HotCopas.net

Inilah 7 Suara Paling Dibenci di Sekitar Kita

Bunyi atau suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara.

Kebanyakan suara adalah gabungan berbagai sinyal getar terdiri dari gelombang harmonis, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan getar osilasi atau frekuensi yang diukur dalam satuan getaran Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam satuan tekanan suara desibel (dB).

Manusia mendengar bunyi saat gelombang bunyi, yaitu getaran di udara atau medium lain, sampai ke gendang telinga manusia. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia berkisar antara 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo berbagai variasi dalam kurva responsnya. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik.


Dalam kehidupan sehari-hari pasti ada saja suara-suara yang bisa membuat kita kesal. Mulai dari suara klakson di jalan, suara musik yang keras hingga suara kendaraan yang lalu lalang setiap pagi siang dan malam. Tapi pernahkah anda berpikir suara apa yang selama ini paling mengganggu dan membuat kesal?

Dalam ilmu akustik manusia, suara diasosiasikan dengan emosi memori dan pengalamam yang berasal dari dalam alam bawah sadar. Asosiasi inilah yang kemudian membuat suara-suara tersebut bisa mengganggu emosi seseorang.

Nah jika Anda masih berpikir mengenai suara apa saja yang dianggap paling mengganggu, berikut ini beberapa jenis suara yang dianggap paling menyebalkan di seluruh dunia.


Suara Muntah


1. Suara Muntah
Menurut sebuah riset yang dilakukan di Inggris suara orang yang sedang muntah dianggap sebagai suara yang paling menyebalkan lebih menyebalkan dibandingkan suara bising klakson mobil. Disengaja atau tidak suara ini akan mendorong perasaan jijik dan memancing Anda untuk ikut muntah.



Menggaruk Kuku di Papan:


2. Menggaruk Kuku di Papan
Percaya atau tidak bagi sebagian orang aksi menggaruk sesuatu pada papan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat mereka kesal.

Fakta mengatakan suara berdecit yang dihasilkan merupakan salah satu suara yang paling mengganggu di dunia. Ini dikarenakan intonasi suaranya yang sangat tinggi yang menyebabkan perasaan tidak nyaman pada otak dan telinga.




Alarm Mobil:

3. Alarm Mobil
Alarm mobil seringkali dianggap sebagai salah satu suara yang paling menyebalkan di telinga bukan hanya bagi pencuri atau maling tapi juga orang-orang yang ada disekitarnya. Alasannya suara tersebut terkadang muncul tanpa sebab yang pasti.

Bahkan alarm seringkali berbunyi hanya karena dipicu oleh sesuatu yang tidak berkaitan dengan tindak pencurian misalnya saja akibat kucing yang tiba-tiba melompat. Menurut beberapa ahli suara alarm mobil dianggap sangat menganggu karena bisa membangkitkan kenangan buruk.



Mendengkur:

4. Mendengkur
Suara mendengkur dianggap mengganggu dengan alasan yang sangat valid yakni kesehatan. Suara mendengkur di malam hari otomatis membuat waktu tidur orang yang berada di sekitarnya terganggu.

Dan menurut ilmu medis kurang tidur dapat mengganggu kesehatan baik pikiran dan badan. Jadi jika Anda punya masalah dengan mendengkur ada baiknya Anda mulai memeriksakannyaa ke ahli.




Suara Alarm Jam

5. Suara Alarm Jam
Meskipun kadang berupa suara musik, respon pertama yang sangat mungkin Anda lakukan saat mendengarnya adalah perasaan kesal. Ketidaksukaan Anda terhadap suara alarm ini memang murni disebabkan masalah emosi. Bayangkan saja jika Anda harus terbangun dari tidur nyenyak dan mimpi yang sangat indah.



Ban Berdecit Akibat Rem


6. Ban Berdecit Akibat Rem
Semua pasti setuju jika suara yang satu ini dianggap cukup Cumiakkan telinga. Frekuensinya yang terlalu tinggi memungkinkan suara ini tidak disukai telinga manusia.

Selain itu suara decit ban yang dihasilakan akibat mengerem sering diasosiakan dengan kecelakaan. Hal yang mana sering membuat kita dilanda kepanikan.




Besi dipukul dengan Besi:


7. Besi dipukul dengan Besi
Suara yang satu ini bisa bikin telinga kita berdenging bahkan setelah suara itu hilang. Mendengarkan suara besi yang ditempa secara terus menerus bisa mengakibatkan ketulian.



Sumber : kaskus / jeberjj

0 Response to "Inilah 7 Suara Paling Dibenci di Sekitar Kita"