HotCopas.net

Wihara Patung 1000 Wajah di Pulau Bintan


Video keren tentang Wihara 1000 Wajah dan Patung di Pulau Bintan. Video by Barry Kusuma.  
Kepulauan Riau punya banyak potensi wisata yang memukau, salah satunya adalah pulau Bintan yang juga pulau terbesar di Kepulauan Riau. Lokasi Pulau Bintan terbilang sangat strategis karena terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka dan dari sejarahnya merupakan tempat singgah favorit bagi kapal dagang India dan Tiongkok untuk berlindung dari badai dan mengisi perbekalan. karena Pulau Bintan merupakan tempat singgah favorite para kapal dagang dari Tiongkok, membuat Pulau Bintan berbaur kebudayaan baik dari Melayu dan Tiongkok ada disini. tidak hanya itu, sampai saat inipun Wisatawan mancanegara (wisman) dari negara tetangga, Singapura dan Malaysia dipastikan lebih banyak lagi datang ke Kepri.



Karena percampuran budaya yang sangat kental sejak dahulu kala, di pulau Bintan inilah dibangun Wihara Ksitigarbha Bodhisattva yang terletak di perbukitan sebelah barat Kota Tanjungpinang. Wihara ini dibangun di Provinsi Kepri pada tahun 2010, Wihara ini menyimpan kemegahan yang luar biasa. Pada saat masuk kesini saya melihat gerbang depan, dan lapangan luas yang berdiri kokoh didepannya Gerbang utama yang sangat kokoh dan besar, kesini seakan berada di tembok cina. di Wihara ini terdapat patung “1000 Wajah” yang dapat dikatakan karya terbaik seni pahat yang dibuat dan didatangkan langsung oleh seniman Tiongkok. Patung-patung itu dibuat cukup tinggi dan besar, ukurannya melebihi tubuh orang dewasa, dan menariknya, ekspresi wajah patung-patung tersebut berbeda antara satu patung dengan yang lain, sangat mirip seperti wajah manusia aslinya. Tinggi rata-rata patung itu 1,8 meter, yang tertinggi dua meter, dan yang terpendek 1,7 meter.



Wihara ini merupakan salah satu dari banyak objek wisata religi di Tanjungpinang, khususnya bagi umat Budha. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan vihara-vihara lainnya, yakni Vihara Ksitigarbha Bodhisattva memiliki 500 patung murid Budha atau disebut sebagai Arahat. Arahat adalah orang yang telah mencapai kesucian spiritual tertinggi untuk mengikuti agama Budha.?Patung-patung tersebut dibuat atas dasar inspirasi terhadap kesucian para arahat tersebut dalam penyebaran Buddhisme. Secara historis ada ribuan arahat di seluruh dunia.




Bagi umat islam dan agama lain yang ingin mengunjungi Wihara ini dipersilahkan, karena Wihara ini terbuka untuk umum, baik yang ingin beribadah atau hanya sekedar melihat detailnya seni pahat patung Budha yang ada disana. Bila anda melihat dengan seksama patung-patung tersebut, seperti tercipta dialog yang terjadi antara anda dengan patung tersebut. Ada raut muka patung yang sedang tertawa riang gembira, ada yang seolah-olah mengejek, ada pula patung budha yang menyapa, dan banyak sekali raut wajah yang dibuat di wihara ini.


Sumber : kaskus / bheka

0 Response to "Wihara Patung 1000 Wajah di Pulau Bintan"