HotCopas.net

BALADA JADI ORANG PENDIAM

MUKADIMAH

Halo agan agan yang saya cintai dan hormati! Bagaimana hari harinya? Susah? Seneng? Capek? Yang pasti sekarang agan lagi ngaskusan untuk melepas penat dari urusan keduniawian agan kan? Di thread ini sendiri TS akan curhat kepada para pembaca tentang sebuah balada hidup para orang pendiam. Agan pasti kenal kan siapa orang yang pendiam di lingkungan agan? Atau justru aganlah sang orang pendiam tersebut? Banyak artikel yang menyatakan kelebihan menjadi orang pendiam, namun bagi ane kerugian daripada menjadi orang pendiam itu jauh lebih banyak ketimbang untungnya gan! TS sendiri disini akan bercerita sesuai dengan pengalaman ane sebagai orang yang dicap pendiam, sekaligus observasi dan curahan hati yang menumpuk selama ini terhadap situasi yang terjadi kepada para orang orang yang dicap pendiam.

Ane tidak bermaksud men cap negatif kelompok orang pendiam lho..! Karena TS sendiri juga orang pendiam yang butuh tempat curhat. Daripada berlama lama yuk kita mulai!



Semua yang TS tulis 100 % dari hasil pemikiran TS yang berbentuk curhatan ini. Jikalau ada thread lain yang serupa, TS tidak bermaksud memplagiat thread tersebut dan kesamaan kesamaan yang terjadi bersifat tidak disengaja

BALADA JADI ORANG PENDIAM



1. DICAP SEBAGAI ORANG PINTAR


Oke mungkin disini agan akan bertanya, apa sih gak enaknya dicap jadi orang pintar? TS jelasin nih ya, stigma orang pendiam itu pasti kutu buku dan pintar sudah melekat pada masyarakat luas dan khalayak umum. Kesimpulan dangkalnya “orang pendiam itu biasanya pintar” masalahnya? Tidak semua orang pendiam itu pintar!
Terkadang ada beberapa situasi sulit ketika kamu dicap sebagai orang yang pintar. Seperti disekolah agan akan dicap sudah paham akan materi tertentu padahal agan butuh bantuan karena belum paham. Atau agan diekspetasikan menjelaskan sesuatu materi didepan umum padahal agan sendiri sangat belum paham terhadap materi tersebut. Mungkin agan agan yang pendiam pasti tau betapa canggungnya situasi seperti ini, situasi dimana agan diharapkan dan diekspetasikan lebih namun yang terjadi sebaliknya “mengecewakan”.




2. DIKIRA SOMBONG


TS yakin banyak sekali orang pendiam yang dicap sombong dan anti sosial. Terkadang hal ini sangat sulit untuk dihadapi karena orang pendiam jarang bergaul dan berbasa basi didepan umum. Hal yang sering terjadi pada ahkirnya ialah agan dicap sebagai orang yang sombong. Beberapa situasi yang TS yakin pernah agan alami adalah ketika agan berpasan dengan orang yang agan kurang kenal di sebuah lorong. Terkadang sebagai seorang yang pendiam rasa malu dan takut kita menjulang dan pada ahkirnya kita tak sampai hati menyapa orang tersebut karena malu yang pada ahkirnya si agan akan dicap sebagai orang yang “sombong”



3. TERTEKAN DI EVENT SOSIAL


Pernah bingung ngomong apa di suatu acara sosial sampai agan sendiri tertekan? Mungkin agan adalah salah satu dari tipe orang yang pendiam! Agan tak punya topik, tak pandai berbasa basi dan tak punya kenalan, habislah agan! Terkadang melucu dan berbasa basi akan mudah dilakukan kalau agan adalah orang yang supel. Tapi bagi orang yang aslinya pendiam situasi seperti ini akan berat dan penuh tekanan.



