HotCopas.net

Cara Buat Kamu yang Anak Kosan Bisa Hidup Ramah Lingkungan

Hayo siapa dari antara agan yang statusnya anak kosan?
Anak kosan sering banget dikira nggak bisa ngurus diri karena banyak kesibukan entah untuk kerja, kuliah, atau main. Buat diri sendiri aja sibuk gimana mau coba buat ngelakuin green lifestyle? Tapi itu semua salah gan, karena sekalipun kamu notabenenya anak kosan, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakuin dan dekat dengan apa yang namanya gaya hidup ramah lingkungan Apa aja itu?

1. Jangan dibungkus, pake ini aja bang 

A: Dibungkus neng?
B: Iya, eh, jangan pak, pake tempat bekal ini aja deh.



Kalau biasanya kamu anak kosan kebiasa beli makanan yang dibungkus dengan kertas atau plastik, kamu bisa bawa langsung tempat bekalmu ke warung buat minta ibu ibu atau bapak bapak penjualnya buat langsung ngisi di tempat bekalmu dan bukan dibungkus di plastik. Dengan bawa kotak bekalmu sendiri buat diisi penjualnya kamu juga secara nggak langsung udah ngurangin pemakaian plasatik, styrofoam atau kertas kan. Selain itu kamu juga bisa minta porsi lebih banyak kan kalau bawa tempat sendiri.

Quote:“ ah malu ah mesti kayak gitu” .
Ngapain malu, kamu kan nggak ngelakuin tindakan kriminal. Santai aja brooo 



2. Kurangi tuh beli air mineral botolan
 

Namanya anak kosan yang serba ngirit, kebiasaan yang paling sering dilakukan adalah beli air minum mineral yang dalam bentuk botolan. Alasannya ya gampang lah kalo mau minum tinggal di minum langsung tanpa perlu make gelas dsb. Ga perlu ngotor ngotorin gelas dsb. Tapi kebiasaan kita ini justru malah nambah penggunaan botol plastik kan. Saran yang bisa ane kasih sih pertama, selain kalian bisa beli galon isi ulang, kalian juga bisa selalu bawa air pakai botol minuman kamu kemana mana.

Quote:“ah rempong, ntar kalo airnya abis juga mesti beli lagi”
Jangan keburu mikir rempong.  Banyak jalan menuju roma  Botol kosongnya bisa kamu refill kok. Misalnya kalo lagi makan diluar trus si penjual nyediain teko air di tiap meja kamu kan juga bisa tuh isi ulang botol minum kosong kamu. Kalau takut dimarahin ya tanya dulu aja yang jual. Kalau nggak dibolehin ya bukan rejeki agan kalau gitu.  Atau kalau lagi di kantor sebelum pulang juga bisa tuh diisi lagi botol minumnya di pantry. Selain bakal bikin kamu lebih jarang beli air mineral di luar kamu juga jadi ngurangin sampah sampah botol plastik kan. 




3. Bisa pilih: jalan kaki, naik angkutan umum atau nebeng
 

Nggak punya kendaraan pribadi nggak masalah buat kamu anak kosan. Karena ketika kamu nggak punya kendaraan kamu justru lebih mudah untuk hidup ramah lingkungan. Kamu bakal milih buat jalan kaki, naik sepeda, naik angkutan umum atau nebeng kendaraan teman. Dan kalau udah punya kendaraan juga tetap bisa hidup ramah lingkungan kok. Misalnya sesekali kamu juga bisa nebeng kendaraan teman, atau gantian kasih tebengan ke teman teman.
  A: Lo kenapa kerjaannya nebeng mulu sih. Kan lo juga punya kendaraan.

Kalau temen lo selalu bilang kayak gini tinggal bilang aja ada maksud baik di baliknya. Bilang deh kalau kebiasaan nebeng kamu bisa jadi salah satu bentuk green lifestyle. Ketika kamu nebeng kendaraan teman, kamu kan juga mengurangi jumlah kendaraan bermotor trus juga bisa hemat bensin. Kebayang kan kalau misalnya satu orang bawa satu mobil yang ada jalanan macet, banyak polusi trus boros energi banget.
 
Tapi jangan sampe nebeng kayak gini ya. Bahaya




4. Jangan terlalu sering buang buang kertas, manfaatin aplikasi smartphone dong


A: Ayok, mau belanja bulanan ga?
B: bentar bentar, di list dulu biar ga lupa apa yang mau dibeli?

Kamu anak kosan yang suka bikin list buat belanja bulanan? Atau kamu tipe anak kosan yang hobinya bikin to do list atau bikin coret coretan ide? Selain nulis di kertas, kamu juga bisa pakai tuh aplikasi notes yang ada di handphone kamu. Selain cepat kamu juga bisa secara nggak langsung ngurangin pemakaian kertas kan 

 


5. Kalau nggak lagi pake, matiin dong

Nggak jarang kan anak kosan kalo lagi nonton sendirian atau nobar di kamar senengnya matiin lampu. Nah,dengan matiin lampu saat kamu lagi nonton sendirian atau bareng temen di kosan,kamu ga cuma bakal dapat feeling lagi nonton di bioskop tapi juga secara nggak langsung ngurangin pemakaian listrik kan. Ga harus pas nonton sih. Bisa juga matiin lampu saat udah mau tidur atau matiin lampu kamar mandi kalau nggak dipakai. 


Atau matiin tv nya kalau lagi nggak benar benar di tonton. Cabut cas casan handphone kalau emang nggak lagi ngecharge handphone. Intinya hemat listrik deh.




Sumber : kaskus / ansman900

0 Response to "Cara Buat Kamu yang Anak Kosan Bisa Hidup Ramah Lingkungan"