HotCopas.net

Peta Pikiran Programmer

Salam kenal gan, ane seorang programmer freelance. Ide Peta Programmer ini muncul saat ane lagi bengong karena lagi gak punya proyek, nah tiba-tiba muncul ide untuk membuat peta pikiran yang berguna agar tetap semangat dan produktif sambil menunggu datangnya proyek. Mungkin peta ini bisa berguna untuk agan-agan lain yang juga freelance ataupun bekerja tetap.





 Peta Programmer


Penjelasan Peta




Zona Berburu 
Zona Berburu

Disinilah kita mencari proyek gan, disinilah sebagian besar dari kita mengadu nasib. Di penerapan nyatanya zona berburu ini berupa situs-situs lelang proyek. Ini situs-situs yang bisa dijadikan tempat berburu proyek.


 1.  Freelancer Dot Com


Sebagian dari agan pasti udah tahu yah situs ini untuk lelang proyek. Enaknya di situs ini tersedia bahasa indonesia dan proyek-proyek dari Indonesia. Gak enaknya di situs ini kita harus saingan dengan orang di negara lain gan. Tapi kalau portfolio agan bagus ya gak ada salahnya nyoba disini


2. Sribulancer  


Kalau di situs sebelumnya kita bersaing dengan dunia luar, disini kita bisa temuin calon-calon klien yang punya pekerjaan yang gak kalah serunya. Tentunya dengan saingan yang gak kalah banyaknya hehe. Sekali lagi, yang paling awal nentuin portfolio gan karena pengalaman pribadi ane bisa dapat proyek karena portfolionya. Terus kalau portfolionya masih sepi gimana? Tenang gan, akan kita bahas tentang Gunung Asahan yang ada di Peta Programmernya. Sabar dulu.



3. Projects.co.id




Disini sama seperti situs sribulancer isinya proyek-proyek lokal dan saingan-saingan lokal. Tentu ada perbedaan diantara keduanya. Apakah itu silahkan coba cari sendiri atau kalau ada agan yang mau ikut nambahin silahkan.

Nah itulah situs-situs untuk tempat berburu proyek, kalau agan punya info situs lain silahkan kasih di komentar nanti saya masukin pegiwan. Seperti halnya berburu di hutan, kita bukan hanya bisa memburu hewan tapi juga bisa memburu pemburu lain, dalam artian di situs-situs diatas adalah menjelek-jelekan profil freelancer lain atau mengancamnya agar tidak menerima proyek yang ditawarkan kepadanya, tetapi janganlah melakukan itu, mari kita menjadi freelancer yang profesional dan tidak takut bermain jujur




 2. Gunung Asahan



Seperti halnya pemburu benaran, tidak mungkin pergi berburu tanpa senjata, kecuali kalau dia muridnya Maddog gan, biar greget 

Senjata-senjata apa yang harus kita persiapkan untuk memancing ketertarikan calon klien?

1) Produk-produk dummy

Entah apa bahasa yang agan gunakan, kalau ane nyebutnya "produk dummy". Yakni produk-produk yang kita buat di saat tidak memiliki proyek, bagi yang memiliki blog mungkin sering membuat produk dummy untuk kemudian dishare melalui blognya seperti ane. Nah kalau agan lagi gak punya proyek, jangan bengong gan, coba buat produk-produk yang sederhana ajah tapi bisa dipakai dan jelas dari desain UInya walaupun simpel. Walaupun gak ada yang bayar, tapi ada dua keuntungan yang bisa didapatkan.

1.1) Mendatangkan klien

Ini pengalaman pribadi. Ane pernah membuat software web based yang menangkap gambar webcam di komputer, nah kemudian ane share lah secara gratis di blog, beberapa bulan kemudian ane dapat email dari orang yang sudah mencoba software webcam itu dan membutuhkan jasa ane untuk membuatkan software yang desktop based. Nah setelah deal-deal harga maka dapetlah ane proyek itu. Lumayan kan gan hehe.

1.2) Bahan Portfolio

Coba deh agan tengok freelancer fotografer, meskipun gak ada yang bayar tetap aja mereka hunting foto sana sini bahkan pindah-pindah daerah gan ckckck, untuk apa? untuk ngisi portfolio mereka supaya calon-calon klien bisa memeriksa apakah skill mereka cukup untuk penjepretan yang dibutuhkan.

Nah kita sebagai programmer juga harus begitu, kalau ane rasa gak banyak bedanya kok, sama-sama capek iya, cuman bedanya mereka capek-capek diluar pindah pindah sedangkan kita capek-capek mikir supaya softwarenya jalan dan desainnya bagus. Tapi tujuan akhirnya sama, supaya portofolionya cukup meyakinkan.


