HotCopas.net

Announcer Sepakbola : Pekerjaan Yang Tidak Kita Ketahui Sebelumnya


Saya, mungkin seperti anda, penonton sepakbola luar negeri yang lebih banyak menonton lewat layar kaca ketimbang menonton langsung di stadion. Ini bisa dimengerti karena tayangan sepakbola di televisi saat ini sangatlah banyak dan beragam. Pun juga kita mempunyai keterbatasan dan kesibukan masing-masing ketika ingin menonton langsung di stadion disamping jarak yang cukup jauh juga seh hehe  ( kecuali sepakbola dalam negeri )

Namun ketika anda di stadion menonton kesebelasan favorit anda, apakah anda sering berpikiran seperti “Siapa sih, orang-orang yang sering mengumumkan line-up setengah jam sebelum pertandingan?” . Atau jangan-jangan anda tidak pernah mendengar suara tersebut karena anda datang telat ke stadion? Saya, mungkin juga anda, seringkali penasaran dengan hal-hal remeh seperti itu.


Iya, dia lah yang disebut dengan Stadium Announcer. Apa seh bedanya announcer di radio dengan di dalam stadium ?? Terjemahan "resmi" announcer memang penyiar radio (radio announcer), namun ada satu profesi yang khusus disebut announcer, tapi bukan penyiar, yaitu orang yang bertugas mengumumkan (to announce) beragam informasi di sebuah "audio land" supermarket, pameran, bazar, atau pemandu di arena balapan. Nah, announcer inilah yang membacakan line-up pemain dan managemen sebelum pertandingan dimulai maupun saat terjadi pergantian pemain bahkan saat perayaan GOL tuan rumah.



Berikut adalah sedikit contoh stadium announcer sepakbola di luar negeri



Manchester United:

Di Manchester, ada Alan Keeganyang mengisi suara di balik speaker yang terpasang di sudut-sudut Old Trafford sejak tahun 2000. Ia juga menjadi pengisi suara kehormatan di Etihad Stadium dan Wembley Stadium.



Liverpool


Kemudian di Anfield, ada George Sephtonyang telah mengabdi selama 44 tahun bekerja di balik pengeras suara stadion kebanggaan para Kopites tersebut.


 Barcelona:


Barcelona, sebagai salah satu klub terbaik di dunia saat ini, sudah pasti memiliki announcer yang suaranya akan selalu muncul setiap Barca bermain di Camp Nou. Announcer tersebut bernama Manel Vichdan sudah bekerja selama 59 tahun lamanya bagi Barcelona. Kini ia sendiri sudah berumur 77 tahun.




Napoli


Tak ketinggalan seorang announcer paling atraktif dari negara asal pizza, Italia. Decibel Belliniannouncer untuk kesebelasan Napoli. Bisa dikatakan dia announcer paling muda yang saya ketahui hehehe




Bayern Muenchen


Di Bundeliga, ada Stephan Lehmannyang selalu setia menemani FC Bayern Muenchen di kandang mereka Allianz Arena.



Borussia Dortmund


Selain Muenchen, ada juga Norbert Dickeldi Signal Iduna Park markas kesebelasan Borussia Dortmund yang selalu kolaborasi dengan suporter mereka yang paling berisik.


Sumber : kaskus / uraban

0 Response to "Announcer Sepakbola : Pekerjaan Yang Tidak Kita Ketahui Sebelumnya"