HotCopas.net

Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu ?

Gue dari kecil udah main game, console game pertama gue itu NES, waktu itu gue seneng banget sama game yang judulnya Double Dragon, semacam game beat'em up gitu (kalau sekarang sih game model gini berevolusi menjadi Yakuza atau Shen Mue), sedangkan game PC yang pertama gue mainin adalah Police Quest, Robin Hood dan Cobra Mission .

Gue hampir suka semua jenis genre game. Gue udah pernah main game di NES, Sega, SNES, Nintendo 64, Panasonic 3DO, PS1, PS2, Nintendo DS, Nintendo Game Cube, PS3, Nintendo Wii, Xbox 360, Nintendo 3DS, Nintendo Wii U, dan PC. Dari sekian banyak game dan banyak genre yang gue mainin dari berbagai jenis mesin tentunya ada beberapa yang paling berkesan dan menurut gue paling keren, jadi kalau misal ditanya orang, "bro menurut loe game apa sih yang paling bagus yang pernah loe mainin?" Nah, game-game berikut ini yang kemungkinan besar gue jawab. List ini gue sertakan juga ratingnya dari gamerankings.com yang isinya rata-rata dari puluhan bahkan ratusan reviewer, tentunya gue ga menulis berdasarkan gamerankings tapi berdasarkan selera pribadi, gamerankings hanya untuk penilaian secara umum saja.

Game yang bagus bukan soal grafik tapi gameplay, storyline dan juga game yang punya ciri khas membedakan dengan game lainnya, game yang punya inovasi baru dan hal-hal baru yang tidak disangka oleh player. Berikut adalah game-game terbaik sepanjang masa menurut gue. Angka 1 sampai 10 di bawah ini bukan peringkat menurut gue tapi menurut gamerankings, gue sendiri bingung yang paling bagus yang mana jadi gue urutkan sesuai rating dari gamerankings aja.
 
1. Super Mario Bros (gamerankings 97.64% dari 100%)
Exclusive Nintendo
NES


Wii U

Semua juga baik tua ataupun muda pasti tahu game ini, yah Super Mario Bros. Lahir pada tahun 1985 di NES dan akhirnya menjadi maskot Nintendo. Seri dengan nilai tertinggi di gamerankings adalah Super Mario Galaxy dari Nintendo Wii dengan nilai 97.64. Game dengan genre platform ini sukses menyihir anak-anak dan menjadi karakter paling terkenal di dunia game. Cerita Super Mario dari tahun 1985 sampai sekarang masih berkutat di aksi penyelamatan Mario dan teman-temannya (Luigi, Toad) untuk menyelamatkan Princess Toadstool yang diculik Bowser (atau anaknya). Gue pribadi paling suka dengan seri Super Mario 64 (Nintendo 64) dengan rating 96.41, Mario pertama dalam bentuk 3D ini ternyata begitu menyenangkan untuk dimainkan dan gue sendiri lebih suka versi 3D ini daripada versi 2D biasa walau versi 2D sekarang bisa dimainkan berempat. Mencari tempat-tempat rahasia, mencari bintang yang tersembunyi, berkeliling di dunia Mario 3D membuat kita melupakan waktu. Game ini juga bisa dimainkan oleh semua umur, menyenangkan untuk anak kecil juga untuk orang dewasa. Game Super Mario terbaru adalah Super Mario Maker dan sebelumnya ada Super Mario 3D World, keduanya ada di console Nintendo terbaru yaitu Nintendo Wii U.

Beberapa pesaing Super Mario adalah Sonic (yang dulu menjadi maskot Sega), kemudian Crash Bandicoot (maskot PS yang ga muncul lagi ga tau kenapa) dan sekarang pesaing terberatnya untuk Mario 2D adalah Rayman, yeah game ini juga dapat rating sangat tinggi yaitu 96 untuk Rayman Legends Challenge (tapi Rayman gagal total kalau dibuat 3D). Gue sendiri udah mainin Rayman di PS1, NGage, kemudian 2 seri di Xbox 360, emang pantas sih yang kasih rating, apalagi game ini bisa dimainkan berempat sama seperti New Super Mario Bros. Cuma kalau untuk jadi legenda seperti Super Mario, sepertinya belum.




