HotCopas.net

Usia 20-an Adalah Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha Sendiri


Seiring perkembangan zaman, tipe-tipe dan kebiasaan anak muda pun berbeda pula. Zaman sekarang, meski masih banyak anak-anak muda berusia 18 sampai 34 tahun yang bekerja di kantor, namun jumlah anak muda yang memulai usaha sendiri semakin meningkat.
Generasi muda memang begitu berbeda dibandingkan dengan lainnya, kebanyakan dari kita cukup spesial dan berani berbuat hal berbeda dibandingkan lainnya. ''

SELAMA MANUSIA MAU BERUSAHA, TUHAN AKAN MEMBERIKAN REZEKINYA...
“DO WHAT YOU LOVE and LOVE WHAT YOU DO”.


Ini dia alasan mengapa kita HARUS memulai usaha sendiri!

1. Sosial Media

Kita pasti sangat ahli dalam bermain social media serta internet, dan hal tersebut bisa membantu mereka untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya ke masyarakat.
Oleh sebab itulah, meskipun bisnisnya bisnis rumahan, namun bisa terkenal sampai kemana-mana.
 


Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan memungkinkan kita untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk kita yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya.
Intinya, dengan menggunakan media sosial, kita memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.




2. Ide-ide Cemerlang Bertebaran di Internet

Generasi muda memang sangat kreatif. Saat melihat film-film di YouTube, mereka akan mendapatkan banyak inspirasi. Dari situlah, mereka menggabungkan apa yang mereka lihat dengan kreatifitas mereka sehingga terbentuklah hal baru yang bisa dijual. 

Sangat banyak tersedia video-video di YouTube atau situs lainnya yang mengajarkan kita bagaimana cara membuat suatu barang secara detail. Pelajari dan cobalah, bila berhasil mungkin bisa kita jadikan suatu produk baru.



3. Prinsip Menjadi Sukses Tanpa Bantuan Orang Tua 

Banyak sekali Generasi Muda yang bertekad untuk merubah hidupnya serta tak takut untuk hidup susah.
Melalui usaha sendiri, kita cukup yakin bisa merubah hidup menjadi lebih baik.
 



Di luar sana banyak orang yang bisa sukses secara mandiri. Tanpa mau merepotkan orang tua, mereka berjuang hingga kesuksesan bisa teraih dengan sendirinya.



4. Memiliki Passion dan Kreatifitas Tinggi

Banyak sekali yang memiliki passion serta kreatifitas tak terbatas, dan memiliki sejuta ide sehingga yakin bahwa usahanya bisa sukses diluar sana. 

Dengan adanya Passion dalam kehidupan kita, maka setiap kegiatan dapat memberikan keleluasaan dalam Berkreasi dan Improvisasi. Kita perlu mengembangkan Kreativitas dan Inovasi dalam setiap Aktivitas.



5. Tidak Suka Diperintah Orang Lain

Akuilah, bahwa Generasi Muda sulit untuk diperintah dan seakan memiliki “dunia”nya sendiri. Mereka lebih pintar dalam menggunakan teknologi serta memanfaatkannya. Didasari itulah, mereka lebih ingin menjadi pemimpin dan memimpin orang lain. 

“Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah Bosnya” – Bob Sadino



6. Terus Menginginkan Hal-hal Baru

Kita dipengaruhi oleh arus globalisasi serta mengalami perubahan dunia yang begitu cepat. Tak heran mereka cepat bosan terhadap pekerjaan yang biasa saja dan terus mencari tantangan-tantangan baru dalam hidupnya. 

Kebanyakan dari pelanggan, termasuk kta, pasti menginginkan hal-hal baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Karena memang kebanyakan orang memiliki sifat daya jelajah tinggi, yang artinya selalu ingin tahu terhadap sesuatu yang baru.
Berani berkreativitas berarti tidak takut untuk mengambil risiko. Itu semua tentang mencoba sesuatu hal baru yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun sebelumnya. Dimana belum tentu setiap orang akan berani melakukan hal demikian yang hasilnya pun tidak pasti. Kebanyakan orang akan merasa aman jika menggunakan metode lama yang telah teruji.




7. Pelajaran "Melihat" Dari Orang Tua Kita

Kita terkadang cukup sedih dan lelah menyaksikan kedua orang tua yang harus bekerja banting tulang siang malam mencari nafkah. Didasari inilah, sebaiknya kita ingin merubah nasib. 

Kesibukan dan tuntutan pekerjaan kerap memaksa kita menyingkirkan berbagai kebutuhan pribadi, menjadi mesin yang isi otaknya hanya kewajiban-kewajiban yang sama saban hari. Ucapkan selamat tinggal pada hobi dan kegiatan yang membuatmu kembali merasa utuh jadi diri sendiri.



8. Banyak Inspirasi Dari Motivator

Begitu banyak cerita anak-anak muda Generasi muda lain yang sukses nasional maupun internasional, serta semangat motivator yang tersebar dimana-mana. Tak heran jika semangat Generasi muda terus membara. 

Dari manakah datangnya inspirasi? Apakah harus menyepi dipantai? Apakah harus membaca koran tertentu?
Sebenarnya inspirasi ada di mana-mana. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari apa pun dan dari peristiwa apa pun, jika Anda pandai mengambil hikmah. Namun dari semua itu, inspirasi terbaik dan terkuat ada di dalam diri sendiri.




9. Gairah dan Semangat Masih Besar dan Suka Dengan Tantangan

Karena usia kita masih belia, sehingga semangat pun masih besar dan tidak takut terhadap tantangan yang menghadang. 

