HotCopas.net

Tindakan - Tindakan Bullying yang Biasa Terjadi di Internet

Agan pasti cuma tau kalau segala bullying yang dilakukan di internet sebagai Cyberbullying kan,, salah.
Tenyata banyak banget nama nya ada yang mancing ikan, ada juga yang menjadi Troll.

Enough Said,, Happy Reading




Cyberstalking

Cyberstalking atau dalam bahasa indonesia Penguntit, bisa dibilang merupakan salah satu tindakan paling dibenci oleh seseorang yang memiliki akun di media sosial. Mereka selalu saja ada di setiap aktifitas yang kau lakukan di sosmed, komenin status mu lah, foto liburan mu lah, selalu nge like status mu lah, apapun yang menurut mu paling mengerikan yang mereka bisa lakukan. Tindakkan yang paling logis mungkin adalah dengan tidak membalas komen nya, tapi memang itu agak kurang sopan, tapi kalau memang sudah keterlaluan tindakkan apa lagi yang bisa kita lakukan.
Dan ketika pertanyaan nya sudah mulai mengganggu mu, sebaiknya benar-benar berpikir untuk melaporkannya kepolisi. 





Impersonation


Biasanya orang-orang ini berpura-pura menjadi seorang yang terkenal, biasanya sih Selebritis. Memposting status-status yang aneh dengan mengatas namakan selebritis tersebut, membuat gosip-gosip palsu sehingga akhirnya dapat menjatuhkan nama selebritis tersebut. Well, mungkin penjelasan ane kurang memadai, tapi intinya orang-orang ini (sang peniru) biasanya hanya memiliki niatan jahat terhadap orang yang tiru nya.

 




Doxing


Katakan kalau kau tidak setuju kepada suatu yang orang lain sudah sepakati di internet, dan lalu mereka (yang pernyataannya tidak kau sepakati) kemungkinan akan marah besar sehingga mereka akan menyebarkan informasi personal mu (alamat, nomor telephone, riwayat hidup, etc) ke public, tindakan ini biasa nya di sebut Doxing. Well, mungkin ini beda kasus kalau yang di Doxing-in adalah penjahat internet, ya gan.

Ada cerita kasus yang sama terjadi pada tahun 2014 lalu, dimana seorang Wanita membuat game yang agak kurang disetujui oleh industry game, sehingga membuat GamerGate meledak marah kepadanya. Akibatnya oknum-oknum di GamerGate membalas dendam kepadanya dengan memposting data pribadinya ke public, sehingga memaksanya meniggalkan rumah nya.

P.S: Wanita yang bermasalah Adalah dia yang ada di gambar diatas




Swatting


GamerGate sekali lagi ikut menjadi bagian dari trend yang menjengkalkan ini, Swatting. Setidaknya ada 3 orang yang harus menjadi korban trend ini pada 2015 karena meng-kritisi GamerGate.
Biasanya hal ini terjadi setelah permainan online selesai dilaksanakan, dimana sang Loser marah kepada sang pemenang permaian. Swatting tejadi dengan cara yaitu membuat panggilan palsu kepada polisi, yang mana kasus yang disebutkan biasa nya kasus-kasus yang serius, kejahatan seperti pembunuhan atau tindakan teroris, sehingga membuat polisi langsung bergerak secara cepat.

Pembuat panggilan palsu ini bisa mendapat hukuman 5 tahun penjara (hukum US).




Catfishing


Berbeda dengan Impersonation, pelaku kejahatan ini bukannya menirukan orang yang ada, namun membuat karakter fiksional yang menurut mereka bisa memancing target nya. Dikenal juga sebagai catfishing, tindakan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang punya niatan jahat kepada seseorang, namun pada umumnya mereka yang melakukan catfishing ini adalah mereka yang mencari pasangan atau jodoh di internet dengan membuat akun palsu yang sangat berbeda dengan kenyataannya (dirinya).
Dan tak bisa dipungkiri masih saja ada mereka yang langsung percaya kepada orang asing yang baru saja mereka kenal (biasa nya target nya remaja tanggung), sehingga tindakan kejahatan ini sangat populer dewasa ini. Jadi tolong sekali bagi para orang tua untuk menjaga anak-anak mereka dari tindakan kejahatan seperti ini. 




