HotCopas.net

Mengenal Istilah-istilah Moto GP

Berawal dari nonton Moto GP, dengerin komentator sama review banyak istilah yang gak ngerti kemudian coba googling istilah apa saja yang ada di Moto GP. Berikut istilah-istilah yang berhasil dikumpulin :


 
Apex:


APEX Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi



Braking Marker:


Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.



Chicane


Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.



Compounds:


Tipe / jenis karet yang digunakan oleh ban



Curbstones


Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap. Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan kendaraan keluar lintasan.

 

Displacement:


Kapasitas CC dari mesin motor, contohnya, 1000 cc, 600 cc



Dry Race


Balapan yang dimana permukaan track dianggap kering oleh Race Direction, kebalikan dari Wet Race. Dalam keadaan kering, pembalap menggunakan ban slick pada motornya.



Dorna


organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. 



Endo:


Trik dalam mengerem motor secara mendadak sampai bagian belakang motor terangkat



Fairing:


Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.



FIM


sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor



GP (Grand Prix):


Event Balapan, Moto GP, Moto 2 dan Moto 3



Grid


Tanda starting point start/ finish di lintasan balap



Hairpin:


Disebut juga tikungan tusuk konde. Karena bentuknya seperti konde ibu-ibu pejabat. Di balap Tanah Air disebut tikungan balik badan. Tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis. Bahkan, tidak jarang harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar. Sesuai besarnya sirkuit.



High Side


Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.



Hole-Shot


Memimpin balapan pada tikungan pertama



Low Side:


Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.




Lean Angle:
 

 Kemiringan motor dan pembalap pada saat tikungan, kadang kala lutut pembalap menyentuh lintasa



OnBoard:


kamera yang terpasang pada motor



Parc Fermé


Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.



Paddock


Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya. Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.



Pit Area


Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.



Pit Lane


Selain Pit Area,ada juga Pit Lane.Letaknya segaris dengan Pit Area.Di Sentul besar,bisa dilihat dengan garis kuning.Di garis ini,para marshall pengibar bendera berdiri .Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor pembalap lalu lalang di depan Pit Area.



ole position atau Pole


Menandakan urutan pembalap yang berhak menempati urutan paling depan/pertama dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi



Race Director Room


Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.



Rookie


Pembalap baru/pendatang baru. isitilah ini dipakai disemua kelas



Rostrum


Kata lain dari podium


 
Scrutineering


proses pemeriksaan teknis yang dilakukan secara detail, baik dilakukan sebelum dan/atau sesudah balapan



Slipstrema


Keadaan dimana pembalap mengikuti pembalap lain dari belakang dan menunggu momentum untuk mendahuluinya



Swingarm:


Tempat dimana rantai dan suspensi belakang dipasang



Topping the timesheet

Add caption

Kegiatan me-record yang tercepat dalam sesi latihan dan kualifikasi



Tyre Wall


tembok ban dibentuk sebagai barir ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.



wheele


Mengangkat roda depan sambil melaju



Wild Card


Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.



Sumber : kaskus /  neozonk

0 Response to "Mengenal Istilah-istilah Moto GP"