HotCopas.net

Mau memulai hari dengan lebih bersemangat, gan? Lakukan hal-hal ini

Apa yang pertama kali kita lakukan di pagi hari kerap sangat menentukan mood kita sepanjang hari.Mungkin agan-agan pernah mengalami terbangun dalam keadaan yang kurang baik atau terburu-buru di pagi hari dan seolah hari terasa panjang dan melelahkan?

Berikut adalah kiat-kiat sederhana yang disarankan oleh Steve Scott, seorang penulis, blogger dan pembicara tentang pengembangan diri dan perubahan kebiasaan tentang memulai hari dengan lebih bersemangat .



1. Terpapar Cahaya


Kiat pertama adalah, papar dirimu dengan cahaya yang terang. Badan kita, secara alami diprogram untuk terjaga ketika terkena cahaya.

Tirai (atau gorden) yang dibiarkan terbuka di malam hari akan membantu cahaya masuk di pagi hari. Jika memiliki dana yang cukup, pilihlah jam beker (alarm clock) yang dapat memancarkan full spectrum light (spektrumnya seperti sinar matahari) yang dapat merangsang “matahari terbit” di tempat tidur agan-agan.

Untuk agan-agan yang mulai beraktivitas bahkan sebelum matahari terbit (misalnya yang harus berangkat kerja subuh-subuh karena takut terkena macet), mungkin bagian ini bisa disiasati dengan sumber cahaya lain. Setidaknya biarkanlah tubuh kita terkena cahaya yang baik selama 5 menit agar dia tersadar bahwa sudah saatnya memulai hari baru





2. Bersih-bersih


Bersih-bersih akan membantu kita untuk betul-betul sadar bahwa hari yang baru sudah dimulai.
Cuci muka dengan air dingin dan mandilah walaupun sebentar (intinya mah tubuh udah basah, supaya segar). Disarankan untuk sikat gigi, setidaknya berkumur.





3. Minum air


Badan kita butuh air, khususnya tepat setelah bangun tidur. Minumlah air putih setidaknya 1 gelas (240ml) air di 30 menit pertama setelah bangun tidur.




3. Makanlah


Tubuh kita butuh makanan setelah bangun tidur. Jangan makan terlalu banyak karena malah akan membuat kita jadi melempem dan malas. Pada masa ini disarankan untuk memakan buah, berry, kacang-kacangan, yoghurt atau makanan yang bersifat anti oksidan lainnya.




5. Gerakkan badan (olahraga)


Supaya lebih bersemangat, bergeraklah. Tidak perlu olah raga yang terlalu berat. Paling tidak, kita merangsang jantung berdetak lebih cepat sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh dan khususnya otak menjadi lebih banyak. Hal ini akan men-stimulasi otak untuk bekerja lebih baik.
Olahraga ringan dapat berupa: jalan kaki, jogging, naik turun tangga 10 kali, melompat (jumping jacks) sebanyak 25 kali atau yoga sederhana.





6. Bangunkan indramu


Kadang kita merasa linglung saat bangun dari tidur atau malas untuk melakukan sesuatu. Hal ini dapat disiasati dengan mengaktifkan kembali panca indra kita: menghirup aroma yang segar (dapat berupa wewangian atau minyak kayu putih), memegang es di telapak tangan secara bergantian selama 30 detik, atau mendengarkan lagu ber-beat cepat yang membuat kita ingin menari.




7. Terhubung dengan yang terkasih


Ini yang kadang terlupakan. Terhubung secara emosional dengan orang-orang yang kita kasihi akan memberikan kita tambahan semangat untuk memulai hari.
Untuk perantauan atau yang sedang menjalani hubungan jarak jauh dapat mengirimkan pesan pendek di pagi hari kepada orang tua, keluarga atau kekasih.
Buat yang tinggal bersama keluarga, dapat bercengkrama sejenak atau memberikan pelukan di pagi hari.
Jika kita terpaksa berangkat terlebih dahulu sebelum pasangan kita bangun, mungkin dapat meninggalkan pesan cinta agar dia tersenyum ketika membacanya setelah bangun tidur (prikitiw)





8. Libatkan hasrat (passion)


Passion is a mood buster. Bagi banyak orang, melakukan apa yang dia sukai dan memikirkan apa yang dia ingin raih akan memberikan energi positif di pagi hari. Setelah melakukan ke-7 hal sebelumnya, akhir dengan melakukan apa yang anda suka. Baca koran atau hal-hal yang menarik bagi yang suka membaca; bermain musik bagi yang suka musik, atau hal-hal lain. Lakukan dengan hasrat namun ringkas. Meskipun kita sangat menyukainya, kita tidak boleh membuang-buang waktu. Jika masih ada waktu tersisa, luangkan juga waktu sejenak untuk memikirkan hal-hal yang ingin anda raih. Visualisasikan di pikiran ketika kebahagiaan itu dapat kira raih. 






Sumber : kaskus / Lexatmaja

0 Response to "Mau memulai hari dengan lebih bersemangat, gan? Lakukan hal-hal ini"