Trolling


Ehmm,, seperti nya ane nga perlu terlalu membahas soal ini ya gan,, karena tindakan ini sepertinya sudah sangat umum di khalayak ramai. Tapi kalau memang harus well, what can I say.
Oke, Troller bisanya membuat komen yang menjengkelkan kepada status atau tulisan yang anda buat, mereka biasanya langsung mengomentari pedas kepada anda dengan tujuan membuat mu marah, namun ketika anda balas komentar mereka, pasti anda tidak akan mendapatkan balasan balik dari mereka, dan ini seriously annoying AF.
Berbicara cara menangani mereka, para ahli menyimpulkan untuk tidak sama sekali menanggapi mereka dengan serius (membalas komenter mereka). Niat utama Trollers adalah membuat orang lain ikut mendukung nya, jadi menghilangkan potensial itu adalah tindakan terbaik yang dapat kita lakukan. 




Dogpiling


Perselisihan di suatu forum atau status seseorang di internet. Dimana Person A mengatakan sesuatu yang salah atau kurang baik, dan setelahnya person B tidak setuju dengan komentar Person A itu dan mengatakan kalau komennya sangat tidak baik atau “bagaimana bisa kau mengatakannya ?” dan lalu muncul person C yang juga tidak setuju dengan komentar person A itu, dan setelahnya Muncul D,E,F,G etc.
Sebenarnya Person D-Z hanya ikut-ikutan karena mereka kira memang Person A lah yang salah. Mereka melihat itu sedang trend lalu mereka juga mengikutinya.
Si person A tentu saja tidak akan menanggapi komentar yang sebanyak itu, dikarena kan dia merasa takut, atau memang komentar nya tidak akan merubah apa-apa setelah masalahnya sudah sangat sebesar ini. Bahkan permintaan maaf dari Person A itu, tidak akan digubris sama sekali oleh orang lain.
Contoh : A dogpile in action

A 10:00 AM: "That song is retarded."

B 10:01 AM: "Um, that's really offensive."

C 10:01 AM: "That's not an okay thing to say."

D 10:02 AM: "F*ck you."

E-Z over the next 12 hours: "FU*K YOU, AS*HOLE."

A: "Sorry, I didn't realize that word was offensive."

12 different people: "Stop trying to backtrack, you piece of shit!"

Source contoh urbandictionary




Revenge Porn


Revenge porn bisa dibilang adalah tindakan paling bodoh dan kekanak-kanakan yang bisa dilakukan orang terhadap orang yang pernah disayanginya. Biasanya pelaku nya adalah mantan kekasih dari korbannya, yang mana dia sakit hati karena diputusin oleh sang pacar (wanita).
Pelaku ini menyebarkan gambar-gambar tidak senonoh pacar nya kepada public, well, public yang dimaksud tak selalu Internet, tapi merupakan keluarga korban, ayah, ibu, kakak, sepupu atau bahkan sang adik. Mereka memang berniat membuat hubungan keluarga tersebut menjadi hancur karena foto itu.
 




Cyberbullying


Cyberbullying bisa dibilang adalah kakek dari segala bulling di internet. Biasanya dilakukan oleh anak-anak dan remaja tanggung.
Motif nya ? Cuma mau pengen senang-senang aja. Mereka bisa muncul dimana-mana, kapanpun semaunya, well, semua berkat teknologi masa kini. Yang artinya rumah pun sudah tidak aman bagi mereka. Para bullies ini menggunakan segala peralatan elektronik yang mereka punya untuk mengejek korban, SMS, Email, Websites, SosMed pokoknya segala sesuatu yang bisa menciptakan rumot yang tak berdasar. Sehingga pada akhirnya memaksa para korban hanya bisa untuk menangis, depresi atau bahkan BUNUH DIRI. Akhirnya para korban tak berani kembali datang kesekolah atau bahkan keluar rumah, sehingga menyebabkan nilai mereka sangat anjlok.

Jadi tolong banget Cyberbulling ini dihentikan, karena efeknya sangat membahayakan kepada kesehatan mental anak. Atau kah, masyarakat sekarang rasa kasih sayang antar sesamanya serendah itu?. 




Hate Speech


Hate Speech, ehhmmm mungkin kalau disini dibilangnya pernyataan yang menjatuhkan seseorang ya..
memang kebebasan berbicara seseorang sangat dilindungi oleh HAM, tapi tolong jangan membuat pernyataan yang tanpa dasar, atau bahkan dapat menjatuh kan seseorang hanya karena kau memang tidak menyukai orang tersebut.
Ada garis pembatas antara menyatakan pendapat dan pernyataan kebencian. Jadi tolong sekali lagi agar kau perhatikan garis itu.

 Baiklah sekian dari ane, Terima kasih telah membaca trit sederhana ini. Semoga anda diberi kesabaran karena telah membaca trit ini, maaf kata kalau ane ada yang salah.



Sumber : kaskus / harfa7

0 Response to "Tindakan - Tindakan Bullying yang Biasa Terjadi di Internet"