HotCopas.net

Mindset : Life is a Game

catatan : ane hanya sekedar share mindset yang ane pahami dan nyaman untuk ane. Ane tidak bermaksud memaksakan hal ini ke agan agan.

Banyak yang bertanya apa sih hidup itu ?
Banyak yang menjawab "hidup adalah perjuangan"
Sebagian menjawab "hidup adalah kerja keras"
Ada juga yang bilang "hidup adalah belajar"
Tak jarang yang bilang "hidup adalah pilihan"  

Ya, tidak ada yang salah dengan definisi tentang hidup yang ane tuliskan di atas. Namun jika di telaah, definisi tentang hidup di atas menggambarkan bahwa hidup itu seolah olah keras dan sulit untuk dinikmati. Jika menganggap bahwa hidup itu adalah perjuangan, kelak di saat perjuangan kita membuahkan hasil maka akan ada perjuangan lainnya yang akan menunggu kita, seperti sinetron yang nasib protagonisnya selalu berjuang di di setiap episode. Sangat melelahkan bukan?

Life is a Game 

Dari semua definisi tentang hidup, ane lebih suka memaknai hidup sebagai permainan atau mindset life is a game.
Di era teknologi informasi jaman sekarang ini, tentu hampir setiap orang pernah merasakan bermain video game. Bagaimanakah perasaan agan saat bermain game di smart phone agan? tentunya seru dan menantang bukan ?. Di saat kita gagal mencapai level yang kita inginkan apakah kita frustasi atau stress ? bisa saja sih, tapi jarang sekali bukan. Yang ada kita malah nothing to lose, peduli amat, yang penting seru dan kalo kalah kita bisa main lagi dari awal, dan menikmati setiap permainan di moment hidup kita.

Midset life is a game, bukan berarti mempermainkan hidup, tapi memainkan hidup kita, layaknya karakter yang ada di dalam video game. Dalam setiap video game tentu ada hasil yang kita capai, misalnya scrore tertinggi, level tertinggi dsb. Mindset life is a game juga tidak terlepas dari yang namanya score dan level. Saat kita memasukan mindset life is a game ke dalam hidup agan, dalam setiap pencapaian level hidup, agan akan merasa seru dan menikmatinya. Tentukan level tertinggi yang akan agan capai, misalnya menghajikan orang tua, beramal sebanyak banyaknya, membahagiakan istri atau suami, Dll. Kalo ane sih, pengen punya harta yang bermanfaat buat orang lain walaupun setelah ane game over (meninggal), misalnya tanah wakaf yang dibangun untuk mesjid atau panti asuhan.


 Mungkin agan pernah menonton film The Billionaire. Film yang diangkat dari kisah nyata, yang menceritakan tentang anak muda bernama Top Ittipat yang sukses di dunia game online, dan sukses pula membangun bisnis di dunia nyata. Ane menilai bahwa Top Ittipat secara tidak sadar telah memasukan midset bahwa hidup ini seperti video game, dia menikmati setiap level hidupnya. Level tertinggi yang ingin dicapai oleh Top Ittipat pada waktu itu adalah membebaskan ayahnya yang memiliki hutang pulihan miliar rupiah. Dan ternyata Top berhasil mencapai level tersebut bahkan melebihinya.


"Saat ane gagal dan merasa down, ane inget bahwa hidup adalah permainan, seketika itu juga ane merasa semangat lagi"
" Life is a game, dont be serious, just play it, enjoy it, and gather highest score"
 


Sumber : kaskus / bebek3000

0 Response to "Mindset : Life is a Game"