HotCopas.net

Hidup Itu Ibarat…Mungkin Beberapa Kisah Ini Bisa Menginspirasi Agan Untuk Menjawabnya


LIFE IS LIKE A BOOK
Ada yang bilang kalo hidup itu ibarat sebuah buku, dimana Tuhan telah menuliskan halaman pertama berupa kelahiran dan halaman terakhir berupa kematian, dan diantara kedua halaman tersebut, Tuhan menyerahkan tintanya ke kita untuk mengisinya.

Di setiap halaman yang kita tulis pasti memiliki kisah yang berbeda-beda, ada yang berisi tentang keseruan, keceriaan, keberhasilan, kegembiraan dan kesenangan hidup lainnya yang menghiasi bab kebahagiaan. Akan tetapi banyak juga yang berisi tentang kemuraman, keputusasaan, kekecewaan, kegalauan dan penderitaan yang menghiasi bab kesedihan, dimana sumbernya tak lain adalah permasalahan hidup itu sendiri.

Well gans, setiap manusia hidup itu pasti punya masalah. Sebenarnya pilihan ada di kita sendiri untuk membuka halaman selanjutnya dan mengisinya dengan kisah yang lebih indah. Tetapi banyak juga yang selalu melihat ke halaman-halaman sebelumnya karena tidak bisa menyelesaikan halaman kesedihan tersebut dan malah terjebak di dalamnya. Dan, gak sedikit pula yang ambil jalan pintas untuk langsung melompat ke halaman terakhir karena saking mentoknya untuk mengakhiri kisah di halaman kesedihan tersebut


LIFE IS LIKE A PIANO
Menyikapi permasalahan yang menerpa kita, ada yang bilang kalo hidup itu ibarat piano, kebahagiaan diwakili oleh tuts putih dan kesedihan diwakili oleh tuts hitam, walaupun bertolak belakang, tetapi pada akhirnya kedua tuts tersebut bisa bekerja berirama untuk menghasilkan sebuah melodi kehidupan yang indah.


Well, mungkin ada yang tidak setuju dengan analogi diatas, tapi cobalah membaca sekelumit kisah para tokoh terkenal dibawah ini gan, mungkin bisa menginspirasi kita untuk mendefinisikan arti sebenarnya dari analogi tersebut.
 

J.K ROWLING


Pada tahun 1994, diumurnya yang menginjak 29 tahun, J.K Rowling baru saja diceraikan oleh suaminya, tidak punya pekerjaan dan nyaris tidak bisa memberi makan anak perempuannya yang masih bayi, dan itu tepat 3 tahun sebelum buku pertamanya Harry Potter and The Philosopher’s Stone diterbitkan. Dalam proses pengerjaannya, kala itu doi sangat miskin. Saking miskinnya bahkan untuk membeli sebuah computer ataupun untuk biaya fotokopi novel yang berisi 90.000 kata tersebut pun doi tidak mampu. Kala itu doi terpaksa harus mengetik novel tersebut secara manual menggunakan mesin ketik untuk tiap versinya sebelum mengirimnya ke penerbit.

Walopun saat itu novel karyanya berkali-kali ditolak oleh banyak penerbit di Inggris sana, tapi doi tetap tidak menyerah. Doi terus mengetik dan mengetik dan terus mengirimkan ketikannya ke banyak penerbit tanpa kenal lelah. Momen titik balik hidupnya dimulai saat Bloomsbury, sebuah perusahaan penerbit berskala kecil di London memberikan doi kesempatan kedua setelah anak perempuan dari CEO perusahaan tersebut yang kala itu masih berusia 8 tahun, jatuh cinta dengan novel karya doi.

Sejak saat itu, hidupnya langsung melesat bak meteor ketika novel Harry Potter series menjadi best seller di seluruh dunia dan juga semuanya diangkat ke layar lebar. Harta kekayaannya sekarang mencapai lebih dari 1 milyar dollar (Rp. 14 trilyun) yang hampir semuanya didapat dari royalty buku dan film Harry Potter.

Dan ini salah satu kutipan doi yang mencerminkan analogi hidup diatas:

"Aku benar-benar merasa telah terbebas setelah hal yang paling kutakuti dalam hidup ini akhirnya terwujud. Walaupun begitu aku masih memiliki seorang anak perempuan yang sangat kusayang, sebuah mesin ketik tua dan sebuah ide yang besar. Dan momen terendah dalam hidupku itu menjadi sebuah fondasi yang sangat kuat bagiku untuk kembali menata ulang hidup ini menjadi lebih baik"


Seperti yang pernah doi bilang gans, masa-masa kelam dalam hidup doi tidak membuat doi terpuruk, tetapi malah dijadikan motivasi kuat untuk melangkah dan membuka lembaran baru menuju ke kehidupan yang lebih baik seperti sekarang ini. Life indeed like a piano for her. Salute



LIFE IS LIKE A BOXING MATCH

Pokoknya gak jauh-jauh dah pembahasannya dari permasalahan hidup gans, ada yang bilang kalo hidup itu ibarat sebuah pertandingan tinju, kekalahan tidak diputuskan dari seberapa sering kita terjatuh dan terkapar, tetapi diputuskan apabila kita menyerah untuk berdiri kembali dan melanjutkan pertandingan.


