HotCopas.net

Ragam "Warna Kulit" Orang Indonesia

Halo agan yang lagi ngaso, semedi di toilet, ngopi dirumah tetangga, tiduran di sofa, ngitungin bintang, ngrokok diteras, kerja, ngejar deadline, dan lagi lagi lainnyaa~
 
 Ane kali ini mau ngebahas tentang keragaman “warna kulit” Indonesia. Tapi bukan secara harfiah yg berarti kulit sawo matang, kulit putih langsat, atau warna2 kulit seperti itu. Melainkan keragaman masyarakatnya.







Kebayang kan? Indonesia itu LUASS BANGET. Ribuan pulau berserak dari Sabang sampai Merauke dah pokoknya. Ratusan suku dan bahasa daerah berserakan juga diantara pulau2 tersebut. 





Ratusan juta kepala masyarakat Indonesia, mulai dari yang berisi, sampe yang hampir penuh, ADA. Dari yang bisa nyiptain pesawat, sampai yang bikin huru-hara antar RT, ADA semuaa.



Kebayang kan? Ragam warna warni di Indonesia, apalagi dalam menanggapi satu masalah. Ambil contoh yg paling simpel gan. Pemilihan capres kemaren. Ane ngakak aja, semenjak itu, seolah disini kebelah2 gan. Ada yg katanya nastak lah, nasbung lah, ane gak ngerti wkwkwk. Pdahal sebelum ada begituan, asik2 aja, tetap berkembang pola pikir, namun dengan jalan yg lebih adem ayem. Ya memang, tidak ada salahnya ada kubu2an seperti itu, asal bisa bikin Indonesia lebih positif deh. 



Gak muluk2 keinginan ane gan, ente cukup perbaiki diri sendiri. Biarlah ente gak bisa berbuat banyak demi lingkungan, tpi minimal, jangan berbuat kehancuran dan kerusakan deh.
Ane pernah baca disalah satu buku hasil karangan komika tanah air, ente pasti tau gan. Doi bilang, perbedaan ada bukan untuk disatukan, tapi untuk bersatu.


Ente gak bisa maksa orang lain utk ikut apa kata ente gan, tpi ente bisa ajak doi kerjasama dalam pembangunan. Dengan adanya org yg kontra dengan agan, justru bikin stimulus terhadap keberhasilan dan pikiran “out of the box” jadi makin kental. Sekali lagi ane tekankan, tak peduli warna kulit ente sawo mateng, sawo mentah, kuning, kulit putih langsat, putih pucat, semua sama gan, INDONESIA.
  
Satu lagi contoh nyata, Indo***et dan Alpa***t aja deketan dimana2, samping2an, hadap2an. Justru menurut ane bagus2 aja, mereka jadi berlomba2 bikin fasilitas dan pelayanan yg lebih baik agar customer milih mereka. 




TAPI yang perlu diinget, tanpa kita, rakyat itu sendiri, yang ngejaga, tentu perbedaan tersebut juga memiliki potensi luar biasa besar terhadap kehancuran gan. Makanya, udh tugas kita ngejaga, mulai dari dari sendiri aja, mampu beretika yg baik, dan memiliki pengetahuan luas.





INGAT gan, warna kulit emg beda2. Sawo mateng, sawo mentah, kuning, kulit putih langsat, putih pucat, semua sama gan, INDONESIA.
BAYANGKAN, Indonesia, dengan negara yang populasinya terbesar ke-4 di DUNIA, memiliki rakyat dengan keinginan kuat yang sama, yaitu MEMBANGUN Indonesia kearah yang lebih baik. Kan ajib gannnn.





Okedeh, maaf rada panjang dan ngebosenin gan hahahaa.
  Ane Cuma pengen sharing opini, bahwa potensi terhadap persatuan di Indonesia itu sebenernya gede bgt, dan kita bisa jadi bangsa yang kuat, mandiri, dan bersahaja. Pemerintah gabakal bisa ngemajuin negara ini tanpa andil dari masyarakatnya pula. Lama memang, tapi bersabarlah, buahnya bakal manis kok. Kadang ditengah jalan emang ada oknum pemerintahan yang nyeleweng, maka dari itu dibutuhkan sikap kritis rakyatnya pula gan. Kritis bertanggung jawab.


Sumber : kaskus / burgaholic

0 Response to " Ragam "Warna Kulit" Orang Indonesia"