HotCopas.net

Bentuk Sama, Rasanya Sama, Kok Namanya Beda!?


Wisata kuliner di Indonesia nggak bakal ada matinya deh! Banyak banget makanan yang harus dicobain. Mana wilayah Indonesia kan luas banget, jadinya tipe makanannya pasti beda-beda.

Eh, enggak juga lho! Banyak makanan dan cemilan tradisional yang juga ternyata umum ditemukan di daerah lain tapi dengan nama yang berbeda.

Ini beberapa contohnya nih! Coba kamu perhatiin gambarnya baik-baik terus pikirkan nama makanan tersebut di daerahmu namanya apa. Nanti kita akan ngasih tau nama aliasnya. Oke?


1. Ini namanya apa hayo?


Panas? Haus? Jajan ini deh!
Kalau kamu di Jakarta dan sekitarnya, ini namanya es cendol!
Di Jawa Timur, orang-orang nyebutnya es dawet! Segeeeer banget!




2. Kalau ini?


Di Jawa Barat namanya rujak serut soalnya buahnya diserut trus dikasih kuah pedas.
Coba ke Surabaya deh, orang taunya ini adalah rujak gobet!



3. Namanya apa?  


Ini rujak buah? Betul!
Eh, tunggu dulu, kalau kamu berasal dari Jawa Tengah, ini namanya lotis, lho!




4. Yang ini umum banget!


Ini di mana-mana dikenal sebagai tempe penyet.
Eh, jangan salah. Coba deh ke Jakarta dan ke warung-warung. Mereka taunya ini adalah pecel tempe! Sama dengan ayam penyet, mereka nyebutnya pecel ayam. Nah lho!




5. Di mana-mana ada!


Jagung dan tepung trus digoreng, makan hangat-hangat dengan sambal. Duh, jadi ngiler.
Bakwan jagung, dadar jagung, atau perkedel jagung kamu nyebutnya? Ah, yang penting mari makan!




6. Yummy! Disebutnya apa?


Saking umumnya ini makanan, di mana-mana dikenal dengan nama yang beda-beda nih! Orang Jawa kenalnya bubur candil.
Main ke Bali deh, mereka nggak akan tau apa itu bubur candil. Soalnya di sana disebut sebagai jaje batun bedil. Aduh...panjang bener.
Di Sulawesi? Ini populer sebagai katiri mandi.

Quote:Original Posted By Arhick
betapa kaya Indonesia akan kuliner, makanan sebanyak itu ane udah pernah nyicipin semua  
oiya, di tempat ane makanan ini namanya "Jenang Gendhul" orang Jatim pasti tau

Quote:Original Posted By dochirou
gan yang no 6, ane nyebutnya biji salak 
note, abis komen perut ane langsung bunyi masa 




7. Sering makan ini?


Ini semua orang pasti doyaaaan, walaupun kalorinya banyak dan bikin gemuk. Hahaha. Di beberapa tempat disebut sebagai martabak manis.
Tapi kalau kamu main ke Jawa Timur, mereka pasti bengong. Apaan itu martabak manis? Karena mereka tahunya ini adalah terang bulan.
Quote:Original Posted By vidyan
ane nyaru mulu dimari mau beli martabak manis abangnya bingung, lah martabak kan pake telor, ane pun ikutan bingung  pas tau ternyata martabak manis = terang bulan, martabak telor = martabak




8. Pasti pernah ngicipin ini!


Mama dan pembantu kamu sampe udah hafal banget ama masakan ini saking gampangnya.
Di Jawa Tengah dan Timur, ini udah biasa disebut oseng tempe. Ini karena terbuat tempe yang dipotong-potong dan dimasak tumis. Dalam bahasa Jawa, tumis juga disebut sebagi oseng.
Di Jakarta dan Jawa Barat masakan ini dikenal sebagai orek tempe atau tempe orek.




9. Kamu familiar sama ini?



Tentu dong yaaaaa. Ini jajan wajib pasar juga kan? Kamu biasa nyebut apa nih? Yang jelas ini terkenal disebut sebagai bolu kukus atau roti kukus,
Tergantiug dari mana kamu berasal. Yang jelas dikukus sih. Kalau dibakar namanya sate yak. #ngawur




10. Kamu pasti tau nih!


Ini enaaaak sekali. Apalagi dimakan sambil kumpul-kumpul. Kamu nyebutnya pastel?
Tunggu dulu! Coba deh main ke Makassar, mereka nyebutnya dengan jalangkote. Dan sama enaknya! Malah lebih gede.




11. Semua orang doyan!


Wah, ini dia nih. Mau dimakan begini aja atau jadi bahan kue tart, enak deh! Nama yang terkenal adalah lapis Surabaya.
Tapiiii...coba deh kamu ke Surabaya dan tanya ke sana kemari, umumnya mereka bengong kalau kamu tanya lapis Surabaya.
Di Surabaya, ini namanya malah kue spiku atau spe-koek bukan lapis Surabaya. Lho kok?




12. Enyaak. Ini apa yaaa.


Kue kura-kura atau kue tok! Begitu digigit dalamnya ada isi kacang hijau. Nyaaam. Buat yang suka banget main ke pasar pasti tau dong!
Di Jawa Tengah, orang-orang menyebutnya dengan kue ku!




13. Bisa abis banyak ini!


Wuih...bikin kangen masa jajan di abang-abang dan mas-mas gerobak ya! Jajan rakyat beneran nih! Kalau khas Bandung, mereka nyebutnya cilok.
Eh tapi coba deh main ke Malang atau Surabaya, mereka nyebutnya pentol. Tapi sama-sama disiram bumbu kacang atau saus sambal, kok. Pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, semuaaaa pada suka!




14. Nggak pernah absen di pasar!


Ini niiih yang suka bikin kangen! Kita-kita yang di Jawa mengenalnya dengan serabi atau surabi.
Coba deh kalau kamu pas liburan ke Bali jalan-jalan di pasar tradisional mereka. Mereka mejualnya dengan nama laklak. Lucu ya!




15. Kamu suka ini?


Salah satu jajanan yang nggak pernah absen dari nampan jajan pasar di manapun di Jawa! Eh ternyata, di Sumatra juga nggak kalah umum lho! Tapi mereka menamainya pulut manis. Hmmm....



16. Nggak mungkin lupa sama yang ini!


Ini konon kalau makan banyak-banyak bisa mencegah jerawat. Bener nggak sih?
Kamu pasti familiar dengan tape singkong atau tapai singkong.
Weits, orang Sunda nggak setuju tuh. Soalnya mereka punya nama yang lebih eksotis: peuyeum. Bisa nggak bacanya?





Sumber : kaskus / adoel.piero

0 Response to "Bentuk Sama, Rasanya Sama, Kok Namanya Beda!?"