HotCopas.net

Inilah 7 Makhluk Mitologi Arab yang Tak Kalah Hebat dari Yunani

Arab dan makhluk mitologi, kombinasi ini mungkin tidak pernah kita dengar sebelumnya. Seringnya sih, kalau membicarakan tentang hewan mitos ini justru nama Yunani yang selalu keluar. Beberapa makhluk mitologi mereka pasti sudah sangat familiar, sebut saja Cerberus, Phoenix, Cimaera, Centaur dan sebagainya. Tanah Arab sendiri sebenarnya punya deretan sosok-sosok mitologisnya sendiri yang juga tak kalah keren dan garang. Sayangnya, mungkin tidak banyak yang tahu tentang hal tersebut.

Salah satunya misalnya Marid. Makhluk ini berbentuk manusia kekar yang asalnya dari bangsa jin. Marid sangat kuat bahkan bisa membunuh manusia dengan mudahnya. Ia juga dikenal sebagai jin yang paling sombong setelah Iblis dan konon bisa mengabulkan permintaan manusia dengan cara ritual-ritual khusus.

Masih ada banyak lagi makhluk mitologi Arab lainnya yang tak kalah keren dan membuat kita merinding hebat jika mereka benar-benar ada. Seperti apa ngerinya? Berikut ulasannya.



 1. Karkadann

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang Karkadann, coba bayangkan badak dikombinasi dengan kuda. Lalu kemudian bayangkan juga ada tanduk meruncing yang sangat panjang di kepalanya. Yup, seperti itulah bayangan bentuk Karkadaan.



Makhluk ini dikatakan sebagai pembantai tapi juga penyelamat. Dengan berbekal badannya yang kekar serta tanduk tajam di bagian kepalanya, Karkadann bisa jadi makhluk yang sangat merusak. Namun begitu, konon ketika seseorang berhasil mematahkan tanduknya dan menjadikan sebagai cangkir minum, maka air yang tertuang di dalam tanduk tersebut bisa jadi obat untuk segala penyakit.




2. Falak

Falak mempunyai fisik seperti ular, namun ukurannya sangat besar. Makhluk ini dikabarkan tengah mendiami dunia bawah dan akan keluar nanti saat dunia ini akan berakhir. Falak sendiri diceritakan mempunyai nafsu makan yang besar. Ia bisa memakan hampir apa pun. Bahkan satu desa sekalipun.



Falak juga sering diceritakan sebagai makhluk neraka yang tugasnya adalah menyiksa manusia. Ular satu ini juga sering disamakan dengan Suja’ul Aqra. Dalam riwayat ular ini diceritakan punya ukuran tubuh yang tak terbayangkan besarnya, serta ditugasi untuk menghukum manusia yang selama di dunia lalai dalam berbuat kebaikan.




3. Dandan

Namanya memang lucu, namun makhluk mitologi satu ini digambarkan sangat menyeramkan. Dandan, menurut cerita Arab kuno adalah sebuah ikan yang ukurannya sangat besar. Bahkan mungkin lebih besar dari paus zaman dinosaurus sekalipun. Konon ia bisa menghisap perahu seperti kita meneguk segelas minuman.



Dandan pertama kali diketahui muncul dalam cerita Seribu Satu Malam. Di buku tersebut diceritakan tentang Abdullah si nelayan yang diperingatkan oleh seorang ikan duyung akan bahaya Dandan. Dikatakan pula jika ikan ini merupakan musuh seluruh ikan di lautan.




4. Nasnas

Makhluk satu ini digambarkan punya fisik yang luar biasa besar. Bentuknya sendiri adalah seperti manusia namun hanya mempunyai setengah anggota tubuh. Gambaran kasarnya, ia adalah manusia yang terbelah dua secara vertikal.



Meskipun hanya setengah badan, Nasnas punya kecepatan yang luar biasa. Satu kali melompat dengan satu kakinya, ia bisa merengkuh jarak yang amat jauh. Nasnas sendiri adalah keturunan bangsa jin yang disebut Shikk.




5. Werehyena

Pasti sudah sering mendengar kisah tentang Werewolf. Nah, di Arab juga ada makhluk serupa namun beda versi, namanya adalah Werehyena. Sama seperti Warewolf yang merupakan makhluk serigala jadi-jadian, Werehyena adalah manusia yang berubah menjadi hyena.



Meskipun begitu, bentuk Werehyena tidak sama seperti hyena biasa. Si makhluk mitologi tersebut sosoknya lebih besar serta bisa berdiri dengan dua kakinya. Werehyena juga dikenal sangat brutal dan tidak kenal ampun terhadap siapa pun. Tidak diketahui bagaimana proses berubahnya seorang manusia menjadi Werehyena. Namun di banyak buku diceritakan jika si makhluk jadi-jadian ini bisa berubah sesuka hatinya. Tidak menunggu bulan purnama seperti Werewolf.




6. Bahamut

Nama Bahamut sendiri tidak terlalu asing di telinga. Makhluk satu ini umum digambarkan sebagai sosok naga yang menguasai para naga, alias yang terkuat. Bahamut juga dikenal baik dan suka melindungi. Namun Bahamut versi Arab ini sangat berbeda dari yang umum diketahui banyak orang.



Dalam mitologi Arab, Bahamut diwujudkan sebagai sosok ikan aneh dengan ukuran yang sangat besar. Kepalanya adalah kombinasi antara gajah dan badak, lengkap dengan taringnya yang mencuat tajam. Meskipun bentuknya beda, Bahamut versi Arab ini konon juga makhluk mitologi yang baik. Ia bertugas untuk melindungi dunia ini dari segala hal yang buruk serta bencana-bencana yang terjadi.




7. Ifrit

Pernah dengar Lamb of God? Yup, makhluk ini adalah setan yang kepalanya berbentuk mirip domba bertanduk tajam, namun berbadan tegap seperti manusia. Nah, Ifrit sendiri sering digambarkan seperti itu. Bahkan ia juga punya jubah api yang dipakai di belakang tubuhnya.



Ifrit adalah jin kelas atas yang tugasnya adalah menggoda manusia-manusia untuk diajak bersama menuju neraka. Konon jin ini sangat kuat tipu dayanya, sehingga siapa pun yang lemah akan bisa dengan mudah masuk ke dalam perangkapnya. Kemudian menjadi pengikutnya dan pada akhirnya akan terus menemani si makhluk tersebut di neraka untuk selamanya.


Ya, jika dibandingkan dengan makhluk mitologi Yunani, deretan sosok di atas sama sekali tidak kalah seram. Namun tidak seperti Centaur dkk yang hampir semua tidak pernah terbukti wujudnya, ada makhluk mitologi Arab sangat dipercaya keberadaannya. Siapa lagi kalau bukan Ifrit. Bahkan namanya sangat kita kenal, walaupun mungkin sebelumnya tidak diketahui jika sosok satu ini ternyata makhluk mitologi Arab.



Sumber : kaskus / imanine9

0 Response to "Inilah 7 Makhluk Mitologi Arab yang Tak Kalah Hebat dari Yunani"