HotCopas.net

Simak 6 Hasil Karya Industri Manufacturing Yang Lahir Dari Semangat Inovasi

INTRO
Kembali bersama ane yang selalu hadir menyapa seluruh penghuni jagad raya Kaskus, kali ini ane bakalan berbagi inpoh dari dunia industri manufacturingyaitu tentang sederet karya yang telah dihasilkan dari teknologi Industri Manufacturing. Untuk sekarang ini inovasi adalah hal yang terpenting dalam menghadapi perkembangan dunia teknologi yang semakin maju pesat, terlebih lagi era industri internet sekarang ini menuntut agan untuk tetap berinovasi sehingga bisa jadi sukses cetar membahana.
 Kuncinya Adalah Semangat Inovasi 

Terkadang setelah agan mengalami kegagalan, mungkin agan berasa kurang semangat alias Down!, nah untuk menggapai sukses tentu tidaklah mudah, Agan harus tetap mengembangkan inovasi dan tetap bersemangat bereksperimen ide-ide baru. Apapun bidang yang agan geluti mulai dari industry kreatif sampai dengan industry manufaktur harus tetap mengedepankan inovasi agar tetap bisa melahirkan ide ide yang segar. 


Gimana cara berinovasi ?

Agan dapat mendapatkannya dengan banyak belajar, berkolaborasi, berbagi pengalaman dengan orang lain atau mungkin dengan ikutan rangkaian workshop dan sesi meetup di acara GE Garage yang yang tentu bakal memberikan pengetahuan dan pengalaman baru, sehingga agan dapat mengembangkan ide-ide yang bisa dijadikan untuk berinovasi.

 Karya ini Lahir Dari Semangat Inovasi

Perkembangan teknologi sekarang ini memiliki andil yang besar dan berujung menuntut setiap agan agar tetap mengembangkan semangat kreatifitas dan inovasi, dan dibawah ini adalah beberapa hasil karya industri manufacturing yang lahir dari selalu mengembangkan inovasi, diantaranya :

1. Braket Mesin Jet

Dua braket mesin jet yang terbuat dari paduan titanium ini terbuat dari teknologi 3D Printing yang dikembangkan di pusat Additive Manufacturing GE Aviation di Cincinnati dan telah berkali-kali diuji coba di GE Global Research Center, Niskayuna, pada bulan Desember lalu. Penemuan teknologi braket mesin jet ini ini dirancang oleh seorang teknisi asal Salatiga,Indonesia, M. Arie Kurniawan. Hasil rancangan agan Arie ini memiliki kombinasi tingkat stiffness dan lightweight yang sangat baik. Berat braket asli adalah 2.033 gram (4,48 pon), tetapi agan Kurniawan bisa mengurangi beratnya hampir 84 persen sampai menjadi hanya 327 gram (0,72 pon). Karena terobosan inovasi teknologi tersebut, agan Kurniawan berhasil ditunjuk sebagai pemenang utama di antara 10 finalis di ajang Open Innovation Challenge yang diadakan oleh GE di tingkat internasional pada tahun 2013. Amazing Kan, gan ?
 


2. Lampu Jalan Berteknologi Intelligent LED


Lampu jalanan baru yang berteknologi “intelligent” LED yang dikombinasikan dengan sensor dan cloud analytics nggak lama lagi bakal mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang cerdas, efisien dan hemat biaya maupun waktu.
 



3. Pabrik Multi-Produk Brilian di Pune, India


Nah Kalau yang satu ini bukan hanya teknologi yang diproduksi, tapi pabriknya nggak kalah keren Gan!. GE baru saja membangun sebuah “pabrik brilian” yang dapat memproduksi berbagai macam produk, dari mulai suku cadang mesin jet hingga komponen lokomotif, untuk empat unit bisnis GE yang berbeda, semuanya diproduksi dalam satu atap untuk pertama kalinya. Pabrik ini berlokasi di Pune, India. Ini pertama kalinya konsep yang GE sebut sebagai “pabrik brilian” berhasil diaplikasikan, di mana ekuipmen pabrik dan komputer berinteraksi secara real time dengan Industrial Internet; berbagi informasi; dan mengambil keputusan guna memelihara kualitas produksi dan menghindari downtime. Di pabrik seperti ini, berbagai lini produksi terhubung secara digital untuk menyuplai, merawat dan mendistribusi jaringan guna mempertahankan kualitas produksi yang optimal.


4. Suku Cadang Mesin Jet


Pesawat Airbus A320neo yang menggunakan mesin LEAP dengan suku cadang teruat dengan teknologi 3D-printing dan bahan baku terkini. Mesin LEAP adalah mesin pertama yang dilengkapi dengan 19 fuel nozzles yang dibuat dengan teknologi 3D-printing dan suku cadang yang terbuat dari keramik super kuat dan ringan. Dan menurut sumber yang ane baca bahwa saat ini, terdapat lebih dari 30 mesin LEAP (yang mencakup tiga model) yang sedang dalam tahap akhir pemasangan atau sedang diuji coba di fasilitas pengujian GE dan Snecma di Peebles, Ohio; Victorville, California; dan lokasi lainnya di Eropa dan di seluruh dunia.

5. ProGlove

Teknologi wearable seperti ProGlove lahir dari inovasi yang sudah berguna buat agan yang sering naik pesawat, karena teknologi ini bisa menimbang berat beban setiap barang bagasi yang dimuat ke dalam pesawat. Data yang dikumpulkan dapat digunakan kepala kru secara real-time untuk menganalisa apabila muatan pesawat berlebih.
 



6. Desalinasi

Nah hasil karya ini tentu sangat bermanfaat apabila diterapkan di Indonesia, pasalnya sekarang ini kan lagi marak banget dengan kekeringan yang menyebabkan kelangkaan air di beberapa daerah di Indonesia. Desalinasi adalah hasil inovasi yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi kelangkaan air. Dan ini udah diterapkan di 140 negara yang udah memiliki instalasi desalinasi yang menghasilkan sekitar 20 miliar gallon air tawar per hari, jumlah yang tak seberapa karena itu hanya 0,3 persen dari seluruh air tawar yang digunakan secara global. Kebayang kan gan pasti berguna banget untuk Indonesia yang daerahnya sering dilanda kekeringan.


itulah inpoh menarik beberapa hasil karya yang lahir dengan terus berinovasi yang bisa TS suguhkan untuk seluruh agan dan aganwati, Kemajuan jaman yang menuntut untuk tetap tetap berinovasi. Nah,.. Untuk agan yang bergerak di industri kreatif ataupun industri manufaktur seperti teknologi 3D Printing dan teknologi manufaktur lainnya, agan dapat mencoba langsung dengan datang ke acara Garage yang dipersembahkan oleh GE . Di Garage agan dapat belajar menggunakan teknologi manufaktur terkini, mengembangkan inovasi dan , berkolaborasi dengan sejumlah startup dan maker keren di Indonesia.

Sekian inpoh dari ane gan, Semoga inpoh di atas dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk agan untuk terus mengembangkan inovasi. Atau mungkin ada yang mau nambahin, bolehlah share dimari sehingga bermanfaat untuk agan yang lain.
 


Sumber : kaskus / blackholy

0 Response to "Simak 6 Hasil Karya Industri Manufacturing Yang Lahir Dari Semangat Inovasi"