HotCopas.net

11 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi (Ada Orang Indonesia-nya, Loh!!)

Teknologi masa kini sudah berkembang ke wilayah yang tidak kita sangka-sangka, dan memang tidak dapat disangkal bahwa teknologi memang membawa kita ke kehidupan yang lebih mudah. Sekarang kamu nggak perlu gosok-gosok kayu buat nyalain api, ada korek api gas yang tinggal ceklik udah nyala, kamu nggak perlu kirim surat lewat pos apalagi burung dara karena sekarang pakai BBM, LINE, atau Whatsapp juga udah bisa. Tau nggak sih siapa orang paling berpengaruh dalam teknologi? Nah, 11 orang inilah yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi. KERENNYA, salah satunya adalah warga negara Indonesia!!
 #1
Douglas Engelbart



Orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi dalam daftar pertama kita adalah Dr. Douglas C. Engelbart. Beliau adalah penemu teknologi tetikus alias mouse dan seorang pelopor di bidang interaksi antarmuka komputer yang mengembangkan konsep hiperteks. Bisa bayangin nggak kalau si Douglas nggak nemuin mouse? Yang pasti kendali komputer bakalan susah banget ya! Meskipun saat ini smartphone bisa kamu gunakan sebagai mouse komputer, tapi nggak aci ya kalo nggak punya mouse, apalagi jaman sekarang banyak banget mouse keren bin ajaib.




#2
Norman Abramson



Gimana hidup kalau nggak ada teknologi LAN nirkabel alias WiFi? Duh hambar banget, guys! Norman Abramson adalah orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi LAN nirkabel. Beliau menciptakan ALOHAnet, jaringan area lokal nirkabel pertama yang dirancang dan dikembangkan di University of Hawaii. ALOHAnet adalah jaringan pertama yang berhasil mengirimkan data menggunakan sinyal radio. Saluran ALOHA khususnya telah terbukti menjadi teknologi tangguh, yang digunakan dalam setiap generasi mobile broadband, dari 1G ke 4G.




#3
Martin (Marty) Cooper


Orang yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi selanjutnya adalah Martin Cooper. Nah, kalau nggak ada Martin Cooper, dunia yang kita tinggalin sekarang bakalan ribet banget karena kalau mau ngirim apa-apa kudu lewat surat. Martin Cooper adalah penemu handphone alias telepon genggam. Pada awal ditemukan, handphone nggak sekecil dan seramping sekarang loh. Kalau nggak ada Martin Cooper ya kamu taulah jadi kaya gimana. Yang pasti kalau nggak ada telepon portable bakal jadi smartphone saat ini, mungkin kamu masih kirim-kiriman surat pake burung dara, guys.




#4
Gerald (Jerry) Anderson Lawson



Gerald Anderson Lawson adalah orang yang berpengaruh dalam dunia teknologi dalam ranah video game. Beliau menciptakan sistem video game berbasis cartridge pertama, the Fairchild Channel F. Penemuan ini mendorong industri video game maju serta menjadi lebih fleksibel. Kemudian muncul sebuah dunia di mana permainan tidak lagi harus berdampingan dengan hardware. Setelah itu pengembang game dan perusahaan perangkat lunak mulai berkembang. Kalau nggak ada Jerry, kayaknya nggak ada gamers dan warnet nggak bakalan selaku sekarang ya.




#5
Tim Berners-Lee



Siapa anak metropolis jaman sekarang yang bisa hidup tanpa internet? HA! Cari sana sampe puyeng. Satu lagi orang yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi, Tim Berners-Lee. Beliau adalah penemu WWW atau World Wide Web dan menjabat sebagai ketua World Wide Web Consortium serta mengatur pengembangannya. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas!!




#6
Fujio Masuoka



Orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi selanjutnya adalah Fujio Masuoka. Pada awal tahun 1980-an, Dr. Fujio Masuoka bermimpi mengembangkan dan menyempurnakan chip memori nonvolatile yang dapat menyimpan data bahkan ketika sumber daya telah dimatikan. Terobosan datang pada tahun 1984, ketika Masuoka menciptakan NOR Flash Memory saat bekerja di Toshiba. 4 megabit NAND-type Flash Memory miliknya diresmikan pada International Solid-State Circuits Conference tahun 1989. Flash memory saat ini digunakan untuk menyimpan data pada telepon genggam, kamera digital, dan USB flash drives.




#7
Kenneth (Ken) Thompson



Kenneth (Ken) Thompson adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal lewat karyanya dalam pengembangan sistem operasi Unix. Pada tahun 1969, saat bekerja di Bell Labs, Thompson dan Dennis Ritchie menjadi pembuat utama sistem operasi Unix. Thompson mengembangkan bahasa pemrograman B yang menjadi cikal bakal dari pengembangan bahasa pemrograman C oleh Dennis Ritchie. Bahasa pemrograman itu kini menjadi bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Thompson juga pernah mengembangkan bahasa pemrograman Bon, yang dibuatnya saat menulis sistem operasi Multics. UNIX menjadi cikal bakal operating systems yang terkenal seperti Linux, Android, dan Mac OS.




#8
Bill Gates



Siapa di antara kalian yang nggak tahu Bill Gates? Salah satu orang terkaya di dunia juga orang yang paling berpengaruh di dunia teknologi ini adalah pencipta Microsoft. Bill Gates juga seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang didirikannya bersama Paul Allen.



#9
Steve Jobs



Hayooo siapa yang nggak kenal orang paling berpengaruh di dunia teknologi selanjutnya? Steve Jobs adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Steve Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios. Beliau menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.




#10
Linus Torvalds



Nah orang yang paling berpengaruh di dunia teknologi lainnya adalah Linus Torvalds. Mau tau beliau ngapain? Dia adalah pengembang OS Linux!! Linus Benedict Torvalds rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut. Linux sendiri sampai saat ini masih memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan.

Linux terinsipirasi oleh Minix (sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan sistem operasi mirip Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada sebuah PC. Unix sendiri dikembangkan oleh Ken Thompson yang tadi telah kita bahas. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.




#11
Khoirul Anwar [INDONESIAN!!]



Save the best for the last! I.N.D.O.N.E.S.I.A!!! Udah sering baca kan tentang ilmuwan Indonesia yang satu ini? Dr. Eng. Khoirul Anwar adalah seorang ilmuwan Indonesia. Beliau dikenal sebagai pemilik paten teknologi broadband yang menjadi standar internasional ITU, baik untuk sistem teresterial di bumi maupun satelit di luar angkasa. Khoirul Anwar adalah penemu jaringan 4G yang saat ini telah masuk ke Indonesia meskipun belum banyak tersebar. Yang konyolnya, 4G dibuat karena terinspirasi dari adegan di Anime Dragon Ball Z yaitu saat Goku menggunakan kekuatann alam yang digabungkan menjadi bola api (Genkidama). Teknologi 4G dibuat Khoirul dengan menarik energi dari sekitarnya.

Meskipun Khoirul Anwar kelahiran tanah air Indonesia, tapi ternyata Indonesia hanya menduduki peringkat 34 dari 35 negara dengan koneksi 4G tercepat di dunia.


Sumber : kaskus / semothh

0 Response to "11 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi (Ada Orang Indonesia-nya, Loh!!)"