HotCopas.net

Oktoberfest : Apa yang Perlu Agan Ketahui Tentangnya


Kostum klasik Bavaria, yang dipakai selama festival berlangsung



Tentang Oktoberfest
Quote:Oktoberfest adalah festival dua-mingguan yang diadakan setiap tahun di München, Bayern, Jerman, pada akhir September dan awal Oktober. Festival ini merupakan salah satu acara paling terkenal di kota ini dan juga merupakan festival terbesar di dunia dengan sekitar enam juta pengunjung setiap tahunnya. Kota-kota lain di dunia juga mengadakan festival-festival dengan menggunakan festival di München ini sebagai model, bahkan menggunakan juga nama Oktoberfest.




Kilas Balik Oktoberfest


Oktoberfest edisi kartu pos Jerman.   Festival tahunan, yang tahun ini berlangsung dari 20 September sampai 5 Oktober, sebenarnya merupakan pesta yang khusus untuk keluarga kerajaan saja.Tepatnya tanggal 12 Oktober 1810, untuk merayakan pernikahan Putra Mahkota Ludwig dan Putri Therese of Saxe-Hildburghausen, warga Munich diundang untuk mengambil bagian dalam pesta tersebut.
Warga menyebutnya dengan Theresienwiese,atau pesta padang Theresia yang berlangsung selama 6 hari berturut-turut.Pada tanggal 17 Oktober akan diselenggarakan perlombaan pacuan kuda yang disaksikan oleh hampir 40.000 penonton sambil menikmati bir dan wine di Theresienwiese(disingkat Wiesn).Ketika pacuan kuda diadakan lagi pada tahun berikutnya,maka tradisi perayaan yang dikenal dengan Oktoberfest secara resmi lahir.



Barel bir yang dikirimkan untuk Oktoberfest Munich 1908

Tiga pemuda sedang menikmati bir pada awal 1900-an diperayaan Oktoberfest


Pada abad ke-19,akibat perang dan wabah kolera Oktoberfest terpaksa ditutup, tapi sejak awal 1810, Oktoberfest kembali digelar dengan menyertakan perlombaan bowling serta tarian dansa,dll.(Oktoberfest mulai berwarna pelaksanaannya).

Pada saat Perang Dunia Satu erjadi di awal abad ke-20, Oktoberfest telah diadopsi oleh negara-negara di luar Jerman. Di Amerika Serikat misalnya, Ohio menjadi pelaksana Oktoberfest luar Jerman, yang merupakan adaptasi dari kebudayaan Jerman tersebut




The Germania Society of Cincinnati merayakan festival Oktoberfest di Ohio sejak tahun 1971



Semakin banyak warga imigran Jerman yang memasuki berbagai negara di luar Jerman,yang juga membawa tradisi Oktoberfest. Maka selama bertahun-tahun di seluruh dunia, Oktoberfest telah menjadi identik dengan perayaan musim gugur di negara tersebut.

  Setelah beberapa waktu, status festival dan peraturan yang mengatur kegiatan tersebut menjadi indikator positif dari kemajuan Jerman:namun pada tahun 1923 & 1924, festival dibatalkan karena alasan inflasi; di awal 1930-an, festival ini digunakan sebagai bentuk propaganda Nazi, dan akhirnya pada tahun 1933, orang-orang Yahudi dilarang bekerja pada Wiesn. Sebagai salah satu strategi konsolidasi kekuasaan Hitler , Oktoberfest dijadikan simbol kebanggaan nasionalis dan kekuatan Nazi. Akibatnya ketika perang dunia berkecamuk,pada tahun 1939-1945 Oktoberfest secara total diberhentikan pelaksaannya.

Pada tahun 1950, festival itu kembali "normal" khusus untuk pacuan kuda saja, yang diakhiri pada tahun itu juga (tidak ada pelaksanaan festival tahun berikutnya ) - mungkin karena pada saat itu taruhan pacuan kuda menjadi momok yang merugikan masyarakat.



Antuasiasme sebelum Perang Dunia II Munich jauh dari istilah bergairah jika dibandingkan dengan Munich saat ini. Sejalan dengan waktu,Oktoberfest telah menjadi alasan untuk makan, minum, dan bergembira selama lebih dari 200 tahun,bukan sebagai peringatan perayaan para bangsawan lagi.


