HotCopas.net

10 Komputer Paling Populer Dalam Sejarah


Personal Computer atau PC, adalah benda yang saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, kebanyakan profesi dan bidang pekerjaan yang digeluti orang-orang saat ini tidak lepas dari penggunaan mesin yang satu ini, dan tidak hanya sebatas untuk menyalurkan hobi dalam bermain game, mencari uang sampai pada tindakan kriminal / cyber crime, komputer bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang, sampai-sampai juga banyak sindroma negatif yang muncul akibat penggunaan komputer yang berlebihan. Hampir semua lapisan masyarakat saat ini sudah mengetahui dan memiliki mesin elektronik yang satu ini.

Namun ketika pasar PC masih belum seumur jagung, masih sangat kecil dan tentu saja dengan harga yang sangat mahal, semuanya nampak sangat berbeda dengan saat ini. Komputer kita adalah segalanya. Pada akhir tahun 1970’an dan 1980’an, membeli sebuah komputer adalah investasi yang sangat besar, mencapai nilai ribuan dollar dan juga menentukan software macam apa yang akan kita jalankan untuk 7 tahun kedepan. Berikut ini adalah 10 komputer paling populer dalam sejarah dunia.




TIMEX SINCLAIR 1000


Pada tahun 1981, Sinclair merilis sebuah komputer yang harganya termasuk masih bisa dibilang “Gila” pada 30 tahun kemudian yakni : USD99.95. Timex Sinclair 1000 atau yang juga dikenal dengan ZX81, memiliki ukuran yang kecil dengan sistem BASIC, RAM nya hanya 2KB , prosessor nya 3.25 MHz. Meski termasuk lambat / lemot untuk standard era 1981’an, namun harganya yang hampir mencapai 100 Dollar itu membuat komputer ini mendapatkan penilaian positif tersendiri khususnya untuk yang berhobi dan yang tak mau menghabiskan seribu dollar untuk sebuah PC.


Berkat harganya itu, Timex Sinclair 1000 terjual lebih dari 600.000 unit di AS. Performa Timex Sinclair 1000 ini tentu saja sangatlah lambat, karena komputer ini hanya memiliki 4 chip, dan mengandalkan pada CPU untuk semua tugas pemrosesan data dan lain lain tak peduli perangkat monitor eksternal apa yang dihubungkan padanya. Mengganti settingan ke “FAST” mode memang bisa menambah kecepatan kalkulasi akan tetapi menyebabkan screen refresh rate yang buruk. Untungnya, komputer ini mendukung banyak expansion seperti floppy drive dan penambahan RAM, yang bisa mendongkrak performanya. 



TANDY TRS-80


Radio Shack. Pada suatu waktu, perusahaan ini menjual komputer dengan merk tersendiri. Dan nyatanya menuai sukses yang besar. Pada tahun 1970’an, ketika kaset pita (bukan floppy disk / disket) beredar di pasaran sebagai media penyimpanan berukuran sedang untuk komputer, Tandy menempatkan sebuah PC yang disebut dengan TRS-80. Berkat TRS-80, nama Tandy menjadi sebesar dan sepopuler IBM atau Apple yang merajai pasar PC pada 1980’an.

TRS-80 dirilis pada 1977, sebelum pasar komputer rumahan benar-benar membeludak. Tandy menawarkan tipe pertamanya dengan RAM 4K, Prosessor 1.77 MHz dan layar monitor 12 inci dengan harga USD.600. Tipe terbarunya dengan penambahan sebesar USD.300 mampu meningkatkan kemampuan komputernya, penambahan floppy disk, ekstra port dan tambahan memori.

Sistem DOS pada Tandy (TRS-DOS) adalah OS yang sangat populer sebagai pendahulu MS-DOS (OS pertama Microsoft yang memiliki banyak kesamaan dengan TRS-DOS), tidak heran karena Tandy telah menjual lebih dari 200.000 unit dan diikuti oleh kesuksesan seri TRS-80 dengan banyak OS terkenal lain seperti Color Computer 1980 atau CoCo. 




MSX

Sementara AS dan pasar Eropa dikuasai oleh perusahaan-perusahaan seperti IBM, Sinclair dan Apple, Jepang memiliki raksasa hardware nya sendiri pada tahun 80’an. MSX adalah komputer yang unik, karena namanya yang bisa berarti kepanjangannya Microsoft Extended Basic atau Machines with Software Exchangeability yang sebenarnya terkait dengan jumlah sistem operasi yang hampir sama yang dibuat oleh perusahaan Jepang seperti Toshiba dan Sony.



MSX didesain sebagai hardware standar yang diprakarsai oleh Wakil Presiden Microsoft Jepang Kazuhiko Nishi. Komputer ini menggunakan Microsoft BASIC dan tidak harganya tidak semahal komputer lain di era 1980’an. Sejak peluncuran MSX pada tahun 1983, telah terjual lebih dari 5 juta unit. MSX tak pernah menjadi perangkat keras standar dunia, namun komputer ini sangat populer dan menuai kesuksesan besar di Jepang (seperti yang diketahui penggemar game, Metal Gear pertama kali dirilis pada MSX sebelum Nintendo).