Buat analogi yang satu ini ane ambil kisah hidupnya Om Walt Disney, ya pendiri Walt Disney Company, juga dikenal sebagai salah satu produser film tersukses di dunia. Siapa sangka kalo kisah hidup Om Walt ini banyak dipenuhi dengan kegagalan demi kegagalan yang terus berulang, simak gans.
 


WALT DISNEY


Sekembalinya pulang dari menjadi sukarelawan Palang Merah Internasional pada Perang Dunia ke II, Om Walt bekerja di sebuah perusahaan surat kabar di kota kelahirannya Kansas, tetapi dipecat karena editornya menilai kalo Om Walt itu pemalas dan tidak memiliki imajinasi serta ide-ide kreatif yang dibutuhkan perusahaan.

Tidak ingin berlama-lama menganggur, Om Walt memutuskan untuk mewujudkan impian masa kecilnya mendirikan perusahaan kecil-kecilan yang memproduksi animasi kartun. Gak lama perusahaan yang didirikannya ini bangkrut total karena seri kartun produksinya saat itu tidak laku dipasaran sehingga perusahaannya pun merugi. Dengan tekad untuk mengubah nasib dan mewujudkan mimpinya, Om Walt kembali bangkit dan memutuskan untuk pindah ke Hollywood. Dengan uang seadanya Om Walt menyewa sebuah garasi yang tidak terpakai untuk disulap sebagai studio yang memproduksi film kartun.

Setelah menghabiskan 5 tahun tanpa pemasukan yang jelas akhirnya Om Walt meraih sukses pertamanya. Sayangnya hal itu pun tak berlangsung lama, para kartunis yang bekerja padanya dibajak oleh perusahaan saingannya karena diiming-imingi masa depan yang lebih jelas. Hal tersebut membuat Om Walt sangat terguncang. Lagi-lagi Om Walt pun bangkrut total sampai-sampai tidak memiliki tempat untuk tinggal dan hanya memiliki sedikit uang untuk makan. Diceritakan juga pada masa sulit ini, untuk menghemat uang, Om Walt hanya makan makanan kaleng yang diperuntukkan untuk anjing gans! (Dog Food)

Meskipun begitu, Om Walt memutuskan untuk tidak menyerah dan berusaha bangkit kembali untuk melangkah ke depan. Dalam masa-masa sulitnya itu Om Walt menciptakan karakter Mickey Mouse pertamanya. Walaupun pada awalnya banyak perusahaan film yang menolak karyanya karena dikhawatirkan karakter Mickey Mouse tersebut akan membuat jijik dan takut penonton perempuan, tetapi Om Walt tetap tidak putus asa. Dengan kegigihannya, Om Walt terus menerus memperkenalkan karakter Mickey Mouse ini ke banyak perusahaan pembuat film, dan pada akhirnya Om Walt menapaki jalan menuju kesuksesan yang sebenarnya bersama Mickey Mouse ini.

Walt Disney merupakan salah satu produser filem tersukses di dunia. Walt Disney mendirikan sebuah perusahaan produksi film yang dikenal dengan nama "The Walt Disney Company". Perusahaan tersebut sukses meraup pendapatan rata-rata sebesar $30 milyar (Sekitar Rp. 420 Trilyun) per tahunnya. Selain sebagai produser filem, Walt Disney dikenal juga sebagai seorang sutradara, penulis naskah, actor pengisi suara dan animator, telah menciptakan lebih dari 81 film utama (feature film) dan banyak memberikan kepada dunia karakter-karakter kartun yang sangat popular. Sepanjang hidupnya, Walt Disney mendapatkan lebih dari 950 penghargaan termasuk di dalamnya 22 Academy Awards sebagai insan yang sangat berpengaruh di dunia hiburan.

Dan ini salah satu kutipan dari Om Walt yang mencerminkan analogi hidup diatas:

“Menang atau kalah itu yang menentukan adalah kita sendiri, mau terus maju dan berusaha atau berhenti dan menyerah”


Well gans, rusak itu bisa diperbaiki sampai benar, gagal itu bisa diulangi sampai berhasil, tapi kalo MENYERAH…..SELESAI  Life indeed like a boxing match for Walt. Rest in peace Om, makasih atas kontribusi besarnya ke masa kecil ane yang bahagia dengan kartun-kartun lucunya 



LIFE IS LIKE A ROLLER COASTER

Ada lagi yang bilang kalo hidup itu ibarat Roller Coaster, kadang naik kadang turun, dan terserah kita untuk menyikapinya, mau menutup mata dan menunduk ketakutan atau melambaikan tangan ke atas dan menikmati perjalanannya. Ya, hidup itu kadang diatas dan kadang dibawah gans. Hidup tidak selamanya indah dan cerah, cepat atau lambat setiap orang pasti akan mengalami yang namanya badai kehidupan. Akan ada masa-masa sulit yang harus kita lalui. Akan ada saat dimana kita merasa yakin bahwa kita tidak akan pernah bisa menjadi sukses. Akan ada momen dimana kita benar-benar putus asa dan ingin menyerah saja.