Orang yang rajin selalu melihat hidup ini dari sudut pandang positif. Mereka selalu optimis untuk meraih sukses meski ada begitu banyak rintangan dan halangan dalam menapaki perjalanan hidup ini.



10. Belum Ada Tanggungan Membuat Kita Berani Mengambil Risiko Lebih Tinggi

Anak-anak 20-an umumnya belum menikah dan tentu saja tidak memiliki anak. Oleh karena itu kita tak harus memikirkan orang lain kecuali diri sendiri. Sehingga, risiko yang ditanggung masih sangat kecil. 

Berbeda dengan apabila kita telah menikah dan mempunyai anak, untuk mengambil resiko di perlukan pemikiran yang matang agar kita tidak membuat sengsara keluarga yang kita tanggung.



11. Membangun Masa Depan Mulai Sekarang dan Tak Ingin Terlambat Mencoba

Ada sebagian dari kita yang takut jika langsung bekerja di kantor dan mendapatkan kenyamanan, maka sebaiknya kita mencoba mewujudkan impian kita sendiri. 

Mulailah bisnismu semuda mungkin karena dengan begitu kamu punya kesempatan yang lebih banyak untuk gagal. Agan akan punya kesempatan yang lebih besar pula untuk sukses.



12. Mencoba Untuk Keluar Dari Zona Nyaman

Semakin muda mereka mencoba sebuah tantangan, maka mereka akan “kebal” terhadap rasa takut terhadap hal tersebut. Sehingga, semakin dini mulai usaha, semakin berani dia menghadapi kegagalan dan bangkit kembali. 



13. Tentu saja: Kebebasan!

Yap, alasannya sangat sederhana. Berbisnis sendiri membuatmu bisa mengatur waktu dengan bebas serta tak ada hambatan. Siapa orang didunia ini yang tak suka dengan kebebasan penuh?  

Berwirausaha sedari muda berarti menjadi bos untuk dirimu sendiri sejak dini. Kebebasan dan otonomi yang ditawarkan dari menjadi wirausahawan tidak akan mungkin kamu dapatkan di pekerjaan kantoran. Kamu bisa mengatur waktu dan jadwal sesuai dengan kebutuhanmu. Di mana lagi coba, kamu bisa dapatkan kebebasan semacam itu?


Berani memulai usaha sendiri gan?

BANYAK YANG BILANG "MODAL YANG UTAMA",,, EMANG GAK SALAH JG SICH,,,
PADAHAL MODAL TERIAK DI PARKIRAN ATAU DI PERTIGAAN JUGA BISA JADI DUIT... YG PENTING AGAN MAU GAK...
JD KALO ANE BILANG SICH NIAT YANG UTAMA, DI IKUTI DENGAN LANGSUNG MENCOBANYA,,,
KARENA SAAT PROSES MENCOBA KITA AKAN BELAJAR DAN BERTEMU DENGAN ORANG-ORANG YANG MUNGKIN AKAN MEMBAWA KITA MENUJU KESUKSESAN DI JALAN LAIN...

Satu hal yang pasti dalam berusaha adalah menemukan kegagalan, dan proses kegagalan ini gak terjadi 1 kali aja lho,,, Mungkin ini takdir Tuhan krn klo smua orang berusaha langsung sukses pasti semua orang akan lupa diri,
Dari kegagalan biasanya orang akan mengetahui kekurangannya, dan kemudian PASTI berusaha untuk melakukan yang lebih baik, atau mungkin mencoba hal lain yg di anggap lebih baik.

Satu hal yg selama ini ane pegang adalah prinsip: SELAMA MANUSIA MAU BERUSAHA, TUHAN AKAN MEMBERIKAN REZEKINYA.
Dan pada saat proses berusaha itulah kita juga akan menemukan hal-hal baru dan orang-orang baru yang bisa membawa kita kepada kesuksesan.
So,,, drpd ane CUMA BERDIAM DIRI mikirin resiko2 yg akan ane tanggung saat berusaha, maka ane langsung kerjain apa yg ane bisa sambil pelajari apa yang bisa membuat ane maju...

Sebodoh-bodohnya orang yg buka usaha pasti gak akan memulai usahanya begitu aja,
misalnya tukang bakso, gak mungkin dia jualan bakso klo gak punya kemampuan dan gak punya kenalan yang berhubungan dengan Bakso, dan klo hari ini dia jualan di suatu tempat sepi, pasti dia besok akan ubah rute jualannya.
Klo usaha baksonya gagal, MUNGKIN saat beli bahan2 bakso dia liat jualan daging bakso di pasar itu lebih menjanjikan, kebetulan juga di kampungnya dia kenal dgn penyalur daging misalnya, maka dia pasti berpikir utk mencoba jualan daging,,,
Emang belum tentu saat jualan daging dia akan sukses, tp pada prosesnya dia akan belajar dan mengenal orang lain lagi... Dan seterusnya, dan seterusnya...

Itu cuma contoh aja lho... Berusaha, kenal orang lain, belajar dan pada akhirnya membawa kita menuju ke jalan kesuksesan,,,

Dan satu lg prinsip ane: DO WHAT YOU LOVE and LOVE WHAT YOU DO
Ane akan berusaha untuk menyukai pekerjaan ane supaya kerjaan itu gak terasa berat...




Sumber : kaskus / adoel.piero

0 Response to "Usia 20-an Adalah Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha Sendiri"