HotCopas.net

10 Kue Tradisional Indonesia Terlezat

Indonesia adalah negara yang tidak hanya kaya akan sumber daya alam dan budaya, tapi juga kaya dengan berbagai masakan. Kuliner lezat Indonesia sudah dikenal hingga seluruh dunia dan diakui kelezatannya oleh turis dari berbagai negara. Nah, kali ini ane akan membahas tentang kue tradisional khas Indonesia yang paling enak dan bisa membuat anda ketagihan 


 1. Klepon


Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang bisa anda temukan di berbagai pasar tradisional. Biasanya klepon dijual di pagi hari, disajikan di atas daun pisang yang masih fresh. Klepon adalah kue khas Indonesia berbentuk bulat, berwarna hijau, terbuat dari tepung beras, dan memiliki ukuran hanya sedikit lebih besar dari kelereng. Ketika anda menggingit klepon, anda akan merasakan sensasi rasa manis yang terpancar ke seluruh mulut anda, yang berisi dari gula Jawa cair yang berada di dalam klepon. Makanan ini tidak hanya lezat, namun bisa membuat siapapun yang menyantapnya merasa ketagihan.



2. Kue Pancong


Makanan tradisional khas Betawi ini menjadi salah satu kue khas Indonesia yang tidak boleh anda lewatkan. Kelezatannya sangat luar biasa, bahkan bisa disejajarkan dengan kue-kue internasional yang dihidangkan di hotel bintang lima. Bahan dasar kue pancong sebenarnya cukup sederhana, hanya tepung beras yang dicampur santan. Campuran adonan ini kemudian di panggang di atas cetakan yang memiliki bentuk khas. Setelah matang, kue ini diberi taburan gula yang berpadu sangat pas dengan rasa gurih dari kue pancong itu sendiri.



3. Kue Mangkok


Kue ini berbentuk sangat lucu, imut-imut, dan memiliki rasa yang sangat enak. Kue mangkok memiliki rasa manis dan sedikit asam, karena di dalamnya terdapat campuran tapai ketan. Biasanya, di dasar kue mangkok digunakan daun pisang untuk membungkus sekaligus memperindahnya. Kue mangkok juga bisa diberi pewarna agar lebih menarik ketika disajikan.



4. Getuk


Siapa sangka singkong yang sangat murah dan terkesan sebagai makanan rakyat jelata bisa diolah menjadi kue yang sangat lezat seperti Getuk. Di Jawa, ada lebih dari 10 macam getuk yang semuanya memiliki bentuk tersendiri dan rasa yang berbeda. Sebut saja Getuk Lindri, Getuk Trio, Getuk Gulung, dan masih banyak lagi. Biasanya, getuk disajikan bersama parutan gurih kelapa atau gula jawa leleh yang bisa dikucurkan di atasnya.



5. Bika Ambon


Kue basah yang berasal dari Medan ini memiliki kelezatan khas yang membuat anda penasaran. Teksturnya sangat halus, lembut, namun terasa kenyal di mulut. Bika Ambon juga memiliki perpaduan rasa yang sangat khas, mulai dari manis, gurih, dan sedikit asam. Rasa yang berpadu ini tidak saling bertabrakan, namun justru membuat harmoni yang membuat kita ingin terus menyantapnya. Bika Ambon biasanya disajikan bersama segelas teh panas atau kopi, sebagai teman melewatkan sore hari yang tentram di Indonesia.



6. Kue Cucur



Bentuknya sederhana, bulat dengan warna coklat yang berasal dari Gula Jawa. Namun jangan salah, sekali anda menggigit kue cucur, anda tak akan bisa melupakan rasa manisnya yang sangat elegan. Sangat manis, namun sama sekali tidak membuat anda merasa mual. Rasa manis kue cucur sangat ringan, sehingga anda bisa melahap lebih dari tiga kue sekaligus dalam satu kali kesempatan. Rasa manisnya juga tidak membuat anda merasa kenyang, seperti jika anda menyantap coklat batangan. Kue cucur boleh dibilang sebagai salah satu masterpiece kue tradisional dari daerah Jawa.



7. Putu Mayang


Putu Mayang bisa dibilang sebagai salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki bentuk paling indah. Dihiasi warna-warna cerah yang diperoleh dari bahan pewarna alami, Putu Mayang adalah jajanan pasar yang bahan dasarnya tergolong murah, yaitu dari ubi merah. Dihidangkan bersama parutan kelapa, Putu Mayang paling nikmat disantap bersama segelas teh hangat sembari mendengarkan lantunan gending Jawa di teras rumah.



8. Serabi Solo


Kue lebar berbentuk bulat ini memiliki romantisme khas daerah Jawa Tengah yang penuh dengan budi pekerti luhur dan nilai-nilai ketimuran. Serabi Solo adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Adonan ini kemudian dimasak di atas wajan besi berbentuk cekung. Bagian bawah serabi yang terkena kontak langsung dengan api biasanya berwarna kecoklatan dan terasa renyah. Bagian atasnya tetap berwarna putih dan memiliki tekstur yang sangat lembut, biasanya ditaburi meses atau potongan pisang. Sangat nikmat disantap selagi masih hangat.



9. Putri Selat


Warna makanan ini sangat indah, seindah makanan-makanan penutup di hotel bintang lima. Putri Selat adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera. Kue basah ini memiliki warna hijau cerah yang berasal dari daun Pandan dan rasa manis serta gurih yang berasal dari perpaduan santan dan gula pasir. Seperti kue tradisional Indonesia lainnya yang terbuat dari t



10. Wajik


Jika negara-negara barat membanggakan kelezatan coklat khas mereka, maka Indonesia punya Wajik, makanan manis yang tidak kalah lezatnya dengan coklat Cadbury. Wajik adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang dicampur gula Jawa, Warnanya yang kecoklatan sangat membangkitkan selera orang yang melihatnya.

Sekali anda menggigit wajik, pasti anda akan merasa ketagihan. Rasa manis yang memancar ke seluruh mulut berpadu dengan kekenyalan tekstur beras ketan yang sangat enak dinikmati di mulut. Biasanya, wajik sangat cocok disajikan sebagai hidangan pembuka ataupun snack ringan di sore hari.




Sumber : kaskus / Revcrew

0 Response to "10 Kue Tradisional Indonesia Terlezat"