HotCopas.net

Poster-poster Perang Dunia yang trend hingga kini!

Apasih Poster itu? terus apa kekuatan super sebuah poster 297 mm x 420 mm? 

Wikipedia - Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif.








sejarah singkat poster :


Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.


Jules Cheret (31 Mei 1836 - 23 September, 1932) adalah seorang pelukis asal Perancis. Lahir di keluarga sederhana, Jules Cheret memiliki pendidikan yang sangat terbatas. Pada usia 13 tahun, ia mulai magang tiga tahun dengan lithographer dan kemudian minatnya dalam lukisan menuntunnya untuk mengambil kursus seni di École Nationale de Dessin. Cheret mengubah konsep poster itu dengan membuat poster yang sangat pictorial, di dominasi gambar dan menciutkan porsi teksnya. Cheret saai ini dikenang sebagai "Bapak poster modern".


Henri de Toulouse-Lautrec (lahir di Albi, Tarn, Perancis, 24 November 1864 – meninggal di Château Malromé, Perancis, 9 September 1901 pada umur 36 tahun) adalah seorang pelukis, ahli grafis, dan pelukis poster Perancis di akhir abad 19.
Ia sering membuat lukisan dengan papan kayu bergaya Jepang. Hal ini menjadikannya pelukis yang khas dan original.
Ia melakukan aktivitas melukisnya di daerah yang banyak dikunjungi orang, di tengah keramaian, misalnya di daerah Montmartre, seperti di Moulin Rouge.
Objek lukisannya banyak bicara tentang dunia perempuan, misalnya ia melukis biduan-biduan, pel***r, penari, artis sirkus, dan perempuan yang biasanya hadir di acara olah raga pacuan kuda. Ia menggambarkan watak dan karakter objek yang ia lukis secara mendalam baik dengan melukis secara proporsional sesuai asli maupun dalam lukisan karikatur. Ia menciptakan kurang lebih 1000 lukisan dan 5000 gambar serta 350 poster selama hidupnya.


Apa Kekuatan Super sebuah poster di Perang Dunia?
Pada saat perang dunia poster mempunyai kekuatan propaganda yang kuat.
pada zaman ini poster muncul sebagai pembawa pesan untuk penggalangan dana, perekrutan kaum muda untuk jadi tentara, mengajak rakyat sipil untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bela negara, ajakan untuk memacu produksi dan mengajak publik menghujat kebejatan musuh. Kebutuhan untuk menyampaikan pesan yang lugas dalam propaganda akhirnya menghasilkan corak gambar realis sederhana dan bahkan kasar. Kekuatan dari poster propaganda ini ada pada teks yang keras dan sloganistis.



DAFTAR POSTER YANG MASIH TREND HINGGA SAAT INI    
 "Keep Calm And Carry On"


adalah slogan yang didengungkan oleh King George VI di masa Perang Dunia II. pada saat itu kota-kota besar di Britania Raya terus menerus digempur rudal serta bom dari Hitler (Führer). Rakyat menjadi panik, takut keluar rumah, aktifitas lumpuh dan kegiatan ekonomipun berhenti.
British Government akhirnya memilih poster propaganda yang mampu membangkitkan semangat dengan penggunaan kata singkat sehingga mudah diingat dan merasuk langsung ke hati rakyat. Lahirlah Slogan Keep Calm and Carry On lengkap dengan logo mahkota sederhana di atasnya. Logo mahkota yang mengungkapkan bahwa ini adalah titah langsung dari sang Raja. Poster yang mampu membuat hati rakyatnya lebih tentram.




“I Want You for U.S. Army”


Pada masa Perang Dunia II, sebuah poster perekrutan tentara yang sangat terkenal diciptakan oleh seniman bernama James Montgomery Flagg pada 1917, dengan gambar Paman Sam menunjuk ke arah pengamat poster disertai tulisan "I WANT YOU!" ("Saya perlu kamu!"). Gambar ini telah ditiru dan diparodikan banyak kali sejak saat itu.
Paman Sam adalah sebuah istilah yang diciptakan di AS pada masa perang pada tahun 1812 untuk melambangkan Amerika Serikat. Nama istilah ini berasal dari nama seorang penyuplai daging bernama Samuel Wilson yang menyediakan daging-daging kepada para tentara dalam tong-tong bertuliskan "U.S." (singkatan dari United States: Amerika Serikat; namun oleh para tentara dijadikan singkatan dari Uncle Sam: Paman Sam).




“We Can Do It”


“We Can Do It.” Sebuah poster sederhana seorang wanita yang bekerja (berdasarkan karakter yang ada “Rosie Riveter”) meregangkan otot-ototnya, itu dienkapsulasi menemukan kekuatan baru perempuan di seluruh Amerika. Ditekan menjadi layanan di pabrik-pabrik di seluruh negeri, para perempuan merupakan bagian penting dari upaya perang AS dan untuk pertama kalinya dalam sejarah bangsa, menjadi kekuatan ekonomi yang harus diperhitungkan. Meskipun hal-hal berubah setelah perang berakhir, poster ini masih digunakan sebagai simbol kekuatan wanita. Suatu kekuatan, hanya terbangun oleh kebutuhan, yang akan mengubah wajah negara untuk generasi mendatang.




“Rise of Asia”


Menggambarkan seorang tentara Jepang yang mulia mencari melemparkan rantai kekuasaan Eropa dan berdiri di atas karikatur kalah dari Inggris dan Amerika Serikat, itu dimaksudkan untuk memberi tanda bahwa suatu tatanan baru terbit untuk membebaskan rakyat yang tertindas di Asia. Sayangnya untuk Jepang, tindakan mereka ini tidak meyakinkan siapa pun dan mereka menghadapi perlawanan berdarah di hampir setiap negara.




“Motherland Is Calling You”


Setelah Rusia memasuki perang, mereka menghasilkan sebuah poster perekrutan mereka sendiri yang disaingi panggilan Paman Sam untuk tentara di popularitas dan efektivitas. Dengan tatapan seperti penetrasi saat Paman Sam, Ibu Rusia menatap jiwa muda Rusia tevery dan mengingatkan mereka tentang ibu, nenek, istri, dan saudara mereka telah kalah dalam invasi Jerman brutal tanah air mereka, poster ini galvanis keinginan untuk membalas dendam yang dirasakan pria Rusia.



Untuk Tambahan















Sumber : kaskus / vinnipukh

0 Response to "Poster-poster Perang Dunia yang trend hingga kini!"