HotCopas.net

Maskot Piala Eropa dari Masa ke Masa

Piala Eropa atau Euro Cup adalah sebuah kompetisi sepak bola, berbeda dengan Piala dunia atau World Cup yang bisa diikuti oleh semua Negara, kompetisi ini hanya bisa diikuti oleh Negara Negara Eropa saja.

Kompetisi empat tahunan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1960 dengan Perancis sebagai tuan rumah. Tapi pada tahun 1980 Italy membuat suatu gebrakan untuk mereprentasikan dengan membuat sebuah ikon berbentuk maskot sebagai ciri khas gelaran 4 tahunan itu. Pada tahun berikutnya, penggunaan makot menjadi hal yang serasa wajib bagi tuan rumah.

Berikut maskot mascot Piala Eropa dari 1980 hingga sekarang



1. Euro 1980 Italy : Phinochiio


Phinichiio adalah maskot pertama Euro, seperti namanya dia mempunyai hidung yang panjang dengan warna bendera Italia dan berbadan kayu, memakai topi putih seperti perahu kertas dengan bertuliskan Europa 80.



2. Euro 1984 France : Peno


Peno adalah maskot selanjutnya, berbentuk ayam jantan yang mewakili simbol dari Perancis yang menjadi tuan rumah, sekaligus menjadi julukan mereka. Peno memakai jersey berwarna biru khas Perancis, memakai sarung tangan dan di bagian dada kirinya bertuliskan 84.



3. Euro 1988 Germany : Berny


Berni, maskot berbentuk kelinci ini memakai jersey hitam,celana merah, dan kaos kaki kuning yang melambangkan bendera dari tuan rumah, yaitu Jerman. Dia juga memakai ikat kepala dan gelang di kedua tangannya.



4. Euro 1992 Sweden : Rabbit


Maskot Swedia ini juga menggunakan karakter kelinci, dilihat dari karakternya, Rabbit tidak jauh berbeda dari maskot Berny. Dengan memakai jersey berwarna kuning dan diberi sedikit sentuhan biru. Dan tulisan yang ada pada bajunya pun sama seperti Berny.



5. Euro 1996 England : Goliath


Goliath karakter singa yang melambangkan Three lion. Simbol khas dan kebanggaan tim tuan rumah, memakai jersey dan celana biru, dan memegang bola di tangan kanannya.



6. Euro 2000 Belgium & Netherland : Berielucky


Karakter ini merupakan setan singa, karena memiliki tanduk, rambutnya pun memiliki lima warna melambangkan bendera dari kedua tuan rumah, yaitu Belgia dan Belanda. Berielucky memegang bola bertuliskan Euro 2000. Nama Berielucky dipilih karena alasan agar semua Negara yang ikut berpartisipasi mendapatkan keberuntungan di Euro 2000.



7. Euro 2004 Portugal : Kinas


Berbeda dengan maskot maskot sebelumnya yang berkarakter hewan, maskot ini adalah seorang anak yang bernama kinas. Mengenakan jersey timnas Portugal, Kinas diambil dari Quinas salah satu simbol dari bendera Portugal.



8. Euro 2008 Austria & Switzerland : Trix dan Flix


Mungkin karena diadakan di dua Negara, Trix dan Flix adalah maskot kembar pertama di Euro. Trix memakai jersey putih dengan garis merah dan angka 20, sedangkan Flix memakai jersey merah bergaris putih dengan angka 08.

Nama nama itu dipilih setelah pemungutan suara dari masyarakat dari kedua Negara tuan rumah. Kedua maskot tersebut di ciptakan oleh Warner Bros Costumer Product.



9. Euro 2012 Poland & Ukraine : Slavek dan Slavko


Maskot Euro 2012 ini juga memiliki dua maskot, yaitu Slavek dan Slavko. Slavek dengan jersey putih bergaris merah dengan angka 20, hampir sama seperti yang di pakai Trix, hanya saja Slavek diberi kerah, sedangkan Slavko yang mewakili Ukraina memakai jersey kuning bergaris biru dengan angka 12.



10. Euro 2016 France : Super Victor


Meskipun belum diselenggarakan gak ada salahnya kan di share..

Maskot kali ini adalah seorang anak kecil yang bernama Super Victor, memakai jersey Perancis dan memakai jubah seperti Superman, dengan angka 16 di jerseynya.




Sumber : kaskus / riez.anggara

0 Response to "Maskot Piala Eropa dari Masa ke Masa"