HotCopas.net

Serba-Serbi Dibalik Kemerdekaan Kita 17-08-1945


Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita


Itulah lirik lagu "Hari Merdeka" karya H. Mutahar yang digubah beliau pada 1946. Lagu nasional yang sempat dinyanyikan pula oleh grup band Cokelat ini telah menjadi lagu yang selalu dinyanyikan saban 17 Agustus tiba. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, meskipun Belanda baru mengakui adanya negara bernama Indonesia di bekas wilayah koloninya tersebut pada 27 Desember 1949. Kali ini saya akan membahas serba-serbi kemerdekaan Indonesia khususnya mengenai tanggal kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.



#1


Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada hari Jumat Legi.


#2 


Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan pada pukul 10.10 waktu Jawa. Seandainya waktu itu dipergunakan zona waktu UTC+7.00 atau Waktu Indonesia Barat seperti sekarang, peristiwa proklamasi terjadi pada pukul 08.10 WIB atau 08.40 waktu Jawa zaman Belanda. Waktu di Jawa waktu itu 1,5 jam lebih cepat daripada sebelumnya karena Indonesia, seperti halnya negeri jajahan Jepang lainnya di Asia Timur dan Tenggara, dipaksa mengikuti zona waktu Jepang(Japan Standard Time/JST)yaitu GMT+9.00(sekarang UTC+9.00)sebagai bagian dari pembentukan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya. Sebelumnya pada zaman Belanda, Jawa berada di zona waktu GMT+7.30. JST digunakan di Jawa sampai 16 September 1945.



#3 

Tanggal kemerdekaan Indonesia bila dinyatakan dalam kalender lain adalah sebagai berikut.
Kalender Hijriah : 9 Ramadan 1364 H
Kalender Jawa : 9 Pasa 1876
Kalender Imlek : 10 Cit Gwee 2496 (Tahun Ayam Kayu atau Yi You)
Kalender Ibrani : 8 Elul 5705
Julian Day : 2431685
Kalender Julian : 4 Agustus 1945
Kalender Surya Thailand : 17 Singhakom 2488 B.E.



#4


Bila kita menggunakan patokan tanggal kemerdekaan Indonesia berdasarkan kalender Hijriah, maka pada 26 Juni 2015 lalu yang bertepatan dengan 9 Ramadan 1436 H, Indonesia sudah merdeka 72 tahun.



 #5
 

Indonesia adalah negara pertama yang merdeka setelah Perang Dunia II berakhir secara de facto. Kemerdekaan Indonesia terjadi hanya 2 hari setelah Kaisar Hirohito mengumumkan bahwa Kekaisaran Agung Jepang atau Dai Nippon Teikoku menyerah kepada Sekutu. Perang Dunia II berakhir secara de jure atau resmi pada 2 September 1945 saat Instrumen Penyerahan Tanpa Syarat Jepang ditandatangani kedua belah pihak di atas kapal USS Missouri di Teluk Tokyo.






#6


Selain Indonesia, sebuah negara di Afrika yaitu Gabon juga merayakan kemerdekaan saban tanggal 17 Agustus. Gabon merdeka dari Prancis tepat 15 tahun setelah Indonesia, yaitu pada 17 Agustus 1960.



#7

Selain Indonesia, negara-negara lain di Asia yang juga dijajah Jepang seperti Malaya, Filipina, Vietnam, Korea, dan Cina juga lepas dari cengkeraman Jepang pada 1945. Namun, negara-negara tersebut tidak "seberuntung" Indonesia kala itu. Negara-negara itu sebagian ada yang kembali tercabik dalam perang saudara, dijajah kembali atau berperang dengan penjajahnya yang kembali, atau terpecah menjadi beberapa negara. Malaya kembali dijajah Inggris setelah Perang Dunia II dan baru merdeka pada 31 Agustus 1957. Filipina kembali berada di bawah kekuasaan Amerika Serikat dan merdeka pada 4 Juli 1946. Vietnam menyatakan kemerdekaannya pada 2 September 1945 namun harus menghadapi Prancis hingga 1954 kemudian tercabik perang saudara dan terpecah menjadi 2 negara selama 21 tahun hingga benar-benar lahir sebagai sebuah republik pada 2 Juli 1976. Korea dibebaskan setelah 35 tahun berada di bawah kekuasaan Jepang. Korea berada di bawah administrasi PBB : Uni Soviet mengurus bagian utara sementara Amerika Serikat mengurus bagian selatan. Bagian utara menjadi Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara pada 9 September 1948, sementara bagian selatan menjadi Republik Korea atau Korea Selatan pada 15 Agustus 1948. Kedua Korea sempat berperang antara 1950 dan 1953. Sementara Cina melanjutkan perang antara kelompok komunis pimpinan Mao Zedong dan kelompok nasionalis pimpinan Chiang Kaisek. Kelompok nasionalis kalah, melarikan diri ke pulau Formosa, dan membentuk Taiwan, sementara kelompok komunis mendirikan Republik Rakyat Cina pada 1 Oktober 1949.      Marilah kita bersyukur bahwa kita sebagai bangsa Indonesia sampai saat ini, walau begitu banyak perbedaan, walau telah diterjang krisis ekonomi dan politik berkali-kali, walau kondisi kehidupan sebagian besar rakyatnya masih jauh dari kata sejahtera, masih tetap utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ingat bahwa mengisi dan mempertahankan kemerdekaan lebih sulit daripada merebutnya dari penjajah. Terima kasih atas kunjungan agan-agan semua ke threadane yang sederhana ini. Bila ada kesalahan atau kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan karena ane hanyalah manusia biasa. Terima kasih dan semoga hari agan menyenangkan. 

Sumber : kaskus / gilbertagung

0 Response to "Serba-Serbi Dibalik Kemerdekaan Kita 17-08-1945"