2. The Legend of Zelda series (gamerankings 97.54%)
Exclusive Nintendo


NES



Wii U

Game ini sebenarnya ceritanya sederhana, tipikal save the princess namun di dunia fantasi medieval. Bercerita tentang Link seorang Elf dari desa biasa yang akhirnya mengemban tugas menyelamatkan putri kerajaan Hyrule yaitu Princess Zelda dari Ganondorf atau penjahat lainnya. Setiap seri walau intinya sama yaitu save the princess tapi ada yang membedakan, mulai dari setting dunianya atau konfliknya, seperti seri A Link Between World di mana Link harus menyebrang ke dunia paralel dan bertemu dengan orang-orang yang sama di dunia paralel namun berbeda kepribadian, atau seri Ocarina of Time di mana Link bisa menjelajahi waktu bolak-balik ke masa depan dan masa sekarang.

Dari sisi gameplay The Legend of Zelda menggabungkan action, adventure dan puzzle solving. Link dibekali dengan beberapa senjata yang akan membantu untuk mengalahkan musuh sekaligus menyelesaikan puzzle. Selain pedang dan tameng yang bisa diganti menjadi yang lebih baik (Master Sword dan Hyrule Shield), Link juga dibekali dengan beberapa peralatan sepert Hookshot (untuk mencapai tempat tinggi atau melewati tempat yang tidak bisa dilewati), Bomb (menghancurkan tembok atau lubang yang sudah retak), Titan Fist (sarung tangan magis yang membuat Link punya kekuatan fisik luar biasa), Element Rod (Fire, Ice, Tornado, Sand) untuk melewati dungeon atau untuk mengalahkan boss tertentu, dan masih banyak lagi.

Rating tertinggi di gamerankings adalah seri The Legend of Zelda Ocarina of Time (Nintendo 64) dengan rating 97.54% dan menduduki peringkat kedua (dikalahkan oleh saudaranya sendiri yaitu Super Mario Galaxy setelah lama bertengger di tangga juara gamerankings). The Legend of Zelda kalau melihat dari rating untuk seri utama ratingnya selalu berkisar antara 95-97, jadi bisa dibilang nyaris sempurna. Bisa dilihat di sini. Game ini setiap Nintendo mengeluarkan console baru pasti selalu ada seri barunya (dari zaman NES sampai sekarang Wii U), pembuatnya sendiri adalah petinggi Nintendo yaitu Shigeru Miyamoto. Gue sendiri main game ini udah dari versi NES, pertama rilis game ini adalah pada awal tahun 1986, berarti Legend of Zelda sudah berumur hampir 30 tahun dan entah sudah berapa seri yang dikeluarkan (males ngitungin wkwkwk mungkin sudah lebih dari 20 seri).

Selain untuk console, Zelda juga tersedia untuk handheld seperti DS dan 3DS. Biasanya Zelda versi handheld ini dibuat lebih mudah dibandingkan versi console-nya. Selama ini gue main The Legend of Zelda ga pernah ada yang mengecewakan, semuanya keren, gamenya dibikin dengan apik sekali, menyenangkan, menguras otak tapi tidak sampai stress, dan bisa dimainkan oleh semua umur. The Legend of Zelda juga menginspirasi beberapa pengekor untuk membuat game yang setipe dan banyak juga yang sukses walau tidak selegend game ini, beberapa pengekornya adalah Secret of Mana series (SNES), Legend of Mana (PS1), dan Brave Fencer Musashi (PS1) dari Squaresoft (sekarang Square Enix), kemudian ada game Alundra yang melahirkan 2 seri di PS1 (lumayan sukses) dan masih banyak lagi. Game The Legend of Zelda terbaru yang akan keluar nanti di Wii U kemungkinan rilis tahun 2016. Gue pikir game ini memang pantas sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa.





