HotCopas.net

5 Fakta Unik Lambretta yang Harus Kamu Ketahui


Di Indonesia, banyak orang menyebut kalau skuter Lambretta itu merupakan salah satu varian dari skuter Vespa. Padahal, keduanya merupakan produk yang berbeda, meski bentuk hampir sama.
Sekedar info aja nih, kalau skuter Lambretta itu berawal dari ide Ferdinando Innocenti yang diproduksi tahun 1947 di kota Milan, Italia. Sedangkan Vespa merupakan hasil kreasi dari Enrico Piaggio yang diproduksi tahun 1946 di kota Florence, Italia.
Keunikan-keunikan varian yang dimiliki Lambretta juga nggak kalah dengan varian skuter Vespa yang jumlahnya notabene lebih banyak berkeliaran di jalan raya Indonesia. Maka dari itu, nggak heran kalo kendaraan ini jadi semacam inceran atau idaman para scooterist. Nah, biar lebih kenal, ini dia fakta-fakta unik soal Lambretta. 




1. Lambretta Didesain Oleh Seorang Insinyur Pesawat Pembenci Sepeda Motor :


Lambretta pertama diperkenalkan pada 1974 oleh Ferdinando Innocenti. Banyak kisah dalam pembuatan kendaraan antik satu ini. Salah satunya adalah ide Ferdinando Innocenti untuk membuat motor yang sederhana dengan bahan yang kuat tanpa harus membuat pakaian si pengendara kotor. Selain itu, motor tersebut juga bisa digunakan oleh kaum pria maupun wanita.
Berangkat dari ide itu, maka Ferdinando Innocenti menggaet seorang insinyur penerbangan yang telah mendesain kontruksi helikopter modern pertama di dunia bernama, Jendral Corradino C'Ascanio.
D'Ascanio mencoba meniru gaya desain scooter Cushman yang telah dibuat di Nebraska, Amerika Serikat. Uniknya, insinyur satu ini nggak suka loh sama yang namanya sepeda motor. Mungkin karena dia nggak bisa gunain motor, atau lebih tertarik berkendara menggunakan helikopter.




2. Nama Lambretta Diambil dari Salah Satu Daerah di kota Milan :


Jangan sampe salah. Nama Lambretta bukan berarti 'lama', kayak yang suka diomongin sama anak-anak jaman sekarang. Lambretta diambil dari sebuah kota di pinggiran kota Milan yaitu Lambrate. Mitosnya nih, di daerah Lambrate ini ada aliran sungai air sprite bernama Lambretta, dan lokasinya pun berdekatan dengan pabrik pembuatan skuter ini. Makanya, Innocenti langsung memberi produk kendaraannya bernama Lambretta.



3. Lambretta Pernah Dijadikan Helicak di Indonesia:


Jika kalian bertanya ke Kakek, Nenek, Ibu, Bapak, sampai Om dan Tante kalian, pasti mereka tau kendaraan bernama Helicak. Yaps, kendaraan roda tiga yang pernah beroprasi di DKI Jakarta sekitar tahun 1971 ini, ternyata menggunakan Lambretta sebagai motornya.
Untuk desain bagian belakang, Helicak tidak mengubah desain Lambretta. Hanya bagian depan saja yang ditambahkan kabin untuk penumpang. Basis mesin dan rangka Helicak sendiri bernama Tri Lambretta yang diimpor langsung dari Italia.




4. Jumlah Lambretta di Indonesia Hanya 2.000 Unit:


Berbeda dengan skuter Vespa yang jumlahnya terbilang banyak, skuter Lambretta justru lebih sedikit jumlahnya di Indonesia. Menurut catatan salah satu media otomotif, jumlah Lambretta hanya sekitar 2.000 unit di Indonesia.
Jumlah unit yang tidak begitu banyak ini dikarenakan terbatasnya produksi Lambretta di Indonesia bahkan di dunia. Untuk harganya sendiri Lambretta berkisar antara 5 juta rupiah s/d 50 juta rupiah bahkan lebih.




5. Desain Klasik, Elegan, dan Eksklusif.:

Meski terlihat kuno, desain skuter Lambretta bisa dibilang abadi. Gimana enggak abadi, Lambretta sejak pertama kali diproduksi masih mempertahankan konsep desain skuter klasik, elegan dan eksklusif. Mulai dari Lambretta Model A yang dibuat tahun 1947-1948 hingga Lambretta GP/DL 1972-1998.
Setelah Corradino C'Ascanio berselisih dengan Ferdinando Innocenti dan bergabung dengan Vespa/Piaggio, posisi desainer skuter Lambretta pun digantikan oleh Nuccio Bertone, yang merupakan desainer mobil mewah seperti Alfa Romeo, Lamborghini dan Fiat.




Sumber : kaskus / roviansyah

0 Response to "5 Fakta Unik Lambretta yang Harus Kamu Ketahui"