HotCopas.net

Senapan Otomatis (automatic rifle) yang Populer di Game-game Modern Military Shooter


Game modern military shooter baik genre first person (FPS) maupun 3rd person termasuk genre yang paling digemari. Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi gaming membuat game terasa makin realistis. Para pembuat (developer) bahkan berlomba-lomba membuat game sedekat mungkin dengan suasana perang yang sesungguhnya, termasuk pendekatan graphic yang makin detail dan real, sound effect, voice actor bahkan persenjataan yang sesuai dengan yang digunakan oleh para tentara di dunia nyata. Senjata-senjata yang ada di game terutama jenis senapan mesin dan otomatis, dibuat semirip mungkin dengan versi aslinya dari bentuk, suara, firerate dan recoil. Dari banyaknya senapan otomatis yang terdapat di game, berikut beberapa yang populer yang sering muncul di game-game military shooter. 




13. Steyr AUG (AUG A1) Type: Assault Rifle
Pembuat: Steyr Mannlicher GmbH & Co KG



Senapan ini biasa disebut bullpup. Desainnya diadopsi dari STG 77 (Sturm-Gewehr 77), senapan mesin andalan Jerman. Dirancang tahun 1970 oleh Horst Wesp Karl Wagner dan Karl Möser. Mulai diproduksi tahun 1978, dan digunakan oleh Bundesheer (sebutan untuk militer Austria) dan juga kepolisian setempat. Bentuknya yang unik tapi ringan (tidak sampai 4 kg) dengan recoil yang rendah, membuatnya banyak dipakai di beberapa negara yang konflik seperti Afganistan, Irak, Suriah bahkan Timor Timur.




12. Heckler & Koch XM8 Type: Assault Rifle
Pembuat: Heckler & Koch (H&K)



Senapan ini dibuat oleh H&K, perusahaan senjata dari Jerman tahun 1990 dengan desainer yang sama yang membuat produk fenomenal mereka, G36C. Awalnya bentuk dan desainnya merupakan proyek pesanan dari pihak US Army yang ingin sebuah senapan yang ringan, murah dan recoil yang rendah. Mereka bermaksud menggantikan M16 dan M14A Carbine yang dinilai sudah mulai ketinggalan jaman. Sayang beberapa masalah terjadi saat ujicoba terutama masalah baterai pada scope-sight yang cepat habis, yang membuat proyek dibatalkan. Namun beberapa negara tetap menggunakannya seperti Malaysia dan beberapa perusahaan penyedia pelayanan keamanan (Private Military Services)




11. Heckler & Koch MP5 Type: Submachine Gun
Pembuat: Heckler & Koch (H&K)



MP5 atau kepanjangannya Maschinenpistole 5 atau “pistol mesin” merupakan produk dari Heckler & Koch. Dikembangkan tahun 1960 dibantu pengembangannya oleh Oberndorf am Neckar. Bentuknya yang kecil dan ringkas dengan firerate yang tinggi dan cocok untuk pertempuran jarak dekat atau closed-quarter-battle (CQB), membuatnya digunakan oleh banyak unit baik kepolisian maupun militer. Total sudah lebih dari 40 negara yang menggunakannya termasuk team SWAT (Special Weapon & Tactics) dari Amerika. Hanya sayangnya, jangkauan (range) dari MP5 sangat rendah.




10. FN SCAR Type: Assault Rifle
Pembuat: FN Herstal



SCAR (Special Operations Forces Combat Assault Rifle) adalah senapan serbu yang dirancang oleh FN Herstal, perusahaan senjata asal Belgia atas pesanan dari US SOCOM (Special Operations Command), sebuah unit militer untuk operasi khusus. Ada dua jenis SCAR yaitu SCAR-L (light) dan SCAR-H (heavy). SCAR-H mempunyai daya rusak yang lebih besar dibanding SCAR-L, karena SCAR-H memakai peluru 7.62×51mm dibanding SCAR-L yang hanya memakai peluru 5.56×45mm, setara M16A1. Senapan ini pertama kali dipakai tahun 2009 oleh US 75th Ranger Regiment sebanyak 600 pucuk dan dimaksudkan sebagai alternatif pengganti M4 Carbine. Sampai sekarang, sudah ada 20 negara yang memakainya SCAR. 5.56×45mm




9. Heckler & Koch UMP45 Type: Submachine Gun
Pembuat: Heckler & Koch (H&K)



UMP45 atau Universale Maschinenpistole atau Universal Machine Pistol merupakan varian baru dari MP5 rancangan dari Heckler & Koch, dimana mereka ingin menciptakan suksesor dari MP5 yang lebih ringan dan murah. UMP45 dirancang tahun 1990, mulai diproduksi tahun 1998 sampai sekarang. Tetapi UMP45 bukanlah pengganti dari MP5 karena sampai sekarang kedua varian tersebut tetap masih diproduksi. Secara total sudah ada unit militer maupun kepolisian 20 negara yang telah memakai UMP45.




