HotCopas.net

Melihat 5 Pasukan Polisi Khusus Di Dunia

Polisi khusus biasanya menggambarkan kekuatan polisi atau unit dalam kepolisian yang tugas dan tanggung jawab secara signifikan berbeda dari kekuatan-kekuatan lain di negara yang sama atau dari polisi lain dalam gaya yang sama, meskipun tidak ada definisi internasional yang konsisten. 



orang polisi khusus, dalam banyak kasus, bisa juga bukan anggota dari kepolisian khusus; di negara-negara Persemakmuran dan sering di tempat lain, seorang polisi khusus adalah anggota sukarela atau paruh waktu dari kepolisian nasional atau lokal atau orang yang terlibat dalam penegakan hukum yang bukan petugas polisi namun memiliki beberapa kekuatan dari polisi.

Spoiler for 1. SWAT (USA):

Siapa yang tidak kenal SWAT ? SWAT (SPESIAL WEAPON AND TACTICS) adalah tim unit polisi di Amerika Serikat yang menggunakan peralatan dan taktik khusus atau bahkan militer. Pertama kali diciptakan pada tahun 1960 untuk kontrol kerusuhan atau konfrontasi kekerasan dengan orang-orang bersenjata, jumlah dan penggunaan tim SWAT meningkat pada 1980-an dan 1990-an selama Perang terhadap Narkoba, dan setelah terjadinya serangan 11 September. Di Amerika Serikat saat ini, tim SWAT dikerahkan 50,000-80,000 kali setiap tahun, 80% dari waktu untuk melayani pencarian, paling sering untuk narkotika. Tim SWAT semakin dilengkapi dengan perangkat militer dan dilatih untuk menyebarkan terhadap ancaman terorisme, untuk pengendalian massa, dan dalam situasi di luar kemampuan polisi biasa, kadang-kadang dianggap "berisiko tinggi." Negara-negara lain telah mengembangkan sendiri unit polisi paramiliter yang juga digambarkan sebagai atau dibandingkan dengan pasukan polisi SWAT.




Persenjataan :

Unit SWAT sering dilengkapi dengan senjata api khusus termasuk senapan mesin ringan, senapan serbu, senapan melanggar, senapan sniper, agen kontrol kerusuhan, dan granat setrum. Mereka memiliki spesialisasi peralatan termasuk baju besi berat badan, perisai balistik, alat masuk, kendaraan lapis baja, maju night vision optik, dan detektor gerakan untuk diam-diam menentukan posisi sandera atau penyandera, struktur tertutup di dalam.





2. Batalhão de Operações Policiais Especiais (BOPE) (Brazil):

Siapa juga yang tidak tahu mengenai unit khusus polisi ini? Berkat film Tropa De Elite unit kepolisian ini menjadi dikenal dunia.
Batalhão de Operações Policiais Especiais (PMERJ) secara harfiah ("Batalyon Polisi Operas Khusus") atau BOPE adalah unit polisi khusus dari Polisi Militer Rio de Janeiro Negara (PMERJ) di Brazil.

Karena sifat kejahatan di favelas, unit BOPE memiliki pengalaman luas dalam perang kota (urban war) serta serangan (ambush) dalam lingkungan terbatas. Juga direkomendasikan dan dianggap lebih kuat daripada penegakan hukum sipil tradisional.
BOPE PMERJ, meskipun mungkin yang paling terkenal, bukan satu-satunya unit khusus di Brasil. Polisi Militer dari Alagoas dan Polisi Militer dari Santa Catarina juga merupaka unit taktis yang sebesar mereka.






Tugasnya antara lain:
Menyediakan keamanan tambahan di acara-acara khusus
Mematahkan barikade yang dibangun oleh pengedar narkoba
Membasmi perdagangan narkoba dan semua anggotanya
Menyelamatkan polisi atau warga sipil yang terluka dalam konfrontasi dan pertempuran
Menekan kerusuhan penjara
Patroli bersenjata sekitar favelas
Misi khusus di rawa-rawa atau medan pegunungan seperti pengintaian, perencanaan dan infiltrasi
Terlibat juga dalam pertempuran melayani kedaulatan negara

BOPE dilengkapi dengan persenjataan berat:

M16 senapan
M4 karabin
H & K PSG1 senapan sniper
Benelli M3 senapan
FN P90 [3]
IMBEL MD97
MP5 A2 H & K dan K
H & K G3
H & K 21
taurus PT92
IMBEL 9mm
FN FAL
FN PARAFAL
M1 karabin
granat frag



 3. Grupo de Operações Especiais (Portugal):

Grupo de Operações Especiais atau GOE (Grup Operasi Khusus) adalah unit operasi khusus dari Polisi Keamanan Umum (PSP) dari Portugal. Pasukan ini mencakup sekitar 200 personel. GOE diciptakan pada tahun 1982, menjadi salah satu yang pertama pasukan polisi anti-teroris Dunia.








