut kena hukumannya. Lo harus bertanggungjawab dengan apa yang udah lo lakukan. Kalo lo tetap berbohong, seluruh panitia bisa terkena imbasnya. Saat berorganisasi, semua panitia itu satu. Jangan ada yang saling menyalahkan satu sama lain. Maka dari itu, lebih baik kalian saling membantu di dalam kepanitiaan apa pun. Asal lo tau, gak semua orang di dunia ini mau bertanggungjawab, lho. Jadilah pribadi yang dewasa dengan belajar punya rasa tanggung jawab




Memotivasi Diri untuk Bekerja Keras

Seseorang yang sukses pasti dulunya telah bekerja keras hingga memperoleh hasilnya. Bekerja keras bisa dibilang salah satu aktivitas yang sulit dilakukan di masa sekarang. Banyak orang yang hanya malas-malasan dan maunya serba instant. Dengan berorganisasi, lo akan dilatih untuk bekerja keras sebagaimana mestinya. Kalo ingin acara lo sukses, pastinya panitia gak bisa bekerja seenaknya sendiri, bisa-bisa yang ada malah kegagalan.

Terus caranya gimana? Salah satunya ya dengan bekerja keras. Oiya, sebelum pada salah paham, bekerja keras bukan berarti kita memaksakan kehendak untuk bekerja terus-menerus. Tetap ada batasan tertentu supaya tubuh lo bisa beristirahat. Bekerja keras pasti melelahkan, tapi coba liat hasilnya deh. Kalo semua panitia bekerja keras, gue yakin acara akan berjalan sesuai rencana. Kerja keras tak akan mengkhianati kok!




Terkenal


Poin yang ini sebenernya hanya bonus aja. Semakin sering ikut serta organisasi, semakin banyak pula orang yang mengenal lo. Apalagi kalo lo juga menguasai bidang akademik, gue jamin lo akan jadi bahan pembicaraan deh. Seseorang yang pintar dalam akademik dan sosialisasi itu sangat jarang lho. Tertarik untuk masuk ke kategori "jarang" itu? Coba dulu deh


Gimana? Tertarik untuk berorganisasi? Pesan dari gue, cobalah untuk keluar dari zona nyaman lo, khususnya untuk anak muda. Cobalah ikut kepanitiaan di mana lo akan dihadapkan untuk bekerja bersama orang lain. Efeknya mungkin gak akan lo dapat secara langsung, tapi pastinya akan berguna untuk masa depan lo kelak. Jangan sampai menyesal di kemudian hari, gan!


Sumber : kaskus / kingenzo

0 Response to "Mau Tau Seberapa Pentingnya Berorganisasi? Masuk Sini, Gan!"