2) Penghargaan

Ya mungkin diantara agan udah level dewa skillnya sehingga gak perlu pamer-pamer penghargaan lah. Tapi ini tidak bisa dihilangkan dari senjata yang dibutuhkan dalam memburu proyek di "Zona Berburu". Penghargaan bisa didapat dengan cara mengikuti kursus ataupun lomba. Dengan banyaknya penghargaan, klien bisa tahu kalau kita ini manusia benaran (bukan bot,bukan penipu).

Gak harus penghargaan sih gan karena takutnya agan langsung mikir "Ah harus jadi juara donk? boro boreng deh juara peserta nya ajah canggih-canggih gitu", bisa diganti dengan sertifikat keikut-sertaan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bidang yang agan tekuni. Yang penting klien tahu kalau agan ini benar-benar ada orangnya. Bukan hanya sebuah nama dalam sebuah akun.

3) Surat Penawaran

Kalau di kaskus kita bisa pakai bahasa santai gan asal sopan, negur loe goe juga gapapa. Nah kalau di surat penawaran jasa gak mungkin kan pakai bahasa gitu apalagi bahasa alay gan, g4k b4k41 k3tr1m4 wkwkwk yang ada bikin 

Nah mending siapin kumpulan surat-surat penawaran gan karena bisa jadi beda proyek tapi kliennya sama, kalau lihat tata bahasa penawarannya sama kan bisa dibilang agan males ngetik ulang.

Surat penawaran ini digabung dengan portfolio dan penghargaan, klop markotop deh bisa ningkatin kesempatan agan dipanggil sama calon kliennya



3. Kuil Koding


Untuk berburu proyek, butuh senjata, untuk membuat senjata, butuh pengetahuan, nah bagaimana cara mendapatkannya? Agan harus mengunjungi kuil koding. Di tempat inilah tersedia kelas-kelas untuk mempelajari hal teknis maupun teoritis.


1) Mbah Google

Dari ane SMP sampai sekarang kuliah sebutannya kebanyakan Mbah Google atau Eyang Google. Karena banyaknya pengajar lain di dalam 'kuil koding' maka dia tempat yang pas untuk ditanyakan arah. Misal agan mau belajar teknik looping, tanya ke mbah google, nanti agan diarahkan ke kelas yang mengajarkan teknik looping. Bisa dibilang dialah penjaga Kuil Koding gan, kalau gak ada dia, agan bisa nyasar.



2) W3 School






Untuk pelajaran seputar web development, disinilah tempatnya. Disediakan teori, skrip dan runtime di browsernya.


3) Stack Overflow





Cara orang belajar itu macam-macam, ada yang praktik teori dan ada juga yang belajar langsung dari masalah-masalah yang ada atau istilahnya studi kasus lah. Nah disitus Stack Overflow agan akan nemuin beragam problem baik yang sudah dipecahkan ataupun belum, kalau ane sendiri lebih suka belajar disini gan lumayan nambah teknik-teknik baru yang gak kepikiran sebelumnya.

Gunung Asahan

4) Code Fight


Pada sekolah silat, tentu lawannya bukan hanya boneka kayu tetapi juga murid lain. Begitu juga dengan situs ini gan, agan bisa berlatih kemampuan algoritma dan pengetahuan bahasa pemrograman dengan cara memecahkan masalah-masalah yang disediakan dalam waktu yang dibatasi, agan bahkan bisa bersaing dengan member lain untuk beradu cepat gan karena disini semakin cepat maka bisa dibilang semakin hebat kemampuan agan, meskipun gak nentu juga sih hehe.



 4. Desa Programmer

Disinilah para programmer bertempat tinggal. Disinilah mereka mengolah hasil buruan (proyek) menjadi hasil jadi(proyek selesai) untuk ditukar dengan uang agar bisa menghidupi diri. Bagi mereka yang malas, mereka jarang keluar gan, malah menghabiskan waktunya dengan bersantai, menonton film dan bermain game. Bagi mereka yang rajin, mereka jarang berada disini gan, mereka malah sering keluyuran ke 'kuil koding' dan ke 'gunung asahan' untuk mempersiapkan mental dan kemampuannya berburu hingga akhirnya mati-matian berburu di 'zona berburu' dan tidak akan pulang sebelum mendapatkan hasil buruan.

Semoga Peta Programmer ini berguna untuk agan agar tahu sedang dimana posisi agan berada, apakah sedang berburu mendapatkan proyek, sedang belajar dan berlatih dengan murid lain, sedang ngoprek untuk menambah portofolio atau bahkan, sedang ongkang-ongkang kaki depan komputer sambil nyemil dan main game hingga lupa tugas sejatinya sebagai programmer.

Sekian share dari ane, terimakasih

Sumber : Kaskus / tasmaniatasboy

0 Response to "Peta Pikiran Programmer"