8. FN P90 Type: Personal Defense Weapon (PDW)
Pembuat: FN Herstal



P90 merupakan jenis personal-defense-weapon (PDW), yang dipertuntukkan bagi personil militer non-combatant seperti kru kendaraan perang, unit pendukung atau satuan anti teroris. Mulai dikembangkan tahun 1986 dan diproduksi tahun 1990 oleh FN Herstal untuk memenuhi pesanan NATO yang menginginkan sebuah senjata otomatis pengganti pistol beramunisi peluru Parabellum 9x19mm. Karena sebagai pengganti pistol, P90 hanya menggunakan peluru 5.7x28mm, sama dengan pistol FN Five-seven, tetapi dengan jumlah peluru 40 butir per clip. P90 hingga kini telah dipakai oleh unit militer, kepolisian dan pasukan anti teroris lebih dari 40 negara. Beberapa badan agen rahasia seperti M16 dan US Secret Service juga memakai P90.




7. IMI Micro-UZI Type: Submachine Gun
Pembuat: Israeli Military Industries



Micro-UZI merupakan varian dari submachine gun UZI yang dikembangkan oleh Uziel Gal bersama Israeli Military Industries (IMI) tahun 1949. Banyak yang mengatakan bentuk UZI terinspirasi dari SA23 dari Ceko, pistol otomatis yang pertama kali meletakkan clip dibawah gagang. Sedangkan Micro-UZI mulai dikembangkan tahun 1983, bersama dengan varian lain, Mini-UZI. Dibanding dengan varian lain, Micro-UZI memiliki bentuk dan berat yang lebih ringan, dengan fire-rate yang lebih besar sekitar 1200rpm (round per minute). Dengan kelebihannya itulah, Micro-UZI dipakai oleh banyak unit kepolisian dan tenaga keamanan di berbagai negara, termasuk badan rahasia seperti Israeli Isayeret dan US Secret Service.




6. M240 Type: General Purpose Machine Gun
Pembuat: FN Manufacturing



M240 termasuk jenis light-machine-gun yang dikembangkan oleh FN Manufacturing, anak perusahaan FN Herstal yang berada di Amerika, dan digunakan sebagai pengganti M60. Desain dan bentuknya dirancang oleh militer Amerika, berdasarkan desain dari FN MAG (Mitrailleuse d'Appui Général, atau General Purpose Machine Gun) . Sejak tahun 1970 selalu digunakan para pasukan infanteri anggota NATO, terutama US Marine, dan telah distandarisasikan oleh NATO sendiri. Selain berfungsi sebagai senapan serbu, M240 juga sering dipasang di kendaraan perang seperti Humvee bahkan Tank. M240 termasuk mudah dalam perawatan dan memiliki damage yang besar karena menggunakan peluru 7.62x51mm. Senjata ini selalu digunakan anggota NATO di berbagai konflik seperti di Somalia, Irak, Suriah, dll. 




. FAMAS F1 Type: Bullpup Assault Rifle
Pembuat: Manufacture d'armes de Saint-Étienne (MAS)



FAMAS F1 atau Fusil d'Assaut de la Manufacture d'Armes de Saint-Étienne atau Assault Rifle from the Saint-Étienne Weapon Factory dikembangkan tahun 1967 oleh Jendral Paul Tellie atas permintaan dari militer Perancis. Tahun 1978, FAMAS F1 resmi dipakai oleh militer menggantikan submachine gun MAS 49/56 dan MAT-49 yang sudah ketinggalan jaman. Sayang, performa senjata ini mengecewakan, seperti bahan plastik yang mudah pecah dan seringnya macet karena desain dari magazine yang buruk. Sebenarnya tahun 1994, diproduksi FAMAS G2, dengan beberapa perbaikan sesuai standard dari NATO. FAMAS G2 kemudian dipakai oleh angkatan laut Perancis, sedangkan FAMAS F1 masih dipakai oleh angkatan darat hingga kini.




