HotCopas.net

Ide Arsitektur Gila, Tapi Jenius Dan Bisa Menyelamatkan Kehidupan Manusia

Seorang arsitek selalu dituntut untuk mampu membuat sebuah desain yang sangat menakjubkan. Tak hanya bagus secara mata namun juga unik dan memiliki kemampuan yang hebat. Beberapa arsitek membuat rancangan yang bisa dibilang unik dan sepertinya tak mungkin direalisasikan. Namun, rancangan ini benar-benar sebuah maha karya!

Well, inilah tujuh ide arsitek unik yang bisa membuat anda takjub. Setelah membaca tujuh poin di bawah ini anda akan merasakan betapa dunia arsitek itu memiliki kemungkinan tanpa batas. Hebat banget


1. Membuat Mesin Pengontrol Tata Surya

Nama rancangan super hebat dan ambisius ini adalah Shkadov Thruster. Sebuah rancangan megastructure yang diimpikan oleh para arsitek dan juga ilmuwan. Jika bangunan besar ini bisa dibuat, kemungkinan besar kita bisa mengontrol gerak dari bumi dan juga tata surya. Ya, mirip seperti remot kontrol yang bisa mempercepat atau memperlambat benda dengan hanya memencet tombol! Shkadov Thruster akan berbentuk seperti piringan cekung raksasa. Cahaya matahari yang mengenai permukaan akan dipantulkan kembali. Dengan begitu energi-energi yang masuk ke bumi bisa digunakan sebagai mesin penggerak tata surya. Anyway, menurut anda proyek prestisus ini akan berhasil atau tidak?



2. Membuat Komputer Raksasa Pemberi Kebahagiaan Manusia


Ide arsitektur unik kali ini bekerja sama dengan ilmuwan komputer. Mereka ingin membuat sebuah bangunan super besar yang isinya merupakan komputer super canggih. Mereka menyebutnya dengan Matrioshka brain. Komputer ini akan menyimpan banyak sekali energi dari matahari yang nanti akan digunakan oleh manusia untuk bersenang-senang. Proyek ini bertujuan untuk membuat dunia virtual bagi manusia. Setiap orang akan diberikan sebuah dunia virtual dari komputer pintar super besar ini. Anda akan masuk ke dunia virtual yang isinya cuma sesuatu yang sangat menyenangkan. Ilmuwan dan arsitek ini menyatakan jika dunia virtual menyenangkan ini bisa dinikmati oleh manusia hingga 10 Triliun tahun kemudian. Just wow!




3. Bangunan Pencuri Energi Alam Semesta


Umat manusia terus berkembang tak bisa dibendung lagi. Saat ini ada sekitar 7,3 miliar orang di seluruh dunia. Jumlah ini akan terus meningkat hingga diperkirakan pada tahun 2050 bumi akan memiliki 2 miliar manusia baru. Gila! Itulah mengapa beberapa ilmuwan dan arsitektur merancang sebuah alat yang mampu mencuri energi dari alam semesta. Di masa depan energi dari matahari saja tak akan cukup! Terlebih jika energi minyak bumi dan turunannya telah punah. Tak ada cara yang bisa diambil selain menggunakan energi matahari sebanyak-banyaknya. Jika kurang kita bisa mengambil energi yang dipancarkan oleh planet di sekitar bumi dan bintang-bintang terdekat. Bangunan berbentuk seperti matahari ini akan menyimpan seluruh energi lalu dikonversi sesuai kebutuhan manusia!



4. Tower Pemakan Suara Bising


Apa yang anda rasakan jika mendengar suara yang sangat bising ketika bekerja? Kalau tidak merasa jengkel ya pekerjaan jadi kacau. Suara yang sangat bising selalu membawa dampak tak baik bagi setiap pendengarnya. Bahkan di kota besar yang super bising, penduduknya bisa mengalami stres hanya karena mendengar suara dari mesin kendaraan atau keriuhan manusianya. Untuk itulah sekelompok arsitek dari Perancis membuat terobosan baru. Mereka akan membangun sebuah tower yang mampu memakan semua kebisingan. Tower ini menyerap energi suara lalu mengubahnya menjadi energi listrik yang bisa digunakan untuk kota. Arsitek-arsitek ini memberi klaim jika energi yang dihasilkan mencapai 10% dari total energi yang biasanya dihabiskan kota besar dunia seperti Los Angeles.




5. Kota yang Melayang di Angkasa


Penggemar Star Wars pasti tahu tentang adanya Cloud City atau kota yang melayang di udara. Di beberapa fiksi lain kota ini juga digambarkan melayang di udara dengan kemampuan mampu menjelajah angkasa. Tapi itu cuma hanya ada di fiksi. Namun tahukah anda jika kota melayang di angkasa itu terinspirasi dari rancangan arsitek bernama Buckminster Fuller. Pria ini merancang sebuah kota yang melayang di udara. Fuller merancang akan membuat kota sepanjang 1 km. Ia melakukan rancangan dengan mempertimbangkan keadaan atmosfer dan juga tekanan udara. Banyak orang menganggap Fuller jenius, namun juga tak sedikit yang menganggapnya sangat gila. Desain yang dibuatnya sungguh tak bisa direalisasikan. Meski begitu, berkat Fuller, dunia sains fiksi bisa menggunakan idenya untuk sesuatu yang menakjubkan!




6. Bangunan Tembus Pandang


Coba bayangkan jika anda saat ini sedang melihat sebuah tower yang tingginya ratusan meter. Lalu dalam sekejap mata tower itu menghilang dengan sempurna! Wait, anda tidak sedang melihat sebuah acara sulap, namun sedang melihat pertunjukan karya arsitek hebat dari Korea. Mereka bekerja sama membuat sebuah tower yang mampu hilang dalam sekejap mata dan terlihat sangat sempurna. Sebenarnya bangunan ini tak benar-benar hilang. Hanya sedang melakukan kamuflase. Seluruh permukaan dari tower menggunakan layar LCD. Beberapa kamera dengan jangkauan besar terpasang di sudut-sudut bangunan. Kamera ini mengambil gambar lalu diproyeksikan untuk LCD. Dampaknya kita melihat sebuah ilusi gambar hingga tower seperti nampak hilang. Padahal sebenarnya tower masih berdiri dan tak pergi ke mana-mana.




7. Tower Pemakan Polusi yang Bisa Tumbuh!


Salah satu penyumbang pemanasan global adalah kadar karbondioksida yang tinggi di bumi. Dengan latar belakang ini, dua arsitek dari Kanada membuat sebuah rancangan bangunan yang sangat hebat. Bangunan ini mampu menyerap polusi di udara dengan sangat banyak. Dengan begitu kualitas udara di sebuah kota akan kembali membaik dan bersih. Hal lain yang membuat tower ini menjadi sangat hebat adalah kemampuannya untuk tumbuh. Kadar karbon yang diserap dan segala kotoran akan diproses menjadi bangunan baru secara otomatis. Hebat kan? Ide ini disampaikan oleh mereka pada tahun 2014 silam. Namun belum ada realisasi sampai sekarang. Hmm, semoga bisa terlaksana!




Ide bagus pada awalnya memang selalu gila, seperti tak mungkin. Namun jika digali lebih dalam ide itu akan jadi sesuatu yang bagus di masa depan! Jadi jika anda punya sebuah ide unik dan gila jangan takut untuk mengungkapkannya ya! Siapa tahu anda bisa mengubah dunia dengan hal yang awalnya dibilang aneh!



Sumber : kaskus / greenlazer

0 Response to "Ide Arsitektur Gila, Tapi Jenius Dan Bisa Menyelamatkan Kehidupan Manusia"