HotCopas.net

Pengen Menghargai dan Dihargai Gan ? Cukup Lakukan Hal-Hal Kecil Ini !!

Semua orang pasti ingin mendapatkan segala keinginan dan hasrat nya bukan gan ? ,namun demikian kita tidak seharusnya mengorbankan perasaan orang lain dalam mendapatkan hal-hal tersebut gan. Kita sebagai makhluk sosial tidak akan mungkin bisa hidup sendiri tanpa dukungan dan andil dari orang lain, oleh karena itu untuk dihargai dan dihormati oleh orang lain, terlebih dahulu kita harus membiasakan diri untuk menghargai orang lain  

Ada ungkapan yang mengatakan “tidak perlu memberikan seekor gajah kepada seekor harimau yang sedang lapar, akan tetapi seekor rusa saja sudah cukup”, artinya untuk menghargai orang lain, kita tidak harus selalu memberikan dan melakukan hal-hal yang besar untuk mereka, akan tetapi perilaku-perilaku kecil berikut juga cukup untuk membuat mereka merasa kita hargai, apa sajakah itu ? yuk cekidot gan


Jika ingin dihargai, anda harus menghargai



Menghargai seseorang itu, bisa diwujudkan dengan melakukan hal-hal kecil ini gans  :





1. Biasakan menyisipkan kata “tolong” jika meminta sesuatu.


Dengan membiasakan menyisipkan kata “tolong” di awal kalimat perintah, orang lain akan merasa lebih dihargai, misalnya : ambilkan pena >< tolong ambilkan pena, kira-kira lebih enak dengar kalimat yang mana gan ? . Kalimat yang tidak diawali kata “tolong” terkesan memerintah gan , bisa-bisa GanSis malah disuruh ngambil sendiri . Kayaknya hal-hal kecil seperti itu sering kita lupakan gan , padahal hal kecil seperti itu bisa membuat orang merasa lebih kita hargai.



2. Jangan “buang muka” ketika seseorang sedang berbicara kepada kita.


Ketika ada seseorang yang sedang serius berbicara kepada kita, hendaknya tanggapi percakapan tersebut. Bayangin aja ketika agan sedang curhat ke temen agan, lalu dia malah buang muka ke smartphonenya, dan malah lebih sibuk ngurusin smartphonenya ketimbang nanggapin percakapan agan dengannya, pasti kesel banget kan gan ? . Hendaknya jika ada keperluan mendadak, lebih baik permisi dulu ke lawan bicara, agar dia tidak merasa tersinggung. Dengan begitu, menanggapi percakapan dengan orang lain merupakan salah satu cara kecil buat menghargai orang lain.



3. Bersikap adil kepada orang lain.


Sikap tidak adil malah membuat kita dimusuhi orang lain, karena terkesan pilih kasih, sehingga disatu sisi orang menghargai kita, dan di sisi satu nya lagi orang lain malah memusuhi kita, maka dari itu berusahalah bersikap adil terhadap orang lain karena semua orang ingin diperlakukan secara adil, dengan bersikap adil kita lebih bernilai dimata orang lain.



4. Terima kritikan dan masukan dari orang lain.


Tentunya menerima kritik dan masukan disini adalah kritikan dan masukan yang bermanfaat dan tidak merugikan diri kita. Terima saja kritikan dan masukan dari mereka, sisanya tinggal tugas kita memilah-milah mana yang terbaik buat diri kita, karena kritikan dari orang lain itu bukan akhir dari dunia ini gan . Dan yang terpenting hindari sikap “gue yang paling bener” . Dengan menerima kritikan dan masukan dari orang lain, tentunya orang lain akan merasa kita hargai bukan gan ?



5. Jangan menegur/memarahi orang lain didepan orang banyak.


GanSis pernah dimarahin atasan atau keluarga yang lebih tua usianya dari GanSis didepan orang banyak nggak ? , yang jelas pasti malu bercampur jengkel gan . Hendaknya jika ingin menegur seseorang, lakukanlah di tempat-tempat tertentu yang sekiranya tidak bisa didengar oleh orang lain, sehingga orang yang bersangkutan tidak merasa dipermalukan, serta hendaknya teguran dilakukan dengan cara yang wajar dan tanpa ada unsur cacian dan makian, dengan begitu kita sudah menghargai orang lain.



6. Selalu menepati janji.


Menepati janji adalah salah satu cara menghargai orang lain, baik itu dalam hal hutang piutang ataupun ketika janjian dalam urusan apapun dengan pacar, temen maupun sahabat. Jangan pernah membuat janji yang rasanya tidak bisa kita tepati, yang pada akhirnya akan membuat orang lain berpikiran bahwa kita orang yang tidak bisa menepati janji dan membuat orang lain merasa tidak kita hargai. Maka dari itu, menepati janji, merupakan salah satu cara kecil untuk menghargai orang lain.



7. Menerima kekurangan orang lain.


Bukan rahasia umum lagi bahwa kita sebagai manusia sangat jauh dari kesempurnaan gan , maka kita tidak bisa menilai seseorang dari kekurangan yang dia miliki, karena dibalik setiap kekurangan seseorang, pasti terdapat kelebihan di diri mereka. Oleh karenanya hargai orang lain karena kelebihannya, jangan jauhi dia karena kekurangannya. Dengan demikian menerima kekurangan dan kelebihan dari orang lain merupakan salah satu cara menghargai mereka.



8. Hargai diri kita.


Lohh…mau menghargai orang lain, tapi kok malah menghargai diri kita gan TS ? Bagaimana mungkin kita bisa menghargai orang lain, jika kita sendiri tidak menghargai diri kita gan . Dengan menghargai diri kita sendiri, berarti kita tidak ingin dipandang jelek dimata orang lain, dengan begitu kita akan selalu berusaha untuk selalu bersikap dan berperilaku positif terhadap orang lain, agar mendapatkan penilaian yang positif dari mereka.



"Setiap perbuatan yang kita berikan kepada orang lain akan menjadi penilaian dari orang lain terhadap diri kita, maka dari itu sebisanya mari kita kedepankan sikap harga-menghargai, karena kedamaian serta persatuan tidak akan pernah tercapai jika tidak diawali dengan sikap harga-menghargai."



Demikianlah padangan ane tentang sikap harga menghargai gans, semoga bermanfaat buat GanSis semuanya dan sekian pastisipasi ane di event KOMBAT di Bulan September ini, kalau suka thread ane jangan lupa kasi Rate5 yak gan , dan jika ada yang mau ditambahin silakan komengnya gan  Terimakasih

Sumber : kaskus / .ded.

0 Response to "Pengen Menghargai dan Dihargai Gan ? Cukup Lakukan Hal-Hal Kecil Ini !!"