Selain kontra-terorisme dan penegakan hukum domestik, GOE juga digunakan pada misi perlindungan VIP untuk para tamu penting, bekerja sama dengan unit PSP lainnya dalam membangun keamanan dan, khususnya, sebagai penembak jitu dalam misi pengamatan, pencarian dan deteksi penembak jitu teroris.
Kegiatan lain yang GOE diperlukan adalah dalam kerjasama dengan Brigade Anti-Kejahatan, di mana mereka bekerja di misi pengawasan dan dalam masuknya instalasi yang diperkaya berhubungan senjata atau perdagangan narkoba.

Persenjataan : Petugas GOE dapat menggunakan berbagai senjata api untuk menyelesaikan misi.

Senjata yg dibawa di sisi badan, terutama di 9x19mm Parabellum, yang dikeluarkan seperti:

Glock 17
Glock 19
SIG Sauer P226
SIG Sauer P228
SIG Sauer P230
SIG Sauer SP2022
Desert Eagle di 0,357 Magnum

senapan mesin ringan sering digunakan, terutama Heckler & Koch MP5 dan P90 FN, dan Heckler & Koch G36.
Untuk penembak jitu, Heckler & Koch PSG1 dan SIG SG 550 adalah pilihan mereka ketika melakukan misi sniping.


 
Spezialeinsatzkommando (Germany):

Spezialeinsatzkommandos (SEK) (sebelumnya juga dikenal sebagai Sondereinsatzkommando, "Komando Operasi Khusus" dalam bahasa Indonesia) adalah unit respon khusus dari pasukan polisi Jerman. SEK Jerman adalah unit penuh waktu yang anggotanya tidak melakukan tugas-tugas lainnya, dan pada dasarnya setara dengan STAFOC Malaysia, Inggris SO-19 dan SWAT Amerika. Unit yang sebanding dari Kepolisian Federal Jerman adalah GSG 9.




Terutama yang belum diakui oleh media dan masyarakat, misi utama unit SEK adalah untuk melayani surat perintah penangkapan dan berurusan dengan tersangka bersenjata. Pengepungan sandera, penculikan dan serangan juga milik misi mereka serta skenario lain seperti pengamanan pribadi untuk VIP atau saksi.
Sejak 1970-an, setiap SEK telah menangani beberapa ribu pengerahan. Menjadi terdepan dalam Kepolisian Berlin, SEK mencapai 500 pengerahan per tahun, rata-rata 1-4 pengerahan sehari.

Persenjataan :

Persenjataan dasar bagi setiap petugas SEK adalah pistol standar dan senapan mesin ringan. SEK akan mendapatkan persenjataan lainnya termasuk senapan berat, senapan penembak jitu, dan bahkan senapan mesin (di beberapa unit) tergantung pada situasi yang dihadapi.

Tidak seperti lembaga kepolisian lainnya, anggota tidak terikat dengan kebijakan pengadaan normal senjata dan dapat memesan peralatan mereka merasa yang terbaik untuk misi mereka.

Berikut ini adalah senjata yang umum digunakan oleh SEK:

Steyr M
SIG P225
Heckler & Koch P8
Glock 17
SIG P228
Heckler & Koch MP5
Heckler & Koch MP7
Heckler & Koch UMP
Heckler & Koch G36
FN SCAR
M4 karabin
Steyr Agustus
Heckler & Koch PSG1
G8: Digunakan di beberapa unit
PGM Hecate II: Digunakan di beberapa unit


 
for 5. Densus 88:

Sudah pada nunggu yang dari Indonesia ya? Ini dia! Pasti sudah tidak asing lagi lah!

Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. Pasukan khusus ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom. Beberapa anggota juga merupakan anggota tim Gegana.





Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiterorisme yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan. Densus 88 di pusat (Mabes Polri) berkekuatan diperkirakan 400 personel ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu. Selain itu masing-masing kepolisian daerah juga memiliki unit antiteror yang disebut Densus 88, beranggotakan 45-75 orang, namun dengan fasilitas dan kemampuan yang lebih terbatas. Fungsi Densus 88 Polda adalah memeriksa laporan aktivitas teror di daerah. Melakukan penangkapan kepada personel atau seseorang atau sekelompok orang yang dipastikan merupakan anggota jaringan teroris yang dapat membahayakan keutuhan dan keamanan negara R.I.

Persenjataan : Satuan pasukan khusus baru Polri ini dilengkapi dengan persenjataan dan kendaraan tempur buatan berbagai negara, seperti senapan serbu Colt M4, senapan serbu Steyr AUG (seperti gambar di atas), HK MP5, senapan penembak jitu Armalite AR-10, dan shotgun Remington 870. Bahkan dikabarkan satuan ini akan memiliki pesawat C-130 Hercules sendiri untuk meningkatkan mobilitasnya. Sekalipun demikian kelengkapan persenjataan dan peralatan Densus 88 masih jauh di bawah pasukan antiteror negara maju seperti SWAT Team di Kepolisian Amerika.
 



BONUS : MANTAN ANGGOTA SWAT:  






Sumber : kasksus / mr.sirait

0 Response to "Melihat 5 Pasukan Polisi Khusus Di Dunia"