HotCopas.net

Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja?

Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja?


bingung ya, bahasa di dunia kok banyak banget gan  gausah jauh-jauh gan. bahasa daerah aja ada banyak juga. Tapi asal mulanya gimana ya gan bisa terbentuk bahasa? kok jadi makin bingung?  apa ini cuma akal-akalan pengusaha untuk buka les bahasa asing gan?
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak tritnya

 Cekidot versi animasinya gan (lebih ngerti) :



Berapa banyak bahasa di dunia gan?


banyak banget gan! kira-kira ada 7000 bahasa di dunia ini  Mulai dari mandarin yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan, disusul oleh bahasa spanyol, dan Inggris. 



Tapi, asal-usul bahasa darimana ya gan? Dan kenapa bahasa bisa beraneka ragam? Nyatanya memang banyak yang penasaran tentang asal muasal bahasa di dunia ini, Kenapa bakso kita disebutnya bakso? Dan kenapa apel namanya apel? Dan kenapa seluruh hal di dunia ini bernama sesuai nama mereka? 


Ternyata udah dari jaman dahulu kala gan!


Menurut Om Noam Chomsky, bahasa muncul pada 60,000 hingga 100,000 tahun lalu di Afrika.




Sebelum itu, kita sebagai manusia hanya mampu berkomunikasi sebatasnya, yaitu melalui mulut kita dan gestur tubuh kita  kemudian, otak kita berevolusi, sehingga lama kelamaan, kita dapat memahami hal yang lebih kompleks atau hal yang lebih ribet  Kita mulai menamai,benda, makanan hingga situasi bahaya, menjadi suatu sebutan-sebutan yang lebih simpel.
 




Nah, kok bisa jadi 1 kalimat gan?


nah gini gan, kita perlahan mulai dapat memikirkan dua benda dalam satu konstruksi. Seperti misalnya benda, Apel, dan Pohon. Yang kemudian dikombinasikan menjadi satu konstruksi yaitu, pohon apel  Kombinasi kata-kata tersebut lah yang kemudian berkembang menjadi struktur, yang kemudian menjadi cikal bakal dari bahasa 




yang kepo bukan cuma kita gan


Ternyata ke-kepo-an kita tentang bahasa, sudah dimulai sejak dari jaman Raja Mesir Kuno,Psammetichus (bacanya sametikus)  dengan teganya memerintahkan dua orang bayi untuk dikurung dalam dua kandang yang berbeda 



Setelah dua tahun, kedua bayi anehnya mulai mengucapkan satu kata yang sama, yaitu “bekos”. Bukan, bekos itu artinya bukan kos-kosan (apalagi plesetan dari kata "Bego" gan) 
itu adalah bahasa Phyrgian yang artinya adalah, roti. Alhasil, dari eksperimen itu mereka berkesimpulan bahasa Phyrgian, adalah asal muasal dari semua bahasa di dunia ini, karena dapat diucapkan oleh seorang bayi tanpa diajarin gan





wah keren asal muasalnya gan, tapi kok bisa beda-beda ya?


Gini gan, Singkatnya, adalah karena isolasi. Bukan, bukan isolasi buat nempel poster  melainkan isolasi kebudayaan. Pendeknya, nenek moyang kita bermigrasi ke seluruh dunia untuk mencari sumber makanan. Kemudian, nenek moyang kita terpisah satu sama lain dan membentuk bahasa baru yang disesuaikan dengan kondisi alam, makanan, dan makhluk hidup lain yang tinggal di sekitarnya. Isolasi ini lah yang menyebabkan, kenapa di tiap tempat, memiliki bahasa yang berbeda.
 


Apalagi di Indonesia, yang geografisnya kepulauan, sehingga orang makin terisolasi, menyebabkan makin uniknya bahasa yang ada.



kok ada bahasa yang mirip-mirip ya gan?


begini gan. sekelompok nenek moyang kita bertemu dengan sekelompok nenek moyang lainnya. Bahasa mereka membaur dan menciptakan bahasa baru, yang teknisnya disebut sebagai “super-language”


Itu sebabnya kenapa faktor jarak, juga mempengaruhi bahasa yang ada. Seperti misalnya negara yang berdekatan, seringkali memiliki kata-kata yang mirip, karena mereka saling membaur. nah, jadi udah jelas gan kenapa bahasa spanyol dengan mandarin, yang ngga ada mirip-miripnya 




Akhirnya kejawab gan!

kejawab sudah pertanyaan kita kenapa bahasa bisa begitu beragam. Tapi hal ini juga masih diperdebatkan lho gan. jadi selamat mengambil les bahasa asing untuk menambah pengetahuan  dan tetaplah cinta bahasa pemersatu kita bersama, yakni Bahasa Indonesia  






Sumber : kaskus / parchedcell

0 Response to "Kenapa bahasa di Dunia beragam? Ga 1 aja? "