HotCopas.net

Manfaat Tidur Siang dan teknik kafein nap

TIDUR SIANG

Anda harus tidur di antara makan siang dan makan malam, dan tidak ada langkah-langkah setengah jalan. Lepaskan pakaian dan naik ke tempat tidur. Itulah yang selalu saya lakukan. Jangan berpikir Anda akan melakukan sedikit pekerjaan karena Anda tidur di siang hari. Itu gagasan bodoh yang dipegang oleh orang-orang yang tidak memiliki imajinasi. Anda akan dapat mencapai lebih banyak. Anda mendapatkan dua hari dalam satu waktu, yah, setidaknya satu setengah hari, saya yakin. Ketika perang dimulai, saya harus tidur siang karena itu satu-satunya cara saya bisa mengatasi dengan tanggung jawab saya.
~ Sir Winston Churchill



Kuasai Seni Tidur Siang

Menurut Sara Mednick, PhD , tidur siang akan memungkinkan Anda untuk :
ü Meningkatkan kewaspadaan
ü Mempercepat kinerja motorik
ü Membuat keputusan yang lebih baik
ü Meningkatkan persepsi
ü membuat anda terlihat muda
ü Meningkatkan kehidupan seksual Anda
ü Menurunkan berat badan
ü Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke
ü Meningkatkan stamina
ü meninggikan suasana hati
ü Meningkatkan kreatifitas
ü Mengurangi stres
ü Bantuan memori
ü Mengurangi ketergantungan pada obat-obatan / alkohol
ü Mengurangi migrain
ü Meningkatkan kualitas tidur malam hari Anda
ü Dan akhirnya , tidur siang itu baik dan enak



NASA menyatakan bahwa "tidur siang meningkatkan produktivitas sebesar 35% dan kemampuan pengambilan keputusan hingga 50%". Mudah-mudahan anda yakin... Selain itu, siapa yang tidak menikmati tidur siang?

Manusia dewasa secara alami adalah bifase. kita secara neurologis terbiasa untuk tidur siang. Tidur siang terjadi antara 6 dan 8 jam setelah bangun – itu antara jam 01:00-3:00 jika Anda bangun pada jam 7:00. Tapi tidak ada aturan keras dan ketat ketika Anda harus tidur siang.



Dengarkan Tubuh Anda

Tidur siang secara alami (yaitu tanpa alarm) berlangsung selama 20-60 menit, kadang-kadang sampai 90 menit tapi jarang lebih. Jika tidur siang berlangsung lebih lama dari 90 menit bisa berarti dua hal :

1. Anda kurang tidur.
2. Tidur anda terjadi lebih dari jam 15:00.

Tidur siang terlambat lebih mungkin karena anda masuk ke tidur nyenyak (SWS), yang sebenarnya baik-baik saja, tapi membuat tidur siang lebih lama. Tidur siang lebih awal hanya masuk di REM. Terlepas dari durasi tidur alami, saya berusaha membatasi tidur siang hanya 20 menit. Tidur siang kurang dari 20 menit disebut Power Naps dan hanya mencakup tahap 1, tahap 2, dan kadang-kadang REM. Tidur tahap 3 dan 4 (alias Slow -Wave - Sleep / SWS / tidur lelap), akan membuat anda pusing karena bagian inti dari otak anda sedang di shutdown. Bangun di tengah episode SWS berarti bagian-bagian otak tersebut harus direstart. Hasilnya: anda merasa grogi.
Tidur siang dengan SWS sangat alami dan sangat restoratif. Jadi tidur siang 60-90 menit masih OK. Tapi peneliti menemukan bahwa mereka butuh sedikit keterampilan untuk mengeksekusi tidur ini dengan baik. Power naps adalah lebih mudah dan solusi yang lebih mengefektifkan waktu.
Tidur siang adalah keterampilan. Pada awalnya Anda mungkin merasa sulit untuk tertidur bahkan jika Anda lelah. Atau mungkin anda tidak bisa menghentikan kecanduan menekan tombol snooze dan cenderung kebablasan tidur siangnya. Ambil cukup waktu untuk latihan. Hal ini layak di upayakan.



KAFEIN

Minum Kafein Pada Pagi Hari, Bukan Di Malam Hari
Bila anda suka kopi, kafein dalam sistem tubuh akan mengurangi jumlah tidur nyenyak yang terjadi pada malam hari. Anda akan terbangun dengan perasaan kurang segar, dan dari waktu ke waktu tubuh anda membutuhkan lebih banyak waktu tidur untuk mengimbangi kualitas tidur yang buruk. Anda akan memiliki lebih sedikit energi, yang pasti akan anda lawan dengan meminum lebih banyak kafein. Jangan jatuh ke dalam siklus ini.

Kafein aman dan mungkin memiliki manfaat kesehatan yang baik. Kuncinya adalah dalam waktu meminumnya. Waktu yang paling aman adalah di pagi hari, tepat ketika anda bangun. Efek kafein bertahan 6 jam dan akan membuat anda terjaga sampai pada saat anda tidur siang. Pada saat itu anda dapat meminum lebih banyak kafein segera sebelum atau setelah tidur siang itu.
Kafein 6 jam sebelum tidur akan mengganggu tidur.

Kafein membutuhkan waktu 30 menit setelah anda konsumsi untuk memasuki aliran darah Anda dan memiliki efek pada konsentrasi Anda.


Kafein Nap : menenggak kafein sebelum tidur siang. Anda akan bangun secara alami 20-30 menit kemudian setelah tendangan kafein dalam tubuh anda. Anda akan bangun dengan dorongan energi yang besar dan mungkin euforia ringan. Atur alarm sebagai cadangan. Batasi tidur siang selama 25 menit sehingga Anda tidak memasuki tidur nyenyak.

Kedengarannya aneh, tapi cobalah.



Sumber : kaskus / thelimitless

0 Response to "Manfaat Tidur Siang dan teknik kafein nap"