3. Grand Theft Auto series (gamerankings 97%)
Time Exclusive PS and Xbox 360 (PC biasa menyusul setahun kemudian)

PS1



PS, Xbox, PC

Game terbesar sekaligus termahal, itulah Grand Theft Auto, salah satu game yang mempopulerkan genre sandbox games, di mana di dunia GTA kita bisa bebas melakukan kejahatan apapun seperti merampok mobil, memukuli orang, memborbardir orang-orang tak berdosa dengan senapan mesin, dan lain-lain. Sebenarnya genre sandbox games juga sebelumnya sempat digunakan oleh Shenmue (SEGA) yang juga sukses, hanya saja GTA memberikan sandbox yang lebih luas dan lebih bebas daripada Shenmue. Di game ini kebanyakan kita berperan sebagai penjahat seperti menjadi pembunuh bayaran atau perampok. GTA menjadi game paling penuh kontroversi dan banyak orang tua kurang suka karena anaknya main game ini, beberapa hal negatif seperti sex, narkoba, kriminalitas, dan hal-hal negatif lainnya ditonjolkan di GTA. Well, sebenarnya game ini juga bukan buat anak kecil karena dari rating ESRB saja untuk 17 tahun ke atas.

GTA pertama itu adanya di PS1 rilis pada tahun 1997, pada saat PS2 keluar GTA 3 pun berevolusi menjadi 3D dan menjadi sangat disukai sampai sekarang. Nilai 97 didapatkan oleh GTA IV dan GTA V. Sempat juga muncul di Nintendo DS dengan judul GTA Chinatown Wars dan mendapat rating 92.71. GTA memang layak untuk masuk daftar game terbaik sepanjang masa dan akan selalu ditunggu sekuelnya oleh para penggemarnya.





4. Uncharted series (gamerankings 96.43%)
Exclusive Playstation 3 & 4



Uncharted series dibuat oleh developer Naughty Dog dan sampai sekarang sudah mencapai tiga seri, seri keempat ga lama lagi bakal muncul di PS4 pada awal tahun 2016. Genre game ini adalah action adventure third person shooter. Rating tertinggi 96.43 gue ambil dari seri kedua yaitu Uncharted Among Thieves. Seri pertama ratingnya 89.67 dan sering ketiga ratingnya 91.78. Yah, mendekati sempurna semua.

Uncharted bercerita tentang seorang pemburu harta bernama Nathan Drake dan beberapa temannya seperti Sully dan Elena. Mereka berkeliling dunia untuk mencari misteri-misteri sejarah, ya kalau ibarat film mirip Indiana Jones atau National Treasure. Uncharted dibuat dengan sangat apik, cutscene demi cutscene seperti kita menonton film dan semakin tertarik untuk mengetahui ceritanya lebih dalam, dibalut dengan gameplay yang juga luar biasa membuat game ini tampak sempurna sebagai game action adventure. Salah satu yang menarik Nathan Drake di sini bagaikan monyet yang pandai memanjat dan sepertinya mustahil dilakukan orang biasa, beberapa kali Nathan hampir mati gara-gara hampir jatuh dan hal itu lumayan menegangkan untuk player. Oh, ya di seri pertama Nathan Drake ke Indonesia dan sempat berbicara Bahasa Indonesia. Selain itu salah satu antagonis bernama Eddy Raja yang ditugaskan untuk membunuh Nathan Drake ternyata orang Indonesia.





5. The Last of Us (gamerankings 95.09%)
Exclusive Playstation 3




The Last of Us (2013) dibuat oleh developer Naughty Dog pada tahun 2013 dan menjadi salah satu game andalan PS3, yah gue juga awalnya mengernyitkan dahi karena developer ini adalah yang membuat game lucu Crash Bandicoot sewaktu era PS1 dulu dan sekarang mereka membuat game dewasa dengan tema Zombie Apocalypse di Playstation 3. Beberapa kru Uncharted juga ikut andil dalam membuat game ini, ga heran mereka emang luar biasa. Kalau ada yang tanya, "game zombie apa yang paling bagus yang pernah dibuat?" gue bakal jawab The Last of Us.

The Last of Us menceritakan seorang laki-laki yang terjebak di kacaunya dunia akibat wabah zombie dari jamur beracun. Laki-laki yang bernama Joel ini tersiksa secara batin karena anak perempuannya yang masih belasan tewas ditembak tentara dan mati di pelukannya. 20 tahun setelah kejadian mengenaskan itu Joel mendapat tugas dari Marlene yang merupakan kelompok organisasi Fireflies untuk mengawal seorang gadis berumur belasan tahun bernama Ellie dan membawanya ke organisasi. Awalnya Joel hanya menginginkan keuntungannya dari tugas pengawalan itu tapi seiring mereka berdua bersama, tolong-menolong, Joel merasakan ikatan batin yang kuat dan menganggap Ellie adalah anaknya. Game ini bercerita secara manusiawi, berbeda dengan Resident Evil yang temanya save the world, The Last of Us bercerita dengan lebih manusiawi untuk setiap karakternya, game ini mengaburkan antara yang baik dan yang jahat, karena siapapun juga di dunia yang sudah kacau ini ada kepentingannya masing-masing.

