HotCopas.net

Inilah 5 Penyakit yang Paling Menakutkan di Dunia

Penyakit adalah sesuatu hal yang paling dihindari karena akibatnya yang menakutkan. Dalam dunia kesehatan, teror penyakit adalah yang paling mencemaskan. Hingga saat ini berbagai penyakit beredar dengan berbagai alternatif penyembuhan yang ditawarkan oleh sang ahli.

Namun, dari berbagai penyakit tersebut setidaknya terdapat lima penyakit yang dianggap paling menakutkan. Mau tahu penyakit apa saja itu? Kamu juga pasti ingin tahu alasannya , bukan? Jangan ditunda lagi, yuk kita simak gan......

1.Bird Flu(flu burung)



Flu burung adalah penyakit terbilang muncul beberapa kali dalam catatan sejarah kesehatan dunia. Pertma flu burung berkaitan dengan strain H5N1 yang telah terbukti menular dan mematikan bagi manusia. Karena pecah, tercatat telah ada 633 kasus yang dilaporkan dan menelan 377 korban. Kasus terbesar terjadi di Indonesia, Vietnam dan Mesir.

Ketika strain lain muncul dengan nama H7N9 pada tahun 2013, dilaporkan bahwa terdapat 43 orang meninggal di Cina akibat penyakit ini. Namun untuk kasus yang satu ini, hanya terjadi di Cina dan terjadi penurunan dalam jumlah kasus yang terjadi setelah April 2013.

Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan bahwa flu burung adalah penyakit musiman. Hal lain yang mungkin terjadi adalah Cina telah mengambil tindakan pencegahan yang efektif untuk mengatasi kasus flu burung.



2.Foot dan Mouth


Satu lagi tema pertanian sekarang ini adalah Foot dan Mouth yang melanda peternakan sapi di Inggris tahun 2001. Wabah ini pertama kali terdeteksi di sebuah peternakan babi di Essex. Wabah ini diduga berasal dari infeksi makanan babi yang diimpor secara ilegal.

Pada tahun 2007, dengan adanya wabah tersebut, Uni Eropa melarang impor daging dari Inggris. Perdana menteri Inggris mengambil tindakan darurat dengan memesan cordon pelindung untuk wilayah yang telah terinfeksi. Beruntungnya, wabah tersebut dapat teratasi sebelum mengalami krisis.



3.Penyakit sapi gila
 


Wabah ini melanda Inggris di pertengahan tahun 90-an. Wabah ini setidaknya menjatuhkan sekitar 177 korban meninggal karena terjangkit Creutzfeld Jacob Disease (CDJ). CJD adalah penyakit yang menyerang manusia yang disebabkan oleh virus sapi gila.

Wabah yang menyerang Inggris ini setidaknya memberikan hantaman hebat bagi penurunan ekspor daging sapi dari Inggris. Daging sapi Inggris akhirnya tercemar dengan pandangan bahwa semua daging yang berasal dari Inggris telah terinfeksi wabah sapi gila.

Pemerintah Inggris kemudian melakukan pemulihan nama baik yang memakan waktu setidaknya selama 4 tahun. Hal yang unik juga dilakukan oleh menteri pertanian Inggris kala itu, John Gummer. Demi memulihkan nama baik kualitas daging sapi Inggris, dirinya menunjukkan video dirinya yang sedang memakan burger. Hal ini adalah sebuah pesan yang disampaikan bahwa Inggris telah aman dari wabah sapi gila.



4.SARS


Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) adalah wabah menakutkan yang menular seperti halnya flu burung. Kasus pertama SARS sebenarnya terjadi pada tahun 2002 di Cina. Pada awalnya pemerintah Cina merahasiakan wabah ini dari publik, untuk meredam kepanikan internasional. Namun, rahasia itu bocor pada Februari 2003 diman seorang korban SARS, Jianlun seorang dokter yang menangani kasus SARS tertular virus tersebut.

Pada awalnya sang dokter datang ke Hongkong untuk menghadiri sebuah pernikahan dan menginap di salah satu hotel di sana. Saat sedang berada di hotel, dia menjadi sakit dan akhirnya meninggal. Saat itu, tidak ada tindakan isolasi yang dilakukan padanya. Akibatnya dalam beberapa minggu, virus menyebar dan menyerang Hongkong.

Virus ini turut menggemparkan dunia, dengan adanya ketakutan para wisatawan mendatangi Cina. Kasus ini tidak hanya tersebar di Cina, namun telah merambah luar negeri seperti Kanada dan beberapa negara barat lainnya. Namun, kasus terparah tercacat di Cina dengan jumlah korban meninggal mencapai 648 orang.



5.Flu babi


Sebuah virus yang sempat menggemparkan dunia dengan jumlah korban yang mencapai 14.286 orang. Wabah ini terjadi pada tahun 2009. Flu babi adalah kasus influenza yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui babi.

Flu ini biasanya tertular pada orang-orang yang biasa bersentuhan dengan babi, seperti peternak misalnya. Walaupun dalam beberapa kasus pernah tercatat bahwa flu babi juga tertular dari manusia satu ke manusia lainnya.

Sebuah virus yang berumur cukup tua yang ditemukan pertama kali pada tahun 1976 di Amerika serikat. Sebuah kabar datang dari WHO ketika beberapa dokter menyarankan WHO untuk mendanai perusahaan farmasi untuk mengembangkan vaksin flu babi.



Sumber : kaskus / premankuliner

0 Response to "Inilah 5 Penyakit yang Paling Menakutkan di Dunia"