HotCopas.net

Kenapa Upacara Bendera Harus Hari Senin, Kenapa Gak Hari Jumat?

Mengapa upacara bendera di sekolah harus dilaksanakan hari senin?


Entah kenapa upacara bendera (kecuali saat hari proklamasi) harus dilaksanakan hari senin. Padahal hari senin sendiri adalah hari yang (mungkin) paling dibenci oleh anak-anak sekolah, terutama pada saat harus berpakaian atribut lengkap dan berdiri dilapangan selama lebih dari 30 menit dengan teriknya cahaya matahari setelah kemarin bisa beristirahat seharian. Apalagi setelah upacara bendera, pelajaran pertama adalah matematika, sebagian besar pasti kalang kabut.



Kembali ke judul, kenapa ane tanya kenapa gak hari Jumat saja? Ini karena..



Proklamasi RI jatuh pada hari Jumat:


Seperti yang kita ketahui, Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, yang mana pada hari itu adalah hari Jumat, bukan hari Senin. Nah, berdasarkan hal ini, seharusnya upacara bendera dilaksanakan pada hari Jumat.



Lah, kalo begitu kenapa harus hari Senin ada upacara bendera?
Setelah ane coba Googling kesana kemari, ane menemukan beberapa alasan yang mungkin bisa menjelaskan pertanyaan ini.



Hari Senin adalah hari pertama setelah libur akhir pekan:


Senin adalah hari pertama memulai kegiatan setelah libur akhir pekan, jadi dianggap tubuh dan pikiran sudah selesai beristirahat pada kemarinnya. Karena Senin adalah awal siswa sekolah masuk setelah libur hari minggu, maka awal hari ini lah dirasa pas untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme. Dengan menghayati upacara bendera tiap hari Senin maka kita bisa terus mengingat orang-orang yang pernah berjuang dari dulu dan kitapun bakal berjuang selama seminggu karena tugas menjalankan sekolah atau kerja selama seminggu.


Hari Jumat sudah mulai hilang semangat:


Apa sih yang bakal kalian pikirkan pada hari Jumat? Mulai dari pulang cepat (karena ada sholat Jumat), rencana jalan-jalan (kalo yang Sabtu Minggu libur), dan udah hilang semangat buat belajar lagi (menghadapi Senin sampai Kamis itu melelahkan) . Jadi udah bisa ditebak kalo upacara bendera hari Jumat bakal berkurang manfaat dari upacaranya, yaitu rasa nasionalisme.



Ternyata adalah kewajiban:


Kalo mau yang lengkap baca di sini
Jadi intinya, Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mewajibkan semua sekolah, baik negeri maupun swasta untuk menggelar upacara bendera setiap hari Senin. Kemendikbud akan memberikan sanksi bagi sekolah yang melanggar aturan tersebut. Aturan ini diberlakukan karena makin banyak sekolah yang melupakan upacara bendera pada hari senin.




Lalu, kenapa harus pagi hari?


Masih semangat
 

Pada pagi hari tentu kita masih bersemangat (karena baru bangun) dalam menghadapi kegiatan pada hari tersebut (kecuali buat orang-orang yang malas bangun), tubuh dan pikiran masih dianggap mampu untuk mengikuti upacara bendera karena belum dihadapkan dengan pelajaran-pelajaran yang memusingkan (siapa juga yang mau upacara pas pulang sekolah ). Selain itu, dengan bangun pagi kita diajarkan untuk lebih disiplin pada waktu dan sinar matahari pagi itu menyehatkan (gak bikin hitam kulit juga)



Sumber : kaskus / pkrz

0 Response to "Kenapa Upacara Bendera Harus Hari Senin, Kenapa Gak Hari Jumat?"