HotCopas.net

4 Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi yang Mungkin Kamu Nggak Tahu


 Sebagai minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang dewasa di dunia, kopi memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Namun, bukan berarti jenis minuman ini aman untuk dikonsumsi kapan saja. Dosis yang berlebihan serta waktu nggak tepat, malah bikin kafein yang terdapat di dalam kopi bisa memberikan efek buruk buat tubuh. Seburuk apa? Seburuk menghambat metabolisme tubuh plus merusak jam biologis. Bahaya banget kan?

Sayangnya banyak orang yang minum kopi ya asal gitu saja, sembarang waktu yang mereka suka. Padahal, kalau minum kopi di waktu-waktu tertentu justru akan bawa banyak keuntungan untuk tubuhmu.



 Minum di Pagi Hari


Secangkir kopi di pagi hari merupakan ‘doping’ yang paling tepat untuk memulai rutinitas kita. Kopi dapat merangsang zat dopamin dalam tubuh yang berfungsi sebagai pusat kesenangan dalam otak, hal ini juga dapat mencegah depresi dan penyakit psikologis. Nggak perlu langsung ke coffee shop terdekat pagi-pagi buta, mending bikin kopi sendiri saja di rumah.



 Tapi Jangan setelah Bangun Tidur


Tapi perlu diperhatikan juga kalau mengonsumsi kopi setelah bangun tidur itu ternyata salah banget. Saat bangun pagi, tubuh kita memiliki metabolisme untuk mengeluarkan hormon yang disebut kortisol. Hormon inilah yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran kita dan membuat kita nggak lagi mengantuk.

Menurut jam biologis orang dewasa, tubuh memroduksi kortisol satu jam setelah kita bangun pagi dan pada pukul 08.00-09.00 pagi. Mengonsumsi kopi pada jam ini akan menghambat produksi hormon cortisol yang akan menyebabkan kita menjadi lebih cepat lelah dan mengantuk di siang hari.

Jadi kapan enaknya minum kopi? Satu jam setelah bangun tidur dan sekitar pukul 09.00-12.00, kopi jadi mood booster yang tepat untuk memulai hari kamu.





 Setelah Makan Siang

Aktivitas yang padat dari pagi, pasti cukup menguras tenaga. Maka wajar banget kalau kita sering ngantuk, lelah, dan plus sudah mulai banyak bengong karena konsentrasi mulai menurun. Menurut penelitian, secangkir kopi setelah makan siang ternyata ampuh juga untuk menghilangkan rasa lelah dan jenuh. Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menghilangkan kantuk, meningkatkan konsentrasi, dan juga meningkatkan daya kognitif. Jadi pas banget untuk kamu yang (selalu) masih banyak kerjaan setelah makan siang.



Justru Jangan Malam Hari


Siapa yang nyangka kalau faktanya kopi bukan minuman yang tepat untuk dikonsumsi pas malam hari. Kebiasaan ini justru bisa merusak jam biologis kita yang menyebabkan sulit tidur dan badan menjadi letih pada keesokan harinya. Kalau pun memang masih mau minum kopi pas malam-malam, saran kami hindari minum kopi enam jam sebelum jam tidur.

Tapi kalau ada kegiatan pada malam hari yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang tingggi, nggak ada salahnya sesekali kita minum kopi saat malam. Menemani saat lembur di kantor, menyelesaikan tugas, atau aktivitas di larut malam, kopi bisa membuat kita terjaga dan nggak ngantuk. Tapi jangan jadikan hal ini jadi kebiasaan.

Kalau sudah tahu waktu yang tepat untuk minum kopi, jangan lagi sembarangan menyeruput si hitam manis ini. Cheers!




Sumber : kaskus / uloemz

0 Response to "4 Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi yang Mungkin Kamu Nggak Tahu"