Dari sisi gameplay game ini menggunakan third person perspective. Pemain bisa menggunakan tangan kosong, pisau, pistol, panah, sniper, senjata otomatis sampai granat tangan. Kebanyakan game bermain dengan teknik stealth atau diam-diam supaya tidak ketahuan dan membunuh diam-diam dari belakang, tapi ada juga yang berhadapan langsung. Game ini lumayan menegangkan saat kita harus diam-diam bergerak supaya tidak ketahuan oleh zombie karena sekali ketahuan zombie yang jumlahnya banyak akan langsung menyerang kaya lagi tawuran. Musuh yang ada bukan hanya zombie saja tapi juga orang-orang biasa seperti bandit.

Kalau mau lebih jelas sama game ini memang harus main gamenya langsung, yang pasti game ini sangat memukau baik dari sisi gameplay maupun storyline, ga heran kalau gamerankings kasih nilai 95 untuk game ini. 





6. Ninja Gaiden series (gamerankings 94.76%)
Time Exclusive for Xbox and Xbox 360 (PS3 juga ada yang versi Sigma)


NES



Xbox 360, PS3

Ninja Gaiden 1 dan 2 masuk daftar gue sebagai salah satu game action adventure hack and slash terbaik yang pernah ada. Gameplaynya keren, skill-skillnya mantap dan banyak kaya game fighting, taktis, dan tingkat kesulitannya di atas rata-rata, loe ga bisa asal sabet aja kalau mainin game ini karena harus taktis dan juga harus cepat. Pilihan senjatanya juga sangat beragam mulai dari pedang, double stick, tongkat, tonfa, sabit, pedang raksasa, senjata cakar, dan lain-lain. Semua senjata bisa diupgrade, selain mengubah tampilan upgrade juga mengubah senjata menjadi lebih kuat dan membuka skill baru. Setiap senjata ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang harus dimanfaatkan maksimal oleh player. Player juga bisa menggunakan magic berbagai elemen yang juga bisa diugprade untuk membantu melawan musuh yang semakin lama semakin ganas.

Dari sisi cerita cukup standar, bercerita tentang Ryu Hayabusha seorang master ninja yang harus berurusan dengan Black Spider Clan yang ingin menguasai dunia. Musuh-musuh yang Ryu lawan cukup bervariasi mulai dari Ninja biasa sampai monster-monster dengan wujud mengerikan. Ninja Gaiden juga identik dengan cewek-cewek cantik pemanis game seperti Ayane, Momiji, dan lain-lain yang menjadi playable character di versi Sigma. Anehnya walau baju mereka sangat sexy, Ryu cuek aja cool ga ada sedikitpun ketertarikan. Walau begitu Ryu tak kenal ampun saat melawan musuh, seperti di seri Ninja Gaiden 2 (Xbox360) saat Ryu menggunakan Izuna Drop, otak mereka berhamburan saat Ryu membenturkan kepala mereka ke tanah. Tingkat kesadisan game ini memang di atas rata-rata game lain, karena itu versi Sigma (PS3) menyensor game ini dengan menghilangkan darah dan bagian tubuh yang berhamburan seperti otak.