4. TAK PUNYA KONEKSI

Sulitnya agan bergaul dalam lingkungan yang ahkirnya berbuntut pada sedikitnya teman yang agan punya akan menimbulkan problem lain dalam hidup agan yaitu “tak punya koneksi”. Mungkin bagi agan yang duduk di bangku sekolah masih belum terlalu mengalami dampak akan hal ini, namun didunia kerja orang yang koneksinya sedikit pasti cukup sulit dapat kerja. Mungkin di negara barat yang sekuler dan individualistis koneksi tak begitu vital. Namun dinegara sosialis semacam Indonesia kalau agan tak punya koneksi maka agan akan sulit melakukan apapun! Hal semacam ini harus agan perjuangkan entah caranya gimana, yang pasti akan sangat sulit jika agan adalah orang yang pendiam.



5. SULIT DAPAT JODOH


Dijaman ini jodoh adalah suatu hal yang nampaknya musti dimilki. Mungkin agan agan stres karena tekanan lingkungan keluarga dan teman yang selalu menanyakan “dimana pacarmu?”. Sebagai orang yang supel mungkin dengan kepedean dan kegokilan agan akan cukup mudah mencari jodoh, namun bagaimana dengan orang pendiam yang notabene berbicara dengan sesama jenisnya saja sudah terbata bata? Dengan sedikitnya koneksi, teman dan terbatasnya skill berbicara mungkin agan akan menemukan tantangan yang luar biasa besar dihadapan agan. Ane sendiri mengalami hal serupa. Namun TS yakin kalau agan berusaha pasti agan akan sanggup mendapatkan jodoh yang sesuai dengan kepribadian agan, amin!



6. RENTAN DEPRESI


Punya masalah? Unek unek? Gampang! Tinggal curhat ke teman terdekat agan dan pasti semuanya akan lebih ringan. Namun semua orang pendiam tak seberuntung itu. Kalau agan beruntung sebagai orang pendiam, maka agan akan menemukan satu teman yang sangat dekat dan klop dengan agan yang pastinya siap saling membantu saat ada masalah yang datang. Tetapi, bagaimana jika ada orang pendiam yang sama sekal tak punya teman? Ada to gan yang kayak gitu? ADA

Dan pastinya tanpa teman pasti agan akan sangat mudah jatuh dalam lubang depresi. Beberapa orang yang tak punya sandaran tempat untuk curhat melakukan hal positif seperti membuat puisi, menggambar, berolahraga dan menulis seperti yang TS lakukan di thread ini, namun bagaimana jika hal yang dilakukan orang tersebut ialah hal negatif? Agan tau kan beberapa pola dalam pembunuhan dimana si pembunuh biasanya dikenal “baik dan pendiam” di lingkungan masyarakatnya? Serius agan perlu hati hati untuk yang satu ini, cukup banyak kasus pembunuhan, mutilasi, masoksime, pedofilia yang diawali oleh kurangnya perhatian terhadap si indvidu tersebut ketika depresi menyerangnya. Jadi ayo kawal dan awasi lingkungan sekitar agan (termasuk diri agan sendiri), sebelum hal hal yang buruk terjadi!




7. SULIT BERADAPTASI


Pernahkah agan pindah ke lingkupan kerja atau sekolah baru? TS yakin setiap orang pasti pernah. Sebagai orang pendiam TS yakin pasti sangat sulit untuk masuk ke lingkungan yang baru karena faktor faktor pribadi agan. Hal ini akan membuat agan tertinggal dibanding sahabat sahabat agan yang lain menyebabkan agan kesulitan untuk beradaptasi di lingkungan tersebut.




KESIMPULAN


Terkadang TS sendiri ingin dilahirkan kembali sebagai orang yang ekstrovert, orang yang supel dan orang yang mudah bergaul. Pernahkan agan merasa begitu? Pernahkah agan merasa benci pada pribadi agan sendiri? Tapi, hey apagunanya bersedih ria. TS yakin beberapa pembaca mungkin mengalami hal yang serupa atau bahkan lebih parah daripada yang TS jabarkan diatas. TS hanya bisa berdoa bagi orang orang yang bergumul dengan masalah diatas tadi agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepanya

Sumber : Kaskus / bernardevan

0 Response to "BALADA JADI ORANG PENDIAM"