Tetapi ingat gans, hidup itu bukan hanya sekedar menunggu badai untuk berlalu, tapi bagaimana kita belajar untuk bisa menari dalam hujan. Segala kesulitan dan penderitaan hidup itu akan membuat kita semakin kuat gans, dan itulah yang membentuk diri kita agar menjadi manusia yang lebih baik, asal jangan menyerah. Jika agan gak pernah mengalami yang namanya susah, agan gak bakal merasakan yang namanya sukses, ya, kisah dibawah ini membuktikannya gans dari salah satu artis favorit ane, EMINEM, yeahh…EMINEM. Siapa sangka kalo kehidupan EMINEM tuh naik dan turun seperti Roller Coaster. Simak gans!
 


EMINEM


Berikut adalah sekelumit kehidupan EMINEM yang bisa dibilang tragis dan ironis:

 Ayahnya minggat saat umurnya baru 18 bulan
 Eminem dibesarkan oleh seorang ibu pecandu narkotik
 Menghabiskan masa kecil pindah dari satu kota ke kota lain karena ibunya selalu berganti-ganti pekerjaan
 Sering di-bully akibat sering pindah-pindah sekolah karena selalu menjadi anak baru
 Pernah dibully dengan cara dipukuli sampai gegar otak dan terkapar koma selama 10 hari
 Drop Out dari sekolah karena tiga kali gagal naik kelas saat kelas 9 ( selevel 3 SMP)
 Kehidupan ekonomi yang sulit saat masa mudanya, ketagihan obat bius dan alcohol
 Teman serta sahabat satu-satunya mati tertembak
 Pamannya yang seumuran dengannya, tempat curhat segala keluh kesahnya mati tragis dengan cara bunuh diri.
 Pernah depresi dan ketagihan obat-obatan serta pernah sekarat dan hampir mati

Yah begitulah kehidupannya dulu, tapi yang perlu kita sadari disini bahwa sekelam apapun masa lalu kita, itu semua bukanlah sebuah indikator untuk menentukan seberapa jauh kita bisa melangkah. Situasi kita saat ini bukanlah cerminan masa depan kita yang sebenarnya, asalkan kita tidak menyerah, masa depan kita bisa dilukis dengan lebih indah.

Walaupun masa lalunya seperti itu, dan hidupnya selalu naik turun, dia selalu melangkah maju karena percaya akan bakatnya dalam bermusik dan memutuskan untuk tidak menyerah. Dan pada akhirnya, Eminem menjadi artis rap tersukses di dunia seperti sekarang ini.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih EMINEM sepanjang karirnya,




You are the real MVP bro, salute




PENUTUP

Intinya, bisa kita bayangkan kesulitan-kesulitan hidup yang pernah dialami oleh tokoh-tokoh terkenal diatas, tetapi mereka tetap bisa melewati itu semua dan menjadi luar biasa sukses seperti sekarang ini.

Quote:Dengan kondisi pernah berada di titik terendah dalam hidup seperti itu saja mereka masih bisa berhasil, so kenapa kita enggak bisa gans?

Bayangkan seberapa jauh kita bisa melangkah, kemungkinannya tidak terbatas gans!

Jangan biarkan permasalahan hidup menenggelamkan kita,

Jangan biarkan permasalahan hidup merenggut potensi yang ada di diri kita gans,

Jadikan masa-masa sulit itu sebagai motivasi bagi kita untuk selalu melangkah kedepan,

Jadikan masa-masa sulit itu untuk membentuk diri kita menjadi manusia yang lebih baik,


Hadapi saja semua masalah itu dengan senyum, karena selama kita masih berjuang dan bersemangat untuk hidup, yakinlah bahwa semuanya akan menjadi lebih baik nantinya, dan akan banyak kebahagiaan yang menanti kita. Masa baru dikucek sedikit aja udah terhempas kaya butiran debu sih


Seperti yang pernah ane tulis sebelumnya, ada juga yang bilang kalo hidup itu ibarat mesin cuci gans, kita dibuatnya berputar, dipelintir dan dijatuhkan berkali-kali di dalamnya, tapi pada akhirnya, karena itu semua, kita bisa menjadi lebih bersih, lebih cerah dan lebih baik dari sebelumnya


Dan yang paling penting, bagaimanapun sulitnya kondisi kita, pokoknya jangan lupa selalu bersyukur karena kita masih hidup dan sehat sampai sekarang ini ya gans. Selalu dekatkan diri dan percaya sama yang diatas kalo itu semua akan indah pada waktunya. So always STAY STRONG and THANK GOD that we are ALIVE!


BONUS
TS yang baik selalu meninggalkan bonus buat para pengunjung tritnya

Eminem sama putrinya Hailie, dulu dan sekarang:






nalogi terakhir dah, life is like......



Sumber : kaskus / uklunk

0 Response to "Hidup Itu Ibarat…Mungkin Beberapa Kisah Ini Bisa Menginspirasi Agan Untuk Menjawabnya"