Ninja Gaiden buatan Team Ninja (Tecmo) ini sebenarnya sudah ada dari zaman NES dulu semenjak tahun 1988 (Ninja Ryukenden versi Jepangnya) dan sudah terkenal dari dulu dengan tingkat kesulitan yang di atas normal. Tahun 2004 akhirnya Ninja Gaiden dibuat versi 3D-nya dan hasilnya sangat memuaskan, rating tertinggi adalah Ninja Gaiden Black dengan rating 94.76 di Xbox. Setelah itu Ninja Gaiden dibuat sekuelnya yang kedua di Xbox 360, sempat ada juga di Nintendo DS dengan judul Ninja Gaiden Dragon Sword. Sekuel keduanya yaitu Ninja Gaiden 2 nilainya drop di gamerankings dengan rating hanya 81.25 padahal menurut gue pribadi Ninja Gaiden 2 (Xbox 360) adalah Ninja Gaiden terbaik dengan gameplay yang paling keren, walau memang di seri kedua ini Ninja Gaiden lebih fokus pada action daripada puzzle atau mencari jalan keluar. Di seri ketiga Ninja Gaiden 3 Razor's Edge makin drop dengan rating 69 karena dibuat oleh Hayashi yang belum berpengalaman (cuma bikin versi Ninja Gaiden Sigma aja), Itagaki pembuat Ninja Gaiden 1 dan 2 memutuskan keluar dari Tecmo. Memang Ninja Gaiden 3 paling payah karena hanya meniru saja dari versi kedua tanpa ada tambahan yang berarti malah pengurangan di sana-sini termasuk jenis senjata, ceritanya juga kurang bagus. Tecmo berusaha memperbaiki di versi Razor's Edge dan ternyata juga tidak terlalu mendapat perhatian, hanya tingkat kesulitan yang semakin gila tapi justru malah tidak mengasyikan cuma bikin stress aja. Walau begitu tetap tidak menyurutkan niat gue untuk memasukkan Ninja Gaiden (terutama 1 dan 2) di daftar ini.





7. God of War series (93.58%)
Exclusive PS



Awalnya gue ga ada ekpektasi apa-apa sama God of War, gue kira ini game hack and slash biasa yang ga bakal bisa menandingi Ninja Gaiden, ternyata gue salah. Waktu main game ini gue dibikin melongo karena scene-scene-nya yang EPIC! Belum ditambah QTE (Quick Time Event), di mana kita harus menekan tombol yang tepat untuk melanjutkan event yang keren abis dan brutal. Soal gameplay ga usah diragukan, walau game ini tingkat kesulitannya jauh di bawah Ninja Gaiden (karena mau bikin game yang bisa dimainkan oleh semua orang) tapi waktu mainin game ini bener-bener menyenangkan dan bisa bikin lupa waktu. Dari sisi storyline juga game ini keren, diambil dari mitologi Yunani yang kental akan dewa-dewanya, bercerita tentang Kratos yang merupakan anak Zeus yang berusaha menentang kedigdayaan dewa. Karakter Kratos ini seorang anti hero yang jelas berbeda dengan hero-hero kebanyakan yang tanpa cela, Kratos ini malah tampak jahat dan sadis. Selain itu di game ini juga ada beberapa adegan dewasa, game yang bukan untuk anak kecil karena selain sadis juga ada adegan dewasa. Musuh-musuhnya jelas beberapa monster yang sering muncul di mitologi Yunani seperti Cyclops, Minotaur, Centaur, Medusa, Titan, dan lain-lain. Di seri GOW juga Kratos melawan beberapa dewa atau setengah dewa yang sudah terkenal semacam Ares, Perseus, Hercules, Poseidon, Hades dan tentunya Zeus.

Developer God of War adalah Santa Monica dan rating tertinggi untuk God of War (2005) adalah seri pertama yang mencapai rating 93.58, seri kedua 92.68, dan seri ketiga 92.07. God of War juga sempat dibuat spin off-nya seperti Chain of Olympus (91,44), Ghost of Sparta (87.31), dan yang terbaru adalah Ascension (79,34). Seri Ascension adalah seri terakhir God of War sampai saat ini, entah akan dibuat lagi atau tidak karena di seri Ascension nilainya drop jadi 79.34, padahal God of War biasa selalu mendapat rating kisaran 92-93. Sebenarnya memang God of War dari sisi storyline sudah tamat di seri ketiga, versi Ascension hanya prekuel sebelum God of War 1.