Popularitas perayaan masih terus tumbuh, dengan sekitar 6 juta orang menghadiri acara di Munich setiap tahun.


Tidak dapat disangkal, Oktoberfest tidak semata-mata tentang bir dan makanan. Banyak individu memiliki tradisi mereka sendiriuntuk dirayakan pada saat itu tentu dengan cara masing-masing individu tersebut; Munich, misalnya, menyelenggarakan karnaval besar di Fairgrounds, lengkap dengan wahana dan permainan.

  Sebuah fakta yang jarang diketahui tentang festival Munich (dan banyak acara tradisional lainnya di seluruh Jerman) adalah, tidak seperti di Amerika Serikat, jika kita ingin minum, maka kita harus duduk di meja - dan di Munich meja tersebut sangat sulit untuk didapatkan(Solusinya : minumnya berdiri aja Gan  ). Ketika stand bir dibuka di pagi hari (biasanya antara 9 dan 10 pagi), pengunjung akan berebutan untuk mendapatkannya(Akibatnya : acapkali banyak pengunjung yang terluka karena terinjak-injak )


Salah satu hal yang kebanyakan orang mengasosiasikan dengan Oktoberfest saat ini adalah gadis bir. Mengenakan kostum Bavarian klasik, gadis-gadis bir ini bertugas untuk menyediakan tempat duduk dan melayani pengunjung.Perlakuan istimewa untuk para wisatawan dari para gadis ini.antara lain : - memperlakukan para pengunjung dengan "sangat baik." Dalam banyak hal mereka akan membuat pengunjungnya merasa nyaman pada festival tersebut.

  Selain fakta tentang tempat duduk, jika Kita ingin lebih menikmati pengalaman Oktoberfest, maka Kita harus bersahabat dengan para gadis bir, yang menanganiurusan tempat duduk. Dan jika anda melakukannya, maka kita harus membayar 20 kalilipat dari layanan normal, tetapi jika kita berlaku sopan dengan mereka, dmereka mungkin dapat menemukan tempat yang sulit didapatkan dan tempat impian kita di tenda yang tampaknya sudah penuh tanpa harus membayar sebesar 20 kalilipat gan.



Gadis-gadis bir yang melayani kelompok besar pada saat yang sama, sering menjinjing sepuluh atau lebih steins bir liter sekaligus - tanpa menggunakan baki dan bahkan tanpa menumpahkan setetespun.

  Seperti biasa, jika Kita ingin mendapatkan hasil maksimal dari Oktoberfest, Kita harus berada di sana ketika festival itu dimulai. Pembukaan Oktoberfest "kostum parade" diadakan pada hari Minggu pertama yang dihadiri oleh hampir 10.000 peserta. Parade terdiri tidak hanya dari mode Jerman otentik, tetapi juga Budaya Bavarian klasik, musik, dan tarian tradisional rakyat Jermaan. Dalam festival ini kita juga harus tidak terlalu berlebihan dalam meneguk bir Gan, namun bila kita mabuk bir atau mengalami kecelakaan dalam kegiatan festival tersebut, Palang Merah Jerman cabang Bavarian siap memberikan bantuan dan menyediakan fasilitas perawatan medis darurat selama festival tersebut berlangsung. Tapi cobalah untuk menilik kembali data statistik berikut ini: pada 2014, lebih dari 600 pengunjung memiliki keracunan alkohol selama festival berlangsung Munich. Kesimpulannya : Dibalik festival yang luar biasa megah sekalipun, tidak selalu aman buat pengunjungnya Gan.




Bonus Gambar Terkait Oktoberfest


"Bratwursts dan Sauerkraut" adalah hidangan Oktoberfest sangat populer dan terkenal, tapi ayam panggang juga merupakan pilihan alternatif jika Agan tidak kebagian.

Pesta Bir Oktoberfest sangat tak terkontrol dan seringkali menjurus ke arah pesta yang liar - baik di Jerman sendiri maupun di seluruh dunia.


Meski dalam Oktoberfest semua pesertanya memamerkan kostumnya masing-masing , tidak menurunkan semangat para gadis ini untuk memamerkan gaya pakaian tradisional mereka. Menampilkan bakat modis mereka adalah bagian besar dari pengalaman Oktoberfest.


Sumber : kaskus / Agaz15

0 Response to " Oktoberfest : Apa yang Perlu Agan Ketahui Tentangnya"