HotCopas.net

GEMELLAGGIO - Persahabatan Ultras Klub-klub Italia

Gemellaggio adalah persahabatan antar kedua kelompok ultras dari dua klub berbeda di Italia, Gemellaggio dimulai atas persetujuan bersama dengan alasan persamaan sejarah, dasar haluan politik, pertemanan antar pemimpin, atau persamaan musuh yang sama. Di Italia sendiri semua kelompok mempunyai aliansi. Gemellaggio paling dikenal di Italy antara lain Inter dan Lazio, Milan dan Brescia, Juventus dan Pescara. Bukan hanya sekadar antar tifosi serie a, gemellagio juga terjadi antara ultras klub Italia dengan ultras klub - klub eropa lainnya. Berikut ini gemellaggio 7 klub besar Serie A

 Juventus


Gemellaggio:
Pescara
Ado Den Haag
Legia Varsawa

Pada akhir 70-an awal 80-an , Juventus memiliki persahabatan dengan Roma dan Atalanta. Dengan Roma ada ikatan yang kuat dengan kelompok Fedayn. Persahabatan itu berakhir pada tahun 1984. Dengan Atalanta persahabatan bahkan lebih kuat. Atalanta memiliki persaingan besar dengan Toro sehingga beberapa kali Juve dan Atalanta saling membantu . Sayangnya persahabatan berakhir pada tahun 1984 karena alasan politik.




AC Milan


Gemellaggio:
Brescia
Reggina
Partizan Belgrade


Awal sejarah persaingan dan persahabatan dari Fossa dei Leoni dengan kelompok lain adalah sama dari seluruh sektor pendukung AC Milan. Persaingan tertua adalah terhadap para pendukung Inter , klub sepak bola lainnya di kota Milan. Persaingan utama lainnya adalah terhadap para pendukung Roma, SSC Napoli, Juventus, Lazio, Genoa, Verona, Atalanta, Fiorentina, Sampdoria dan Cagliari. Hubungan gemellaggio dari kelompok curva sud Milano dengan kelompok pendukung lainnya hanya dengan ultras dari Brescia dan Reggina.




Inter Milan


Gemellaggio:
Lazio
Valencia
Varese

Ultras Inter berersahabatan erat dengan ultras dari Lazio. Persahabatan ini lahir pada pertengahan tahun 1980-an dan menjadi lebih kuat dalam beberapa tahun terakhir dengan Final UEFA Cup 1997-98 di Paris, dan pada penetuan juara Serie A 2001-02 pada 5 Mei 2002 di Stadio Olimpico, ketika banyak fans Lazio malah mendukung Inter. Pertandingan berakhir 4-2 untuk Lazio, hasil yang membuat Inter kehilangan gelar pada pekan terakhir dan banyak ultras Lazio memanggil manajer Alberto Zaccheroni untuk mundur.




AS Roma


Gemellaggio:
Udinese
Panathinaikos

Derby del Sole mulai dibuat secara khusus sejak pertemuan antara Roma dan Napoli tahun 70-an dan 80-an, ketika kedua suporter masing-masing kesebelasan masih harmonis karena perlawanan kepada kesebelasan wilayah utara Italia

Momentum Derby Matahari dulunya dijadikan sebagai hari perayaan kedua suporter saling bertukar kasih sayang dan saling mendukung.
Insiden-insiden di stadion dan juga di sebuah bar di Naples memecahkan 11 tahun persahabatan Roma dan Napoli. Seterusnya Derby del Sole semakin kehilangan makna aslinya sebagai simbol persahabatan Roma-Napoli. Saat ini fans Roma lebih dekat ke fans Udinese




Lazio


Gemellaggio:
Inter Milan
Real Madrid
Triestina

Selain menjalin persahabatan dengan fans Inter, ultras Lazio juga menjalin gemellaggio dengan ultras Triestina. Persahabatan ini terbentuk saat keduanya bermain di Serie, saat Ultras Triestina membentangkan spanduk untuk Lazio, dalam bahasa Italia, yang artinya selamat datang Eagles, bersama kita kembali. Kebersamaan ini hanya akan menjadi kuat ketika, saat pertandingan Coppa Italia di Stadio Olimpico. Ultras Lazio dan Triestina sama-sama sangat membenci AS Roma.




Napoli


Gemellaggio:
Genoa
Catania

Napoli dan Genoa dikenal dengan hubungan yang sangat erat bak sahabat.
Persahabatan antara Napoli dan Genoa bermula pada 1982. Kedua tim bersua di laga terakhir Serie A.

Kala itu, I Partenopei, yang tengah unggul 2-1, cuma membutuhkan satu poin guna lolos ke Piala UEFA. Sementara Genoa harus terhindar dari kekalahan supaya tetap bertahan di Serie A.

Partai tersebut berakhir imbang 2-2. Napoli dan Genoa bersuka. Itulah awal persahabatan antara fans Napoli dan Genoa




Fiorentina


Gemellaggio:
Hellas Verona
Torino
Sporting Lisbon

Gemellagio antara ultras Fiorentina dan Torino dimulai karena sama-sama bermusuhan dengan Juventus. Karena mempunyai kesamaan, akhirnya mereka menjadi lebih dekat dan bersahabat.



Sumber : kaskus / TitikPutih

0 Response to "GEMELLAGGIO - Persahabatan Ultras Klub-klub Italia"