8. Final Fantasy series (92.72%)
Time Exclusive PS (Xbox ada setahun setelah versi PS rilis, PC lima tahun kemudian)


NES



PS4

Final Fantasy buatan Square Enix ini sudah ada sejak zaman NES, kemudian berlanjut ke SNES yang membuat game Final Fantasy VI terkenal, di zaman PS ada seri Final Fantasy VII,VIII dan IX, kemudian PS2 ada Final Fantasy X dan XII (seri kesebelas FF online), lanjut di PS3 dengan seri Final Fantasy XIII, kemudian PS4 yang akan keluar sebentar lagi yaitu game Final Fantasy XV (seri keempat belas online lagi). Rating 92.72 di atas adalah rating tertinggi untuk Final Fantasy IX, biasanya Final Fantasy mendapat rating kisaran 90-92 di gamerankings, kecuali Final Fantasy XIII yang cuma dapet rating 84 saja.

Final Fantasy adalah game RPG yang sangat terkenal, antara seri satu dan yang lainnya tidak ada hubungan sama sekali, berbeda setting, dunia, bahkan gameplay. Persamaannya paling hanya beberapa maskot Final Fantasy yang kadang muncul seperti Chocobo atau Moogle. Gue sendiri baru mainin Final Fantasy 2,5,6,7,8,9,10,12,13 jadi beberapa Final Fantasy klasik gue ga mainin tapi untuk seri 6 sampai 13 gue mainin semua sampai tamat. Gue pribadi paling suka Final Fantasy 6,7 dan 12.

Final Fantasy VI adalah Final Fantasy yang ada di SNES dan untuk beberapa reviewer mengatakan ini adalah Final Fantasy terbaik. Final Fantasy VI karakternya banyak ada 14 karakter dan semua karakter punya peran penting dan cerita masing-masing yang membuat cerita game ini kompleks. Setiap karakter juga punya ciri khas job dan skill tertentu yang membedakan karakter satu dengan yang lainnya. Final Fantasy VII adalah Final Fantasy 3D pertama yang muncul di PS dan merupakan Final Fantasy paling terkenal dan paling banyak franchise judulnya, bahkan Final Fantasy VII pernah dibuat versi film-nya dan sekarang sedang dalam tahap pembuatan versi remake dengan grafik next gen PS4. Memang seri ketujuh ini menarik dari sisi storyline dan juga gameplay. Final Fantasy XII salah satu Final Fantasy favorit gue, gameplaynya menarik dan taktis, dunianya juga luas dan asik untuk dijelajahi, banyak rahasia dan sidequest yang menyenangkan, salah satunya adalah Mob Quest. Ga kerasa gue mainin game ini mencapai play time 115 jam, play time terlama gue selama mainin game RPG.









9. Shadow of Colossus (91.43%)
Exclusive PS2
 

Sebelumnya gue ga ada ekspektasi apa-apa sama Shadow of Colossus (2005), apalagi sebelumnya gue ga mainin game ICO (developer yang sama yaitu Sony, ICO dapet rating 90.29). Awal-awal gue mainin game ini, cuma ada karakter game yang cuma bisa naik kuda, sabet pedang, dan menembakkan busur panah, udah cuma bisa gitu doank, apalagi gue biasa main Ninja Gaiden atau God of War dengan banyak skill keren, jelas gue menganggap game ini jelek awalnya. Setelah nyari jalan yang sepi banget ga ada musuh sama orang satupun , terus manjat sana-sini dan mencapai puncak, gue dibuat takjub dengan lawan pertama gue yaitu Colossus yang ukurannya berpuluh-puluh kali lipat karakter gue, seolah-olah Daud melawan Goliath. Setelah dihantam berkali-kali sama raksasa, gue mulai ngerti mainnya ternyata kita harus naik-naik ke badan raksasa Colossus itu dan mencari titik lemahnya, kita harus menggunakan taktik supaya bisa merobohkan raksasa itu. BRUG! Raksasa pertama roboh setelah gue tusuk pake pedang titik lemahnya tiga kali. Gue manggut-manggut. “GILA! Nih game keren juga, unik,” pikir gue waktu itu. Setelah melawan raksasa pertama, gue lanjut cari raksasa kedua, setelah perjalanan jauh menaiki gunung dan melewati lembah dengan bantuan sinar dari pedang, akhirnya gue nyampe ke tempat collosus kedua dan dibuat makin takjub sama ukurannya yang lebih besar, monster ini kaya mammoth raksasa, lanjut ke colossus ketiga gue dibuat makin takjub lagi dengan ukuran monsternya yang ratusan kali lipat karakter kita, dari jauh aja udah keliatan bayangannya yang besar banget, gue cuma bisa teriak “Wuiihh, gede banget!” Ini salah satu momen keren dalam game ini. Ga kerasa colossus demi colossus gue bantai satu-persatu dan gue makin cinta sama game ini. Ini game KEREN BANGET!

