HotCopas.net

Hasto Broto: (8 sifat cerminan alam yg harus dimiliki pemimpin teladan)

Kali ini ane mau bahas tentang ajaran dari kisah pewayangan mengenai Hasto broto atau 8 laku/ sifat alam yg harus dimiliki oleh orang/pemimpin yg bisa dijadikan teladan.
Quote:Mari kita introspeksi apakah diri kita dan pemimpin kita (dikantor, di rumah, di negara kita) sudah memiliki sifat-sifat berikut ini?
  Hasto Broto: (sifat - sifat cerminan alam yang harus dimiliki pemimpin yang bisa dijadikan teladan)


Berasal dari kata Asto atau Hasto yang artinya delapan, kemudian Baroto yang artinya laku atau perbuatan. Jadi ASTHA BRATA atau Hasto Broto berati delapan laku atau delapan perbuatan. ASTHA BRATA terdapat dalam Sarga XXIV dari wejangan Ramayana kepada Gunawan Wibisono, juga Sri Kresna kepada Arjuna. Diterangkan bahwa seseorang yang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin atau raja adalah dalam jiwanya terdapat delapan macam sifat kedewasaan sebagai berikut:


Agni

Seperti api , adil menghakimi tanpa pandang bulu. Yang mempunyai sifat tegak, dapat membakar dan membinasakan lawan. Pemimpin harus berani dan tegas serta adil, mempunyai prinsip sendiri, tegak dengan berpijak pada kebenaran dan kesucian hati.


Vayu

Seperti angin meratakan kesejateraan bagi rakyat. Yang mengisi tiap ruang kosong. Pemimpin mengetahui dan menanggapi keadaan negeri dan seluruh rakyat secara teliti. 

 
Angkhasa

Seperti ruangan, memberi tempat untuk mendengar semua keluhan rakyat, seperti awan bila sudah menjadi hujan akan menyirami segala yang dilewati tanpa memilih-milih. 


Tirta

Seperti air, mampu menumbuhkan kesejahteraan ekonomi, menjadi sarana kehidupan. Dimana ada air disitu pasti ada kehidupan. Walau di puncak gunung, di pesisir samudera, atau di rawa-rawa sekalipun kalau ada air pasti ada kehidupan. Yang dimaksud kehidupan tidak hanya untuk manusia, termasuk hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu sebagai seorang pemimpin harus dapat memberikan kepada bawahan atau rakyat suatu jalan atau sarana atau "kehidupan" yang memang pantas untuk menerima.




Pritvi

Seperti Bumi, menapung semua tanpa diskriminasi, memberi tempat yang aman bagi rakyat, tidak merasa dihutangi, apa saja yang datang akan diterima dan tidak pernah menggerutu. Yang sentosa, makmur dengan kesucian rohani dan jasmani. Pemimpin harus mampu mengendalikan dirinya karena harus memperhatikan rakyat, yang memerlukan bantuan yang mencerminkan sentosa budi pekertinya dan kejujuran terhadap kenyataan yang ada.



Surya:   Seperti matahari, memberikan jaminan keamanan tanpa pandang bulu, tidak saja membuat terang dan penyejuk hati rakyat, tetapi yang dilakukan harus ada landasan keberanian memberikan kehidupan, menolong kepada yang hidupnya serba kekurangan, membantu kepada orang yang menghadapi kesulitan, melindungi orang yang sedang dilanda masalah, dan memberikan petunjuk kepada jalan kebaikan tanpa mengabaikan dasar-dasar kebenaran.
matahari juga menghisap air dengan sifat panas secara perlahan serta memberi sarana hidup. Pemimpin harus selalu mencerminkan sifat dan sikap semangat kehidupan dan energi untuk mencapai tujuan dengan didasari pikiran yang matang dan teliti serta pertimbangan baik buruknya juga kesabaran dan kehati-hatian.




Chandra:

Seperti bulan, mengangkat keterbelakangan/kebodohan menjadi terang di gelapnya malam. Seorang pemimpin bertindak halus dengan penuh kasih sayang dengan tidak meninggalkan kedewasaannya.



Kartika

Seperti Bintang, menjadi petunjuk mata angin di kala malam, memberi aturan yang jelas, kepastian hukum bagi seluruh rakyat.


Demikian 8 sifat alam yg bisa kita contoh agar kita menjadi pemimpin yg baik, semoga bermanfaat. Salam


Sumber : kaskus / thelimitless

0 Response to "Hasto Broto: (8 sifat cerminan alam yg harus dimiliki pemimpin teladan)"