NEC PC-98


Sementara MSX yang populer dengan perangkat keras yang umum pada standar, PC-98 milik NEC menuai keberhasilan yang luar biasa dengan caranya sendiri. Dirilis pada 1982, PC-98 memiliki prosesor Intel 8086 5 MHz pada CPU nya, ditambah memiliki 2 display controller dan RAM 128KB. PC-98 merupakan komputer terkuat pada saat itu, dan NEC menguasai pasar komputer di Jepang sebesar 50% dari keseluruhan pasar.


Ketika tahun 1980’an pasar komputer didominasi oleh komputer dari IBM, arsitektur NEC yang unik tetap menguasai Jepang. PC-98 terjual lebih dari 15 juta unit selama lebih dari satu dekade. Meski demikian, NEC adalah perusahaan komputer Jepang yang menjadi pionir pada tahun 1980’an, membuat komputer PC-98 adalah komputer dari bagian timur yang bisa disejajarkan dengan komputer dari IBM.



iMAC


iMac, pasti udah banyak yang tau tentang komputer yang satu ini, iMac adalah pengecualian dalam hal komputer modern yang mana tak ada satu tipe pun yang cukup unik atau cukup populer untuk menyainginya pada komputer era 70 dan 80’an, tentu saja, inilah tujuan Apple yang sebenarnya. Ketika mereka merilis iMac pada tahun 1998, mereka menunjukkan tampilan yang penuh warna dengan maksud mengkritik warna PC pada umumnya yang hanya abu-abu atau hitam. Saat ini, Apple sudah beralih dari warna-warna candy untuk iMac, akan tetapi fitur dan segalanya tentang iMac tetap tak berubah. Simpel, desain all in one yang menggabungkan semua komponen komputer ke dalam sebuah monitor, mudah dipindahkan dan dibawa, juga mudah digunakan.

iMac adalah awal dari sebuah era baru pada Apple, yakni keberhasilan produk-produknya dengan nama awalan “i” seperti iPod dan iPhone. iMac tak pernah mencapai kesuksesan dalam hal penjualan produk. Apple mencapai masa keemasan beberapa tahun kemudian bersama dengan Laptop MacBook dan MacBook Pro nya, namun itu adalah produk Mac pertamanya selama bertahun-tahun berusaha mendobrak dominasi pasar PC oleh Microsoft di tahun 1990’an.

iMac juga membuat Apple disebut-sebut sebagai perusahaan penjiplak. Pada tahun 1999, Apple digugat oleh sejumlah perusahaan komputer karena menjiplak penampilan iMac, yang akan mereka promosikan dengan nilai kampanye pemasaran mencapai USD.100 Juta. Mengingat kesuksesan mereka dengan tiap produk yang dirilis sejak iMac, kampanye itu nampaknya adalah investasi yang sangat ber-prospek.




COMMODORE AMIGA


Amiga 500, dirilis pada tahun 1987, diikuti oleh kesuksesan komputer seperti Commodore 64 dan Apple II. Komputer ini adalah tipe baru, lebih cepat dan lebih baik. Amiga 500 membuat terobosan dari 8-bit CPU sampai 32 bits dan dengan kecepatan 7 MHz. Komputer ini dilengkapi dengan RAM 512KB, mampu mendukung hingga 4096 warna dan floppy drive internal 3.5 inchi. Tak bagitu buruk untuk harga rilis sebesar USD.700.

Amiga adalah komputer dengan performa yang “ngebut”, berkat desain dan fitur multipel prosessor yang didesain untuk menghandle tugas-tugas yang berhubungan dengan audio dan video. CPU nya tak harus memproses semuanya sendirian. Commodore merilis banyak tipe Amiga selama lebih dari satu dekade, tapi tipe 500 adalah yang paling populer. Amiga merupakan platform software yang populer untuk game dan program untuk mengolah video dan audio. Berkat komponen co-processor nya, Amiga cukup ampuh untuk melakukan tugas dalam bidang grafis dan animasi yang mana sebelumnya adalah sesuatu yang mustahil bagi konsumen PC. Secara keseluruhan, seri Amiga terjual sekitar 6 juta unit, sebuah angka yang fantastis untuk komputer yang diluncurkan pada era 1980’an.



APPLE II


Pada tahun 1977, tahun yang sama ketika Sinclair merilis Timex Sinclair 1000, Apple merilis Apple II. Komputer Apple yang memiliki harga sedikit lebih mahal dari sinclair untuk harga awalnya, sekitar USD.1.300. Apple II menuai kesuksesan yang luar biasa, dibangun berdasarkan desain Apple I yang mempertahankan prosessor 1MHz dan RAM 4KB dan dengan penambahan casing dan keyboard.