Ceritanya sebenarnya sederhana, seorang laki-laki ingin menghidupkan kembali seorang wanita yang sudah meninggal, laki-laki ini meminta kepada “dewa” untuk menghidupkan kembali wanita ini yang ternyata kekasihnya, “dewa” mengiyakan dengan syarat laki-laki ini harus membantai semua colossus yang ada di dunianya. Walau ceritanya simpel, ternyata di akhir ada plot twist yang tidak disangka dan justru semakin membuat game ini layak untuk masuk daftar gue di game terbaik sepanjang masa ini. Oh, ya The Last Guardian game yang bakal muncul di PS4 nanti adalah developer pembuat Shadow of Colossus dan ICO, ga sabar gue buat nungguin game ini.





10. Heavy Rain (89.23%)
Exclusive PS3



Heavy Rain (2010) adalah game buatan Quantic Dream dengan genre Interactive Movie, isinya sebenarnya hanya pilihan-pilihan dan QTE (Quick Time Event). Game ini bisa bikin kita-kita lupa waktu dan ingin bermain game terus karena penasaran sama ceritanya. Heavy Rain bercerita dari berbagai sisi karakter, mulai dari seorang ayah yang stress berat karena gagal menyelamatkan anaknya dari tabrakan, seorang wartawan wanita, seorang detektif, dan terakhir seorang polisi. Inti dari keterkaitan semua karakter adalah sang origami killer yang dicari oleh semua karakter tersebut, origami killer adalah pembunuh berantai yang menargetkan anak kecil, origami killer membunuh anak kecil dengan menenggelamkannya dan biasanya origami killer selalu beraksi saat hujan deras, karena itulah judul game ini Heavy Rain dengan cover origami. Kita akan dibuat menebak-nebak siapa sebenarnya sang origami killer. Uniknya cerita dan ending game ini tergantung dari pilihan yang kita buat. Game ini juga untuk dewasa karena ada beberapa adegan dewasa yang tidak cocok ditonton anak kecil, dari sisi cerita juga cukup berat dan dewasa.

Sebelum game ini sebenarnya Quantic Dream sudah pernah membuat game lain di PS2, yaitu Fahrenheit. Game ini juga sebenarnya cukup sukses dan menarik, sayangnya ceritanya terlalu mengada-ngada. Setelah Heavy Rain, Quantic Dream membuat Beyond Two Soul dengan memakai dua artis Hollywood yaitu Ellen Page dan William Dafoe, Beyond Two Soul juga menarik tapi menurut gue pribadi Heavy Rain adalah yang terbaik. Di PS4 ada game dengan gaya serupa (tapi temanya horror) yaitu Until Dawn dan mendapat rating 80.58 dari gamerankings.




Ini peringkat 11-20 gan:

11. Metroid series (96.33%)
Exclusive Nintendo

12. Metal Gear Solid series (95%)
Exclusive Playstation untuk seri ketiga dan keempat, sisanya Time Exclusive. MGS5 multiplatform.

13. Gears of War series (93.97%)
Exclusive Xbox 360 (PC ada hanya untuk seri pertama)

14. Bayonetta series (91.38%)
PS3 and Xbox 360 & Exclusive Wii U untuk seri kedua

15. Diablo series (91.25%)
Time Exclusive PC (Diablo 1 ada versi PS1-nya, versi PS3 dan Xbox 360 untuk Diablo 3 muncul setahun setelah versi PC rilis)

16. Suikoden 1,2,3 (85.80%)
Exclusive PS1& PS2

17. Tales of Eternia (82.76%)
Exclusive PS1

18. Yakuza series (79.98%)
Exclusive PS2 and PS3

19. Harvest Moon Back to Nature (79.32%)
Exclusive PS1

20. Star Ocean Second Story (78,73%)
Exclusive PS1




Sumber : kaskus / jomblo.perak

0 Response to "Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu ?"