4. Heckler & Koch G36C Type: Assault Rifle
Pembuat: Heckler & Koch



G36C merupakan varian dari G36, senapan serbu beramunisi 5.57x45mm keluaran Heckler & Koch (H&K) tahun 1990 di Jerman. Tahun 1995 G36 resmi dipakai oleh militer Jerman menggantikan G3 yang sudah usang. Ada banyak varian dari G36 yaitu G36V, MG36, G36K, G36KV, G36A2 dan G36C sendiri. Masing-masing varian memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. G36C dikembangkan tahun 2001 dan merupakan upgrade dari G36K, tetapi dengan bentuk yang lebih pendek. Sayang, tahun 2015, menteri pertahanan Jerman Ursula von der Meyer memutuskan mengganti G36 dengan HK417, hal ini dikarenakan G36 yang mempunyai kelemahan seperti senapan yang cepat panas yang menyebabkan recoil meningkat, sehingga menurunkan tingkat akurasi.




3. M4A1 Carbine Type: Fully Automatic Assault Rifle
Pembuat: Colt Defense, Bushmaster, Heckler & Koch



M4A1 Carbine merupakan varian dari M4 Carbine dimana M4A1 Carbine mempunyai fitur fully-automatic dibanding M4 Carbine yang hanya bisa 3 round-burst. Sedangkan M4 Carbine adalah varian dari M16A2. M41A dirancang tahun 2009 dan diproduksi tahun 2010 kemudian digunakan hampir di semua unit militer Amerika terutama Marine Force Recon, Army Rangers, Army Special Forces, Navy SEALs, United States Air Force Pararescue dan Air Force Combat Control Teams. M4A1 juga digunakan oleh pasukan anti teroris karena tingkat recoilnya yang rendah, flexibilitasnya sangat baik untuk pertempuran jarak dekat di ruangan atau B maupun pertempuran skala urban.




2. M16 Type: Assault Rifle
Pembuat: Colt Manufacturing Company




M16 merupakan adaptasi dari ArmaLite AR-15, yang pada tahun 1963 mulai dipakai oleh militer Amerika di perang Vietnam. M16 diciptakan karena tentara Amerika yang kerepotan menghadapi Vietcong yang menggunakan AK-47 yang fully-automatic. M16 mempunyai beberapa varian yaitu M16A1 dan M16A2, yang keduanya mempunyai 30 peluru di clip, dimana varian sebelumnya, M16 hanya 20 peluru. M16 beserta semua variannya telah dipakai hampir semua perang yang melibatkan Amerika, seperti Vietnam, Kamboja, Panama, Perang Teluk dan bahkan sejak krisis Irak masih dipakai hingga kini. Total M16 telah diproduksi sebanyak 8 juta unit dan merupakan senapan yang paling banyak diproduksi. Tetapi, kini M16 mulai diganti oleh versinya yang lebih baru dan ringan yaitu M4 Carbine.




1. AK-47 Type: Assault Rifle
Pembuat: Izhmash, Norinco



AK-47 atau Avtomat Kalashnikova merupakan senapan otomatis, yang dirancang oleh Mikhail Kalashnikov tahun 1945, tepat setelah PD 2 berakhir. Desain AK-47 konon mengambil ide dari STG44 (Sturmgewehr = storm rifle), senapan otomatis Jerman saat PD 2. Tahun 1948, AK-47 mulai dipakai oleh militer Sovyet. Setahun kemudian, senapan ini mulai resmi dipakai oleh mayoritas unit militer Sovyet dan semua negara-negara anggota Pakta Warsawa. Sejak pertama kali dibuat, senapan ini beserta semua variannya telah dipakai luas oleh unit-unit militer si seluruh dunia. Hal ini dikarenakan AK-47 termasuk senjata yang tahan banting di segala medan, mudah perawatan dan biaya produksinya yang murah dibanding senapan buatan negara Barat. Disamping itu firerate-nya lumayan tinggi, walau tingkay recoil juga tinggi. Walau tidak ada data pasti, tapi diperkirakan jumlah senapan ini telah diproduksi dan beredar di seluruh dunia telah mencapai ratusan juta pucuk, dan masih diproduksi sampai sekarang.


Itulah tadi beberapa senapan otomatis yang ada di game-game modern military shooter. Bagi yang mau menambahkan akan ane masukkan ke pejwan. Ane membuat trit tentang senjata api bukan berarti ane suka senjata dan perang ya, tapi ane tetap membenci peperangan dan cinta damai. Jika ada kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya.Terima kasih.

Sumber : kaskus / parasyte

0 Response to "Senapan Otomatis (automatic rifle) yang Populer di Game-game Modern Military Shooter"