Delapan slot expansion pada motherboard Apple II membuat komputer ini sangat mudah dilakukan kustomisasi untuk para pecinta PC, dan sistem operasinya bisa diatur sampai RAM 48KB. Tetapi software lah yang benar-benar memisahkan Apple II. Steve Wozniak mendesain penambahan floppy drive 5 ¼ inci, Disk II itu biaya produksinya relatif murah, berkat program baru untuk membaca dan menulis pada disket. Lebih penting lagi, program pengolah tabel (spreadsheet) VisiCalc membuat komputer ini menjadi alat yang ampuh untuk perusahaan yang bersedia membayar lebih dari USD.1000 per unit.


Apple II adalah salah satu komputer laris yang terjual di pasaran selama 5 tahun, terjual lebih dari 1 juta unit, dan menempatkan Apple pada daftar Fortune 500. Apple memperkenalkan Macintosh pada 1983 dan berhasil menjual 1 juta unit pada tahun 1987. Sementara nama Macintosh mengalami hambatan, Apple II membuat perubahan yang spektakuler pada industri komputer. 



ZX SPECTRUM


Perusahaan komputer lain seperti Sinclair menuai kesuksesan di AS bersama Timex Sinclair 1000 nya, kontribusi terbesar pada industri ini adalah ZX Spectrum, diluncurkan beberapa tahun setelah 1982. Desainnya mirip, hanya saja komputer ini cukup kecil, ( dengan harga 125 Euro di Inggris), sistem operasinya sangat bisa diandalkan dengan penyatuan keyboard ke casingnya. Spectrum adalah komputer yang handal daripada pendahulunya, berkat RAM 16KB nya dan keyboardnya.

Jajaran ZX Spectrum berhasil menuai kesuksesan di seluruh dunia, terjual lebih dari 5 juta unit selama masanya. Tapi komputer ini juga merupakan komputer yang membawa PC ke tiap rumah di Inggris. Ini adalah komputer pertama yang banyak orang dapat memilikinya. Spectrum menghasilkan ratusan atau bahkan ribuan karir, untuk para ahli IT dan video game di Inggris, semua berawal dengan ZX Spectrum.



IBM PC


Komputer non-Mac saat ini, pada dasarnya adalah IBM PC. Komputer berbasis Intel, dengan sistem operasi Windows yang telah mendominasi pasar sejak 1990’an terlahir dari IBM PC yang dirilis pada 1981 dengan prosessor 4.77MHz Intel 8088 dan RAM 16KB. IBM Model 5150 bukanlah usaha terakhir perusahaan untuk masuk ke pasar personal komputer. Mereka merilis komputer mahal pada tahun 1975. Sistemnya bukan merupakan yang tercepat, tapi telah dilengkapi prosessor Intel 16-bit daripada prosessor 8-bit yang banyak dipakai kebanyakan komputer saat itu. Meski menggunakan chip baru, prosessor 8088 menggunakan bus 8-bit, membuatnya kompatibel dengan penambahan memori.

IBM PC berharga USD.1.600 untuk konfigurasi standar, yang mana cukup terjangkau untuk sebuah komputer yang tangguh. Sistem nya cukup populer dan program-programnya dibuat secara spesifik untuk memberikan keuntungan pada IBM PC dan memaksimalkan performa prosessor 8088. Jadi perusahaan lain meng-klone BIOS dari IBM dan membuat klonengan IBM PC. Dalam waktu beberapa tahun, semua komputer berbasis x86 yang menggunakan prosesor Intel, mereka semua kompatibel dengan IBM PC dan secara virtual identik dengan desain IBM. Semuanya menjalankan sistem operasi MS-DOS dan lahan komputer x86 menjadi standar de facto. Hanya ada satu alasan mengapa IBM PC tidak menjadi komputer paling populer yang pernah dibuat, karena terlalu banyak perusahaan yang membuat versi mereka sendiri 




COMMODORE 64



Commodore 64 adalah sistem komputer mandiri populer yang pernah dibuat. Dirilis pada tahun 1982, Commodore 64 memiliki prosessor 1MHz pada CPU nya dan 2 fitur lain, sound chip yang kuat dan grafik yang baik untuk komputer era 1982. Bahkan lebih baik lagi, Commodore 64 harganya masih terjangkau, USD.595 dan memiliki RAM 64KB. Commodore juga bisa dihubungkan pada TV, membuatnya nampak seperti gabungan komputer dan konsol video game.


Ketika dirilis pada tahun 1982, kemampuan grafis Commodore mengalahkan telak komputer lain seperti Apple II. Berkat harganya juga, komputer ini terjual dengan sangat baik dan terus terjual. Ketika komputer menjadi semakin murah untuk diproduksi, Commodore menurunkan harganya, menjaganya tetap populer sampai tahun 1980’an dan terus diproduksi sampai tahun 1994.

Modem dari Commodore juga membuat Commodore 64 adalah komputer yang ampuh untuk beroperasi online dan layaknya kebanyakan sistem yang menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Komputer ini adalah platform yang sangat populer. Pada masa akhir hidupnya, Commodore 64 telah terjual lebih banyak dari komputer manapun sebelum atau sejak saat itu. Commodore 64 terjual dengan angka yang luar biasa, 17 juta unit sampai akhir masanya.



Sumber : kaskus / Third.Reich

0 Response to "10 Komputer Paling Populer Dalam Sejarah"