HotCopas.net

Mengenal RV dan Kenapa di Indonesia Tidak Populer?

Hallo gan, sist selamat datang di thread ane yang sederhana ini 
ane membuat thread ini berawal dari chapcha yang sering ane lewati untuk post komen 

nah dari situlah ane dapat ide dan membuat thread RV ini 

dan tanpa banyak basa-basi ayoo deh kita simak gan




Mendengar nama Recreational Van (RV) mungkin agak terdengar asing di telinga kita. Kendaraan yang biasa disebut sebagai mobil rumah ini bukanlah barang baru di beberapa negara seperti negara di Amerika dan Eropa. RV menjadi alternatif transportasi rekreasi yang menyenangkan.


RV biasanya dibuat dari minibus atau minitruk yang dimodifikasi sedemikan rupa hingga menjadi sebuah mobil rumah. Sesuai sebutannya, didalamnya RV disematkan berbagai perabotan rumahan seperti tv, kulkas, dapur, kursi, toilet, bahkan tempat tidur.

Walaupun terdengar menyenangkan dan mengasyikkan namun kenapa RV tidak populer di Indonesia? Berikut di bawah ini beberapa penyebabnya.




* FAKTOR GEOGRAFIS

Daerah yang menjadi pusat pembangunan di Indonesia umumnya tidak seluas di Amerika atau Eropa. Selain itu, kondisi Indonesia juga berpenduduk padat yang menyebabkan sempitnya lahan yang ada. Ditambah lagi kondisi lalu lintas yang padat dan sehari-harinya macet mungkin akan memperparah keadaan jika RV masuk ke Indonesia.


* FAKTOR SOSIAL-BUDAYA
Faktor sosial budaya bisa menjadi alasan terkuat mengapa RV tidak populer di Indonesia. Beberapa unsur dari faktor sosial –budaya tersebut adalah:



- Hari Libur


Berbeda dengan di Amerika atau Eropa, lamanya liburan di Indonesia bisa dibilang hanya sebentar saja dan tidak sampai dua minggu lamanya. Selera liburan antara orang Amerika atau Eropa dengan orang Indonesia juga berbeda.

Orang Amerika atau Eropa kebanyakan suka berlibur ke tempat yang masih segar udaranya dan bernuansa alam dengan perjalanan yang cukup jauh. Sementara orang Indonesia pada umumnya hanya ke tempat rekreasi biasa seperti Ancol.




- Kesadaran Akan Aturan Lalu Lintas


Banyak orang Indonesia yang stress jika harus berhadapan dengan para bus umum saat di jalan raya yang supirnya sering ugal-ugalan dalam mengemudi. Dengan adanya RV mungkin para supir bus tersebut akan merasa tersaing dan berusaha adu balap dengan RV


- Fasilitas dan Infrastruktur


Berbeda dengan kota-kota di Amerika ataupun Eropa, jalan raya antar kota di Indonesia tidak selebar dengan jalan raya antar kota di Amerika,
dan banyak jalan yang rusak. 
Kondisi lalu lintas dan faslitas jalan yang padat tentunya membuat perjalanan dengan RV tidak menyenangkan lagi.

Terlebih adanya fasilitas pembuangan limbah toilet dalam RV yang memerlukan perhatian sendiri. Tentunya sangat menjijikan jika limbah toilet tersebut berserakan di jalan raya ataupun berada di pinggir jalan raya.



- Gengsi


Khususnya orang-orang dengan penghasilan di atas rata-rata, menginap di hotel mewah menjadi suatu keharusan dalam perjalanan yang cukup jauh.



- Faktor Ekonomi


Harga RV yang cukup mahal bukannya menjadi tidak mungkin bagi orang Indonesia untuk memilikinya. Frekuensi penggunaan RV yang cukup jarang juga membuat orang malas memilikinya. Hal yang menjadi perhatian justru peyimpanan dan perawatan RV yang membutuhkan garasi cukup besar.

DAN INI BETAPA MEWAHNYA MOBIL RV BUATAN AUSTRIA, AYO KITA INTIP GAN




Mobil rumah eleMMent Palazo atau biasa disebut RV keluaran pabrikan Austria, Marchi Mobile melintasi jalan raya di sekitar pegunungan dan tebing berbatu di Eropa. Mobil ini memiliki kapasitas tampung 20 ton ini memiliki kemampuan berlari 94 mil per jam.



Suasana ruang kemudi yang terlihat nyaman dan mewah serta berbeda dengan mobil sekelasnya.



Mobil rumah mewah ini dilengkapi kamar mandi, kamar tidur, 8 televisi layar datar, tungku perapian serta ruangan bar.


Ruang santai yang tampak mewah dilengkapi sofa dan meja yang bisa diatur ketinggiannya.


Ruang kamar di dalam mobil rumah yang mewah.



Sebuah tangga menuju ruang sky lounge rooftop.


Desain yang aero dinamis membuat mobil ini bisa dialihfungsikan menjadi seperti kapal pesiar yang menawarkan banyak kenyamanan.


gimana gan minat punya mobil ini apa enggak?
ane sih minat gan buat jalan2 bersama keluarga & sahabat pasti sangat mengasyikan, tapi karna faktor di atas yang udah ane sebutin kayaknya harus dibenahi dulu gan biar bisa nyaman seperti di dalam RV nya 

apalagi indonesia kaya akan alam perdesaan nya wuihh bakalan seru abis nih (menghayal banget ane)



Sumber : kaskus / dany.verissimo

0 Response to "Mengenal RV dan Kenapa di Indonesia Tidak Populer?"